CATAT! 4 Agenda Wisata Seru Akhir Tahun di Berbagai Wilayah di Indonesia

Advertisement

Sudah punya rencana berlibur akhir tahun ini? Jika belum dan masih bingung Travelingyuk beri rekomendasi kemana harus pergi merayakan akhir tahun 2015 ini. Bulan Desember berbagai tempat di tanah air menggelar agenda wisata seru yang bertajuk hiburan hingga olahraga. Semua kegiatan ini dibungkus rapi dalam balutan wisata dengan tujuan promosi potensi negeri yang asyik untuk jadi destinasi bervakansi.

Mulai dari pesta olahraga balap sepeda bertajuk Tour de Timor di Kupang hingga Sabang Marine Festival 2015 di barat Indonesia siap memanjakan traveler yang ingin merayakan akhir tahun hingga tahun baru 2016 dengan cara yang meriah. Dilansir Travelingyuk dari situs resmi Wisata Indonesia, inilah 4 agenda wisata seru akhir tahun yang layak kamu tuju.

1. Tour de Timor Indonesia 2015: 16-19 Desember 2015

Event-event balap sepeda nampaknya masih akan menjadi andalah Indonesia dalam menggaet kunjungan wisatawan. Setelah sukses menyelenggarakan Tour de Singkarak pertengahan tahun ini, kini giliran Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi tuan rumah event yang serupa. Acara olahraga yang dibalut pariwisata ini mengambil nama Tour de Timor Indonesia 2015 yang akan berlangsung mulai tanggal 16-19 Desember 2015.

Tour de Timor Indonesia 2015, via instagram
Tour de Timor Indonesia 2015, via instagram

Tour de Timor digolongkan ke dalam wisata minat khusus bersepeda yang akan diisi dengan kegiatan touring dan juga balapan. Kegiatan ini akan mengambil start dari Atambua ke Kefamenanu, Soe, dan berakhir di Kupang. Berbeda dengan acara serupa, Tour de Singkarak yang ada di Sumatera yang telah menjadi agenda tahunan, kegiatan ini menjadi yang pertama dan sekaligus sebagai pembuka event berikutnya di tahun depan yang kemungkinan besar akan diperluas hingga ke Dili kemudian Larantuka dan berakhir di Labuan Bajo.

Tujuan lain penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk mempromosikan potensi wisata di provinsi Nusa Tenggara Timur serta menggerakkan pembangunan. Kamu pun bisa ikut bergabung di acara ini, caranya dengan mendaftar paket wisatanya yang dihargai Rp. 3,9 juta untuk dua orang termasuk akomodasi 5 malam 3 hari, transportasi, kita dan sertifikat hingga asuransi. Pastikan juga kamu telah berumur minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun.

2. Sabang Marine Festival 2015: 12-15 Desember 2015

Daerah-daerah di Indonesia barat nampaknya masih akan menjadi pusat perayaan tahun baru yang meriah. Untuk tahun ini kamu musti memasukkan Sabang sebagai salah satu destinasi berlibur akhir tahun. Pada tanggal 12-15 Desember di daerah kota yang berada di Pulau Weh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam akan digelar Sabang Marine Festival 2015.

Dalam kegiatan ini akan dihadiri oleh para pelayar dari dalam dan luar negeri. Acara pendukung lainnya yang tak kalah seru antara lain pagelaran seni dan budaya, lomba memancing, karnaval budaya, perlombaan masyarakat serta pertunjukan barongsai. Tujuan utama kegiatan ini adalah sebagai bentuk ajang untuk memperkenalkan dermaga “Marina Lhok Weng” kepada komunitas pelayar dunia serta potensi perikanan di sana.

Sabang Marine Festival 2015, via instagram
Sabang Marine Festival 2015, via instagram

Kota Sabang sendiri dipilih sebagai kota penyelenggara sebab lokasinya yang strategis dan memiliki pesona alam yang indah. Bahkan namanya lebih dikenal luas oleh masyarakat ketimbang pulau induknya yaitu Pulau Weh. Sabang menjadi gerbang pertama warga mancanegara yang akan memasuki Indonesia dari sisi barat. Pantai-pantai di sana juga sangat eksotis sehingga kerap menjadi tempat singgah kapal pesiar mewah.

3. International Musi Triboatton IV 2015: 12-19 Desember 2015

Agenda berikutnya adalah event tahunan bertajuk International Musi Triboatton IV 2015. Ini adalah kali keempat event tersebut diselenggarakan. Format acaranya masih sama yaitu sebagai ajang kompetisi multi cabang olahraga air. Kegiatan ini akan melibatkan beberapa daerah lain seperti Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, dan Kabupaten Empat Lawang.

International Musi Triboatton IV 2015, via instagram
International Musi Triboatton IV 2015, via instagram

Tujuannya cukup menarik, disamping sebagai promosi wisata dan potensi daerah, International Musi Triboatton ini juga bertujuan untuk menggugah daerah di Sumsel agar menjaga kelestarian Sungai Musi. Beberapa olahraga air yang akan dipertandingkan antara lain arung jeram, kayak, dan perahu naga. Sedianya event ini akan mulai digelar sejak tanggal 12-19 Desember 2015 yang berarti ini bisa menjadi event penutup tahun yang meriah, sayang untuk kamu lewatkan.

Traveler yang berkunjung ke palembang wajib hukumnya mencicipi tur Sungai Musi menggunakan perahu motor yang disewakan di bawah jembatan Ampera. Hanya dengan membayar tarif sebesar Rp. 20-30 ribu kamu sudah bisa berkeliling kota lewat sungai yang terkenal ini. Keren!

4. Hari Nusantara: 13 Desember 2015

Peringatan Hari Nusantara tahun ini akan digelar di Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh. Acara tahunan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Deklarasi Djuanda (13 Desember 1957). Ini adalah proklamasi kesatuan aset kewilayahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), juga menjadi simbol kesatuan wilayah dan kedaulatan laut Nusantara.

Hari Nusantara, via instagram
Hari Nusantara, via instagram

Kegiatannya sendiri telah dimulai sejak tanggal 9 Desember 2016 dan akan menjalani perayaan puncak di tanggal 13 Desember. Berbagai acara digelar dalam menyambut perayaan ini, ada seminar Peringatan Hari Kelautan Dunia hingga pameran dari 9 universitas di seluruh Indonesia. Perayaan Hari Nusantara tahun ini mengambil tema “Kekayaan Energi dan Sumber Daya Mineral untuk Pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia Guna Mewujudkan Kejayaan dan Kemakmuran Bangsa”. Kalian juga bisa ikut bergabung dalam rangkaian kegiatan perayaan tersebut.

Sudah memutuskan mau bergabung di event yang mana? Yang pasti semua event ini sangat meriah dan akan membuat liburan akhir tahunmu kian meriah.

Advertisement
Tags
Aceh Atambua Indonesia Jakarta Jawa Barat Lampulo NTT Sabang Wisata
Share