Pesona 11 Tempat Wisata Kabupaten Sumbawa Barat yang Bikin Wisatawan Terpikat

Yuk jelajahi potensi wisata di pulau sebelah timur Lombok. Pulau yang dimaksud bernama Pulau Sumbawa. Pulau ini terbagi atas 4 kabupaten dan 2 kota yang masing-masing bernama kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima serta dua kota bernama Sumbawa Besar dan Bima.

Kali ini Travelingyuk akan mengupas tempat wisata yang ada di kabupaten Sumbawa Barat, sebuah kabupaten yang berada di ujung barat pulau Sumbawa. Kabupaten ini berdiri pada tahun 2003 hasil pemekaran wilayah dari kabupaten Sumbawa. Lokasinya berbatasan dengan Laut Flores di utara, Kabupaten Sumbawa di timur, Samudera Hindia di selatan serta Selat Alas di barat. Sudah tidak sabar mengetahui tempat wisata apa saja yang ada di kabupaten ini, yuk langsung saja kuntit Travelingyuk menjelajahi wilayahnya.

1. Pelabuhan Poto Tano, Pelabuhan Terindah di Indonesia yang Menjadi Pintu Masuk ke Sumbawa Barat

Pelabuhan Poto Tano bukan saja menjadi pintu masuk wisatawan ke kabupaten Sumbawa Barat namun juga gerbang utama menjelajahi seluruh wilayah di Pulau Sumbawa. Pelabuhan ini berada di ujung barat Sumbawa Barat yang sekaligus menjadi tempat berlabuh kapal-kapal yang menyeberang dari pulau Lombok.

Pelabuhan Poto Tano, via instagram
Pelabuhan Poto Tano, via instagram

Pelabuhan Poto Tano dikelilingi oleh perbukitan hijau dan pulau-pulau kecil. Kondisi inilah yang membuat pemandangan di pelabuhan ini menjadi sangat indah. Tak sedikit dari wisatawan yang datang ke Pulau Sumbawa via Pelabuhan Poto Tano akan istirahat sejenak di sekitar pelabuhan untuk menikmati pemandangan yang ada. Bahkan beberapa dari mereka memutuskan untuk rekreasi dulu di sekitaran pelabuhan dimana terdapat pantai-pantai kece untuk liburan.

2. Berasa Jadi Orang Kaya di Pulau Kenawa

Traveler yang datang ke Pulau Kenawa bakal merasakan sensasi menjadi orang kaya yang punya pulau pribadi. Hal itu disebabkan suasana pulau yang sepi tak berpenghuni seakan-akan hanya kamu saja yang berada di pulau tersebut. Tapi mungkin saja saat ini Pulau Kenawa tak sesepi dulu sebab nama pulau ini sudah terkenal kemana-mana dan setiap traveler pasti tertarik berkunjung ke sana.

Pulau Kenawa, via instagram
Pulau Kenawa, via instagram

Pulau Kenawa dianugerahi dengan pantai berpasir putih yang menawan. Di daratannya Pulau Kenawa diselimuti oleh padang savana yang hijau seperti permadani. Datang saja pada musim hujan untuk mendapatkan foto keren pulau kecil dengan savana yang lebat. Untuk menikmati keindahan pulau ini traveler musti menyeberang dari Pelabuhan Poto Tano selama 1,5 jam.

3. Pulau Paserang, Tak Jauh dari Pelabuhan Poto Tano Langsung Bisa Dijelajahi

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa Pelabuhan Poto Tano berada di posisi yang sangat strategis dengan dikelilingi perbukitan dan pulau-pulau kecil yang hanya butuh beberapa menit saja untuk menjangkaunya. Salah satu pulau kecil yang keren adalah Pulau Paserang yang hanya butuh waktu 15 menit untuk menjangkaunya.

Pulau Paserang, via instagram
Pulau Paserang, via instagram

Pulau Paserang memang menjadi tujuan wisata yang tengah berkibar namanya. Banyak wisatawan yang menyempatkan untuk mengunjungi pulau ini terlebih dahulu sesampainya di Pelabuhan Poto Tano. Selain pulau ini masih ada 8 gugusan pulau kecil lainnya di sekitaran perairan Selat Alas yang dekat dengan Pulau Paserang.

4. Puncak Mantar, Melihat Sumbawa Dari Ketinggian

Puncak Mantar adalah spot di ketinggian untuk melihat Selat Alas dan wilayah Sumbawa dengan leluasa. Puncak Mantar adalah puncak dari Gunung Mantar setinggi 650 meter di desa yang juga memiliki nama sama. Untuk sampai ke lokasi traveler harus menggunakan kendaraan yang prima untuk melahap medan yang terjal.

Puncak Mantar, via instagram
Puncak Mantar, via instagram

Di Puncak Mantar traveler bisa menyaksikan keindahan dari sunrise dan sunset. Dari sisi barat akan nampak pemandangan Pulau Lombok, Selat Alas hingga pulau-pulau kecil lainnya di perairan tersebut. Sedangkan saat menengok sisi timur yang terlihat adalah pemandangan matahari terbit yang begitu menawan.

5. Pantai Tropica, Pantai dengan Pemandangan Surga

Pantai Tropica memang memenuhi segala syarat sebagai pantai tropis yang terkenal bak paradise. Pantai ini berada di desa Sekongkang Bawah, kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat. Pantainya unik, di tepi ombaknya landai cukup nyaman untuk bermain air sedangkan di tengah ada ombak besar yang dimanfaatkan wisatawan asing untuk bermain surfing.

Pantai Tropica, via instagram
Pantai Tropica, via instagram

Waktu terbaik mengunjungi pantai Tropica adalah sore hari menjelang matahari terbenam. Walaupun matahari tidak tenggelam di tengah laut namun panorama jingga di pantai ini membuat banyak fotografer terpikat. Saat sore itu pula kawasan pantai akan dipenuhi oleh orang-orang baik warga setempat yang berprofesi sebagai nelayan yang hendak melaut maupun turis yang sedang berlibur.

6. Pantai Maluk, Spot Surfing Wisatawan Asing

Mencari pantai dengan pemandangan bule yang berselancar di Sumbawa Barat. destinasi yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Maluk. Pantai ini punya ombak yang bagus sehingga banyak bule yang datang untuk bermain selancar. Di pantai inilah traveler asing akan lebih mendominasi jumlahnya ketimbang wisatawan domestik.

Pantai Maluk, via instagram
Pantai Maluk, via instagram

Untuk menikmati keindahan Pantai Maluk serta pemandangan para bule yang berselancar traveler musti berkendara menuju ke desa Maluk, kecamatan Jereweh, kabupaten Sumbawa Barat. Kalau kebetulan kamu juga hobi surfing langsung saja bergabung dengan para bule untuk berlomba menunggangi ombak pantai yang punya ketinggian rata-rata 2 meter ini.

7. Mendapatkan Kesunyian di Pantai Lawar

Pantai Lawar di Sumbawa Barat menawarkan kesunyian dimana belum banyak traveler yang tahu dan berkunjung ke sana. Secara administratif pantai ini terletak di desa Sekongkang, kecamatan Taliwang. Sesaat sebelum memasuki area pantai traveler akan dihadapkan pada dua tebing yang mengapit pantai.

Pantai Lawar, via instagram
Pantai Lawar, via instagram

Pada saat-saat tertentu ada rombongan bule yang datang berkunjung ke Pantai Lawar menggunakan speedboat. Nikmati saja suasana sepi dan tenang saat berkunjung ke pantai ini. Untuk urusan makan, di dekat pantai terdapat warung-warung warga yang siap menjamin kebutuhan isi perut traveler.

8. Air Terjun Jereweh, Cerminan Alam Sumbawa Barat yang Indah

Air terjun lain yang berada di wilayah kabupaten Sumbawa Barat adalah Air Terjun Jereweh. Air terjun ini punya banyak nama jadi pastikan traveler hafal nama-nama alias dari air terjun ini seperti Air Terjun Semporon Tangkil, Air Terjun Kalela, Air Terjun Ai Koa dan Air Terjun Janup.

Air Terjun Jereweh, via instagram
Air Terjun Jereweh, via instagram

Air Terjun Jereweh memiliki karakteristik yang berbeda dari kebanyakan air terjun lain di Indonesia. Terjunan airnya tidak beraturan dan jatuh dari tebing batu yang berundak-undak serta berongga layaknya gua. Beberapa pepohonan besar dan tinggi tumbuh di sekitaran air terjun dimana akarnya merambat di sekitaran batu. Air terjun nan cantik ini berlokasi di Taliwang, ibukota Sumbawa Barat yang berjarak sekitar 48 km dari pelabuhan Poto Tano.

9. Pantai Benete, Spot Santai Sambil Kuliner di Pinggir Pantai

Mengunjungi Sumbawa Barat yang kaya dengan tujuan wisata baharinya tak lengkap tanpa mencicipi kuliner seafood. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi hidangan seafood adalah di Pantai Benete. Pantai yang berlokasi paling dekat dengan area tambang Batu Hijau, PT Newmont Nusa Tenggara ini adalah tujuan yang tepat untuk mengisi perut.

Pantai Benete, via instagram
Pantai Benete, via instagram

Pantai Benete lebih menarik untuk dinikmati secara visual. Pasalnya pantai ini tidak berpasir putih melainkan campuran dengan pasir hitam yang kurang begitu menarik untuk digunakan bermain-main. Sebagai gantinya di sekitar pantai banyak terdapat rumah makan yang menawarkan beraneka olahan hasil laut kabupaten Sumbawa Barat. Inilah salah satu cara paling sip untuk menikmati keindahan alam pantai sambil bersantap.

10. Pantai Rantung, Pantai Paling Romantis

Mencari suasana pantai yang romantis untuk liburan bersama pasangan? Coba dulu berkunjung ke Pantai Rantung di kecamatan Sekongkang Bawah. Pantainya tidak terlalu besar namun kepungan perbukitan dan laut yang tenang menyulap suasana sekitar menjadi sangat romantis apalagi saat hari menjelang malam.

Pantai Rantung, via instagram
Pantai Rantung, via instagram

Di dekat Pantai Ratung berdiri bar yang menjual aneka minuman biasa hingga minuman beralkohol. Banyak bule yang menghabiskan harinya di pantai yang indah ini. Saat tiba di pantai ini traveler cukup untuk diam dan tidak melakukan apa-apa sambil menunggu matahari mulai terbenam, pasti romantis apalagi ditemani dengan pasangan tercinta.

11. Pantai Aik Kangkung, Pantai Perawan di Sumbawa Barat

Pantai Aik Kangkung hadir untuk memenuhi kebutuhan traveler yang suka dengan ketenangan. Dikatakan demikian karena pantai yang berada di dekatan tambang PT. Newmont Nusa Tenggara ini lokasinya memang terpencil meski akses jalan menuju ke sana tidak sulit.

Pantai Aik Kangkung, via instagram
Pantai Aik Kangkung, via instagram

Pantai Aik Kangkung tergolong pantai dengan keadaan yang masih perawan. Hampir sepanjang garis pantainya masih suci dari jejak kaki manusia. Kondisi pantainya juga sangat lega dengan garis pantai yang sangat panjang. Lebih mengasyikkan lagi air laut pantai ini super jernih dan tidak ada saingan sama sekali jika mau menikmati segarnya air laut di sana. Jangan lupa membawa bekal sebab warung makan sekalipun masih jarang dijumpai di kawasan pantai ini.

Itulah sebagian tempat wisata di Sumbawa Barat yang wajib masuk dalam bucket list liburanmu nanti. Kalau masih kurang lengkap bantu kami menambahkan daftarnya caranya cukup merekomendasikan tempat tersebut di kolom komentar. Next

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.