Wisata di Belitung Selain Pantai, Penasaran?

Belitung memiliki wisata pantai yang sangat menawan. Beberapa nama yang terkenal adalah Pantai Tanjung Tinggi dan Pulau Lengkuas. Para wisatawan yang datang ke luar Belitung seolah-olah wajib memasukkan kunjungan ke pantai sebagai kegiatan utama di Belitung. Kamu bisa menikmati pemandangan pinggir laut yang berhiaskan bebatuan granit besar dan ombak-ombak tenang.

Namun ternyata, itu belum semuanya. Masih ada banyak sekali wisata selain pantai yang menarik dikunjungi. Ada museum, bangunan adat, hingga mengunjungi kampung halaman salah satu pejabat negeri ini. Agar kamu tidak tenggelam dalam rasa penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Museum Kata Andrea Hirata

Nama Andrea Hirata terkenal sebagai orang di balik suksesnya Laskar Pelangi, novel fenomenal yang diangkat juga menjadi film layar lebar. Jika kamu pernah menontonnya pasti tahu di mana lokasi yang diambil sebagai latar. Ya benar jawabannya adalah Belitung yang memiliki sisi tersendiri di samping keindahan alam dan batu-batu granit besar di pinggir pantainya. Beberapa waktu setelah melejitnya Laskar Pelangi, beberapa tempat turut diubah menjadi lokasi-lokasi yang berhubungan dengan karya tersebut.

Museum Kata Andrea Hirata [image source]
Salah satunya adalah Museum Kata Andrea Hirata. Lokasinya ada di Jalan Raya Laskar pelangi Nomor 7, Gantong, Belitung Timur.Museum ini menyimpan banyak sekali benda yang bernuansa Laskar Pelangi seperti foto-foto penulis, ruangan dengan buku-buku hingga poster film Laskar Pelangi. Didirikan pada tahun 2012 silam dan saat ini telah menjadi wisata pendidikan dan budaya yang tersohor di Belitung.

2. Danau Kaolin

danau Kaolin [image source]
Danau Kaolin ini memiliki pemandangan alam yang unik dan tidak di semua tempat ada. Airnya berwarna biru menyala dan dikelilingi oleh tebing-tebing kapur, nampak seperti Kawah Putih di Ciwidey, Bandung dan Kawah Tinggi Raja. Dulunya tempat ini adalah bekas pertambangan. Setelah ditinggalkan berubah menjadi lokasi wisata dengan keindahan paripurna. Udaranya cukup bersih tanpa ada bau belerang karena bukan berbentuk kawah gunung. Untuk menemukan Danau Kaolin ini kamu harus menempuh perjalanan menuju ke Desa Air Raya, Tanjung Pandan, Belitung.

3. Sekolah Laskar Pelangi

Sekolah laskar pelangi [image source]
Masih ingat dengan sekolah yang didatangi Ikal dan teman-temannya di film Laskar Pelangi? Bangunan itu masih ada hingga sekarang dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Belitung Timur, meski hanya berupa replika saja. Sebutan populernya adalah SD Muhammadiyah Gentong. Lokasinya cukup jauh dari Tanjung Pandan, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 100 km. Jalanannya mulus dan sepi, jadi kamu bisa tancap gas dan langsung melaju. Jarak sejauh itu bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam.

4. Kota Manggar, Negeri 1001 Kopi

Kota Manggar [image source]
Manggar di Belitung timur adalah sebuah ibu kota kabupaten yang tidak bisa dilepaskan dari kopi. Masyarakatnya begitu akrab dengan minuman tersebut sehingga penjualnya banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Kamu bisa menikmati kopi kapan saja, karena ada warung yang buka hingga tengah malam. Nggak heran jika Manggar mendapat julukan sebagai negeri 1001 kopi. Kamu bisa datang ke kota yang berjarak 90 km dari Tanjung Pandan ini untuk wisata kuliner, menikmati kopi dengan cita rasa asli.

5. Rumah Adat Belitung

Rumah Adat Belitung [image source]
Belitung memiliki budaya dan adat tersendiri. Salah satu yang bisa kamu saksikan sewaktu berkunjung ke sana adalah Rumah Adat Belitung yang letaknya ada di Jalan Ahmad Yani. Tepat di samping Kantor Bupati Belitung. Tentu saja sebagai sarana pendidikan, rumah adat ini dibuka untuk umum. Kamu bisa masuk dan melihat bagian dalamnya. Ada ruang utama, loss, dan bagian dapur. Berbagai macam ornamen khas Belitung terpasang dengan antik dan unik.

6. Museum Tanjung Pandan

Museum Tanjung Pandan [image source]
Tanjung Pandan memiliki museum yang bisa kamu datangi untuk berwisata, nggak harus selalu ke pantai kan? Museum juga menyuguhkan berbagai hal yang menarik seperti peninggalan-peninggalan bersejarah. Di Museum Tanjung Pandan sendiri ada koleksi keramik tua yang berasal dari Tiongkok pada masa silam. Areanya cukup luas dengan bangunan utama dulunya bekas kantor NV Billiton Maatschappij. Pernah juga digunakan sebagai tempat tinggal pengelola tambang timah semasa penjajahan Belanda.

7. Batu Baginda

Batu baginda [image source]
Batu Baginda adalah destinasi wisata untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Kamu bisa melihat hamparan hutan yang hijau dan asri dengan udara sejuk. Kamu harus menempuh jalan setapak terlebih dahulu untuk mendekati Batu Baginda. Setelah sampai, ada sebuah tali yang bisa kamu gunakan untuk naik ke atas batu berukuran besar itu. Waktu yang paling pas satang ke lokasi wisata di Desa Membalong, Belitung ini adalah waktu pagi hari. Kita bisa melihat sunrise yang cemerlang.

8. Air Terjun Gurok Beraye

Air Terjun Gurok Beraye [image source]
Air Terjun Gorok Berayu ada di pedalaman Belitung tepatnya di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau. Jarak dari Tanjung Pandan mencapai 32 km dengan jalur aspal yang mulus. Namun tetap saja, kamu masih harus menempuh jalur setapak hingga sampai di depan air terjun yang tidak terlalu tinggi ini. Di bagian bawah terdapat kolam air yang jernih. Karena masih alami, kamu akan melihat suasana hutan lebat dengan kicauan burung bersautan. Tak jarang juga ada monyet yang berkeliaran.

9. Kampung Ahok

Kampung ahok [image source]
Belitung adalah kampung halaman seorang Basuki Thahaja Purnama atau Ahok. Saat ini semakin banyak yang penasaran dengan latar belakangnya . Apalagi setelah ia duduk di Kursi Gubernur Jakarta. Maka dibuatlah sebuah destinasi wisata bertajuk Kampung Ahok di Jl. KA. Bujang Gantong, Belitung Timur. Yang paling menyita perhatian di area ini adalah replika rumah keluarga besar Ahok. Berbentuk rumah panggung dan sebagian besar dibangun dengan bahan kayu ulin. Layaknya rumah pada umumnya, ada perabotan-perabotan, termasuk juga koleksi foto Ahok.

Itulah beberapa pilihan tempat di Belitung sebagai alternatif selain menikmati keindahan wisata pantai yang eksotis. Kamu setuju kan kalau Belitung punya wisata yang lengkap dan geulis abis? Next