Samarinda dengan Sejuta Pesona, Ini Dia Objek Wisatanya

Samarinda yang indah, begitulah kesan yang akan kamu dapatkan setelah menginjakkan kaki di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur tersebut. Tentu saja, bukannya tanpa alasan. Tapi karena Samarinda memiliki bentang alam yang begitu mempesona. Di Beberapa sudut juga berdiri bangunan-bangunan yang menjadi ikon kota. Belum lagi wisata alam yang menunggu untuk kamu jelajahi dan menjanjikan pemandangan surgawi khas daerah tropis Indonesia.

Samarinda juga merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan. Suasana kota yang ramai akan jadi pemandangan yang akan akrab kamu saksikan. Biar nggak cepat bosan, kamu bisa menyempatkan untuk datang ke beberapa lokasi wisata di Samarinda berikut ini, seru-seru lho!

1. Jembatan Mahulu

Melihat foto jembatan ini, mungkin bayanganmu akan melayang pada sebuah sudut di Kota Beijing, Tiongkok yang terkenal dengan Jembatan Tianjin Grand Bridge. Padahal sebenarnya, letak jembatan ini ada di Samarinda. Sebutan populernya adalah Jembatan Mahulu atau Mahakam Hulu. Sarana tersebut menghubungkan  kelurahan Loa Buah, Sungai Kunjang dengan kelurahan Sengkotek, Samarinda Seberang dan membentang di atas Sungai Mahakam.  Bentuk bangunan sangat khas dan makin mengagumkan saat malam hari. Di mana kamu bisa menyaksikan lampu-lampu penerang di sepanjang jembatan.

Jembatan Mahulu [image source]
Jembatan Mahulu [image source]
Jembatan ini diresmikan pada 15 Juli 2009 oleh Presiden Indonesia saat itu yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Melewati jembatan, akan membuat kamu menempuh sebuah jalur lurus sepanjang789 meter dengan lebar 11 meter. Lingkar penompang jembatan yang terbuat dari baja menjadi ciri khas. Nggak heran, jika Jembatan Mahulu saat ini menjadi salah satu bangunan kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur.

2. Telaga Permai Batu Besaung

Kalimantan adalah surga alam dan Samarinda adalah salah satu bukti nyatanya. Tunggu dulu sampai kamu datang langsung ke kawasan wisata Telaga Permai Batu Besaung, setelah itu kamu tidak akan bisa menyangkal keindahan Samarinda lagi. Sesuai namanya, suguhan wisata yang bisa kamu nikmati adalah hamparan telaga yang terbentuk karena air terjun yang menghujam tanah terus-menerus sampai akhirnya membentuk sebuah telaga. Dengan suasana yang alami, penuh dengan rimbunan pepohonan, udara di sekitar Batu Besaung sangat sejuk.

Batu Besaung [image source]
Batu Besaung [image source]
Pas banget untuk tempat berkemah atau sekadar piknik bersama dengan keluarga. Tenang saja, karena ada beberapa lokasi yang memang khusus disediakan sebagai camping ground. Sungai-sungai dangkal dengan gemericik aliran airnya seakan menampilkan musik alam yang begitu merdu. Belum lagi suara burung bersautan dan hembusan angin yang menerpa dedaunan. Untuk sampai di Batu Besaung, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dari pusat Kota Samarinda. Akses jalan menuju ke sana sangat mudah dan nyaman karena lokasinya dekat dengan kota. Letak persinya ada di Jl. Batu Besaung, Sempaja Utara, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

3. Desa Pampang

Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke Kalimantan tapi tidak mengenal lebih dekat budaya dan tradisinya yang terkenal kaya dan mengesankan. Sampai saat ini masih banyak tempat di Kalimantan yang masih mempertahankan dan melestarikan tradisi asli turun-temurun yang diwariskan oleh nenek moyang. Samarinda adalah salah satu kota yang terus mengalami perkembangan, namun disisi lain masih tetap bisa menjaga kebudayaan. Sebagai buktinya, kamu bisa datang ke Desa Pampang.

Desa Pampang [image source]
Desa Pampang [image source]
Pemukiman Desa Pampang saat ini dikenalkan sebagai salah satu desa wisata. Masyarakat setempat akan dengan senang hati menyambut para wisatawan dan mengenalkan berbagai hal menarik. Desa Pamapang sendiri terletak di dekat  Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.  Suku yang mediami desa tersebut adalah masyarakat  Dayak Apokayan dan Kenyah. Sebelum berdomisili di Pampang, mereka harus berpindah-pindah selama puluhan tahun untuk bertahan hidup di bumi Kalimantan. Bergai pertunjukan tradisonal, hingga cindera mata khas bisa kamu dapatkan di Desa Pampang.

4. Masjid Islamic Center

Islamic Center [image source]
Islamic Center [image source]
Tidak hanya wisata alam dan budaya, Samarinda juga memiliki destinasi wisata religi. Salah satunya adalah sebuah bagunan tempat ibadah yang mengah  berupa masjid. Banguna dengan menara-menara menjulang tinggi tersebut bak masjid yang ada di Timur Tengah, namun tetap memiliki ciri khas tersendiri.  Kamu bisa datang langsung ke kawasan kelurahan Telur Lerong Ulu, Kota Samarinda untuk menyaksikan keindahan hingga beribadah dengan penuh rasa syukur karena masih memiliki kesempatan untuk menyaksikan bukti kebesaran Tuhan. Selain itu, ternyata bangunan dengan pemandangan sungai Mahakam ini adalah masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal.

5. Kampung Tenun Samarinda

Kampung tenun [image source]
Kampung tenun [image source]
Sarung Samarinda bukan hanya sebatas lembaran kain saja. Di balik itu semua ada makna tersendiri dan merupakan sebuah kerajinan khas yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu saat Samarinda baru didirikan. Hingga saat ini, pemerintah sangat antusias mengenalkan Tenun Samarinda. Untuk memiliki salah satu produknya, kamu bisa datang langsung ke Jl. Panglima Bendahara Samarinda Seberang, Kalimantan Timur.

Itulah beberapa destinasi wisata di Samarinda yang menarik untuk di kunjungi. Tunggu apa lagi, yuk segera rencanakan liburanmu ke sana. Next