Jelajah Purwokerto, Permata Jawa yang Bersih dan Hijau

Purwokerto, apa yang kamu pikiran ketika berbicara mengenai kota di Jawa Tengah ini? Kripik Tempe atau Gethuk Gorengnya? Well, kota tersebar ketiga di Jawa Tengah setelah Semarang dan Solo ini memang terkenal banget dengan kulinernya. Banyak sekali makanan khas yang hingga kini masih dijual bahkan digunakan sebagai oleh-oleh.

Bukan hanya soal kulinernya saja, ada satu hal lagi yang membuat Purwokerto makin ramai dikunjungi oleh wisatawan. Ialah destinasi wisatanya yang terkenal cantik dan masih asri. Kerennya lagi, ada beberapa tempat di Purwokerto yang hampir menyerupai pemandangan di luar negeri? Penasaran? Yuk intip daftar destinasi wisata Purwokerto yang wajib kamu jelajahi di awal tahun ini!

1. Sunrise Cantik di Bukit Tranggulasih Windujaya

Bukit Tranggulasih Sunrise
Bukit Tranggulasih Sunrise [image source]
Bromo bisa menjadi tempat paling indah dalam melihat matahari terbit. Namun, Purwokerto juga tak mau kalah tetap pesona alamnya. Tanah cantik satu ini juga memiliki tempat indah yang biasa digunakan oleh para wisatawan sebagai spot mengambil foto matahari yang telah bangun. Dengan warna langit yang mulai berwarna jingga, pemandangan cantik Purwokerto bakalan makin indah dari bukit Tranggulasih ini. Bukit satu ini terletak di Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng- Banyumas. Bukan hanya di pagi hari, pemandangan di bukit Tranggulasih juga cantik banget ketika siang hari.

Bukit Tranggulasih
Bukit Tranggulasih [image source]

2. Curug Cantik di Lerang Gunung Slamet

Curug Cipendok
Curug Cipendok [image source]
Selain Bukit Tranggulasih, Purwokerto juga memiliki destinasi air yang cantik. Ialah Curug Cipendok yang memiliki ketinggian 92 meter. Curug yang terletak di lereng Gunung Slamet ini memiliki daya tarik sendiri karena lingkungan alamnya. Bukan hanya pohon yang menjulang tinggi dan keindahan air terjunnya, curug ini juga menjadi idaman banyak traveler lantaran memiliki bumi perkemahan dan juga telaga cantik bernama Telaga Pucung. Untuk mendatangi Curug di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas ini sangatlah mudah. Pemerintah setempat sudah memperbaiki jalan ke arah Curug dan bisa dilewati kendaraan roda empat dan dua hingga ke tempat parkiran air terjun.

Air Curug Cipendok
Air Curug Cipendok [image source]

3. Curug Gede

Curug Gede
Curug Gede [image source]
Lihat yang segar dan adem, datang saja ke Curug Gede. Curug Gede yang paling populer di Purwokerto ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Di sekitar curug ini, terdapat beberapa bukit cantik yang memberikan nilai untuk destinasi wisata air terjun satu ini. Pemandangan Curug Gede makin lengkap dengan kolam penampungan yang biasa digunakan oleh pengunjung sebagai spot foto. Sama halnya dengan curug lain yang cantik, Curug Gede memiliki jalur yang cukup berat bagi seorang pemula. Di sepanjang jalan menuju destinasi wisata yang terletak di Desa Ketengger ini banyak ditemui jalan licin dan harus mengitari lembah dan bukit. Pun demikian, pemandangan Curug Gede bakalan melepas lelah selama perjalanan.

Curug Gede [image source]

4. Curug Sendang Bidadari Baturaden

Curug Sendang Bidadari
Curug Sendang Bidadari [image source]
Purwokerto memang memiliki banyak sekali air terjun. Setelah Curug Gede, ada satu lagi curug cantik yang menjadi idaman banyak pengunjung ketika datang ke Purwokerto. Ialah Curug Sendang Bidadari atau juga Curug Lawang. Curug satu ini terbilang baru dan baru saja dibuka sejak tahun 2015 lalu. Sebelumnya, curug cantik yang memiliki sebuah jalan masuk menyerupai gua ini digunakan oleh pendudukan sekitar sebagai petilasan. Kini pun, destinasi wisata yang terletak di desa Karangsalam, Baturaden ini memiliki pengunjung cukup banyak demi mendapatkan gambar cantik dari dalam gua.

Gua Curug Sendang Bidadari
Gua Curug Sendang Bidadari [image source]

5. Curug Pancuran Telu dan Pancuran Pitu

Curug Telu [image source]
Masih di kawasan yang sama dengan Curug Sendang Bidadari, ada dua lagi curug yang terkenal akan keunikan. Ialah Curug Telu dan Pitu yang merupakan destinasi wisata air hangat di daerah Baturaden. Destinasti wisata satu ini bukan hanya terkenal karena keindahan tempatnya, tapi juga khasiat airnya. Yap, banyak yang percaya jika tempat ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit lantaran airnya mengandung belerang yang tak berbahaya untuk kesehatan. Letak Pancuran Telu dan Pitu ini sendiri tak jauh dari Sendang Bidadari.

Pancuran Pitu
Pancuran Pitu [image source]

6. Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja
Bukit Watu Meja [image source]
Unik dan menarik, begitulah kiranya ketika mendengar nama destinasi wisata satu ini. Destinasi hijau dan mengasyikkan satu ini terletak di Gambarsari, Kebasen – Banyumas. Dibukit cantik ini, kamu harus melewati rute jalanan setapak yang hanya bisa dilewati dengan jalan kaki. Kendati melelahkan, sepanjang perjalanan banyak sekali pemandangan cantik. Di puncak bukit Watu Meja sendiri kamu dapat menikmati hamparan sawah yang hijau, sungai Serayu, pepohonan hingga kereta api yang membelah sungai Serayu. Cantik.

Bukit Watu Meja
Bukit Watu Meja [image source]

7. Curug Anyar Bernama Curug Jenggala

Curug Jenggala View
Curug Jenggala View [image source]
Masih dalam hitungan bulan, Purwokerto kembali mengenalkan destinasi wisatanya yang cantik banget. Ialah Curug Jenggala yang resmi dibuka pada tanggal 10 November 2016 lalu. Di curug satu ini, pengunjung dapat menikmati sensasi embun dari air terjun sungai Mertelu yang deras. Di curug ini, telah tersedia sebuah spot foto cantik yang diberi nama Selfie Deck Hati. Bagi yang berniat untuk turun ke Curug ini, terdapat jalan kecil yang menuju ke arah sungai. Untuk biaya masuk Curug di Kalipagu ini cukup murah, kamu hanya perlu membayar Rp 5000 untuk menikmati keindahan curug satu ini.

Curug Jenggala
Curug Jenggala [image source]

8. Taman Angkasa Binangun

Taman Angkasa Binangun
Taman Angkasa Binangun [image source]
Destinasi wisata cantik satu ini terletak di Binangun, Banyumas. Seperti bukit Tranggulasih, Taman Angkasa ini dapat melihat pemandangan cantik Purwokerto dari atas. Bukan hanya Purwokerto, para pengunjung yang datang ke sini juga dapat melihat cantiknya Cilacap, Purbalingga dan juga Banjarnegara. Jika beruntung, para pengunjung juga dapat menikmati sunset dan sunrice cantik di tanah Jawa Tengah.

taman Angkasa
Taman Angkasa [image source]

9. Taman Balai Kemambang

Balai Kemambang
Balai Kemambang [image source]
Berada di pusat kota tak membuat destinasi kehilangan kecantikannya. Ialah Taman Balai Kemambang yang terletak di Jalan Karangkobar, Purwokerto ini menjadi salah satu taman favorit para wisatawan. Selain tempat bermain, terdapat beberapa tempat yang digunakan oleh banyak orang sebagai spot cantik untuk berfoto. Taman Balai Kemambang makin memesona ketika matahari terbenam. Di saat tersebut, langit di taman satu ini terlihat indah dan biasanya menjadi momen para fotografer untuk mengambil gambar cantik.

Taman Balai Kemambang
Taman Balai Kemambang [image source]

10. Sunset Cantik di Sungai Serayu

Sungai Serayu Sunset
Sungai Serayu Sunset [image source]
Destinasi wisata terakhir yang harus dikunjungi ke Purwokerto adalah Sungai Serayu. Sungai cantik ini memang sangat populer lantaran keindahannya menjelang malam hari dan juga di kala fajar datang. Sungai Serayu sebenarnya bukan destinasi wisata. Namun, banyak sekali wisatawan yang tertarik dengan sungai ini lantaran kecantikannya. Bagaimana denganmu?

Sungai Serayu
Sungai Serayu [image source]
Wah, rupanya asyik juga menjelajahi kota cantik di Jawa Tengah ini. Nah, dari destinasi wisata di atas, mana nih yang paling ingin kamu kunjungi? Next