Dari Alam Hingga Kulineran, Pematang Siantar Indahnya Kebangetan

Pematang Siantar bisa disebut sebagai saingannya Medan. Memang dalam beberapa hal masih kalah jauh, tapi jika soal keindahan alam termasuk jagoan. Terbukti dengan adanya beberapa tempat wisata berikut ini. Bahkan kamu juga bisa mencicipi kuliner enak yang susah ditemukan di belahan bumi lain. Apa saja yang bisa kamu lakukan di bekas ibu kota Kabupaten Simalungun tersebut? Simak ulasan di bawah ini.

1. Vihara Avaloskitesvara

Vihara Avaloskitesvara [image source]
Semarang boleh bangga dengan Klenteng Sam Po Kong yang megah layaknya sebuah istana. Namun kamu akan menemukan kekaguman yang serupa jika berkunjung ke Vihara Avaloskitesvara. Memang berfungsi sebagai tempat ibadah, namun tetap dibuka untuk umum. Arsitektur klasik dengan patung Dewi Kwan Im setinggi 22,8 meter adalah ikon paling tersohor. Karena berada di pusat kota, kamu akan mudah menemukan tempat menginap seperti Hotel Sapadia di Jl. Diponegoro. Untuk reservasi dan informasi seputar harga, kamu bisa menghubungi nomor (0622) 435922.

Vihara Avaloskitesvara [image source]
Lokasi : Jl. Pusuk Buhit, Karo, Siantar Sel., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara

2.  Taman Hewan Pematang Siantar

Siantar Zoo [image source]
Saat kamu merencanakan liburan di objek wisata Siantar bersama dengan keluarga, maka kebun binatang di kota itu tidak boleh terlewatkan. Bayangkan tentang menikmati sejuknya pepohonan dengan dikelilingi oleh biantang dari yang buas seperti harimau hingga hewan lucu. Apalagi kalau membawa buah hati, pasti jadi tambah seru. Untuk melihat kegarangan penghuni Taman Hewan Siantar, kamu harus membayar tiket masuk sekitar Rp25.000,00 per orang. Jika kamu ke sini naik kereta api, bisa langsung menuju lokasi dengan berkendara hanya sejauh 1,5 km. Sempatkan juga untuk menyegarkan pikiran di Pemandian Pulau Batu yang jernih berudara sejuk dengan berkendara selama 11 menit dai Siantar Zoo.

Pamndian Pulau Batu [image source]
Lokasi : Jalan Gunung Simanuk-Manuk P. Siantar, Teladan, Siantar Barat, Teladan, Siantar Bar., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara

3. Museum Simalungun

Ilustrasi rumah adat Simalungun [image source]
Museum Simalungun berada di dekat jalur lintas tengah Sumatera, menghubungkan Kota Pematang Siantar dengan Medan. Cukup strategis karena wisatawan yang ingin mendatangi Danau Toba bisa melaluinya. Saat lelah melanda, menambah wawasan di museum bisa jadi kegiatan yang seru. Berbagai benda bersejarah tentang Simalungun tersimpan dengan baik legkap dengan informasinya. Yang paling mencolok tentu saja bangunan rumah adat klasik tapi antik. Jika masih terlalu capek untuk melanjutkan perjalanan, lebih baik menginap saja. Ada Grand Palm Hotel yang letaknya tidak jauh dari museum, cukup berjalan kaki selama 8 menit langsung sampai.

rand Palm Hotel [image source]
Lokasi : Jl. Jenderal Sudirman P. Siantar, Proklamasi, Siantar Bar., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara

4. Kulineran di Rumah Makan Khas Batak Horas Silindung

Pangsit Aon [image source]
Sumatera Utara identik dengan Batak dan saat berbicara tentang suku yang sering bilang horas ini wajib menyinggung soal kulinernya. Di Pematang Siantar ada satu tempat yang khusus menyediakan hidangan pangsit lezat. Tiap hari selalu ramai pembeli termasuk yang dari luar kota. Alternatif lain adalah Kedai Kopi Mawar di Jl Dokter Sucipto, menunya juga enak-enak.

Menu di Kedai Kopi Mawar [image source]
Lokasi : Simalungun, Siantar Sel., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara

Wisata di Pematang Siantar selalu bisa membuat siapapun penasaran. Kota ini bisa diakses dari Medan dengan kendaraan darat seperti bus dan kereta api. Tunggu apalagi mulai dari akomodasi, objek wisata, kuliner hingga transportasi yang mudah telah menunggu untuk kamu jelajahi. Jika Siantar sudah khatam kamu datangi, cobalah menjajaki objek wisata Tapanuli yang menawan. Next