5 Keunikan Wisata Pantai di Belitung

Mungkin kamu pernah ditanyai apakah termasuk anak gunung atau petualang di pantai. Tentu saja itu adalah pilihan yang sulit karena wisata pantai atau pegunungan semuanya termasuk mengagumkan. Kenapa kamu tidak memilih semunya saja, jadi traveler sejati yang menikmati alam dengan sepenuh hati. Untuk mewujudkannya, kamu harus melakukan perjalanan, misalnya saja ke Kepulauan Bangka Belitung.

Terdapat banyak sekali destinasi menarik yang akan membuatmu puas serta betah berlama-lama, khususnya Belitung. Jika menyinggung soal negeri Laskar Pelangi itu, rasanya kurang lengkap jika kita tidak membahas soal wisata Belitung yang identik dengan gugusan pulau dan pantai indah. Agar kamu semakin yakin untuk berangkat ke sana, Travelingyuk telah menghimpun ulasan seputar keunikan wisata pantainya. Apa saja itu? Simak sampai selesai ya!

1. Tidak Ramai Bagai Pantai Pribadi

Keunikan wisata pantai Belitung [image source]
Hal pertama yang dirasakan oleh para wisatawan baik asing maupun lokal tentang Belitung adalah suasana sepi yang menenangkan. Berbeda dengan Bali atau Jakarta yang memang sudah jadi langganan wisatawan sejak dulu. Pantai-pantainya ramai, jalanannya tidak pernah sepi terutama saat musim liburan. Bagi sebagian orang keadaan seperti itu justru bisa mengurangi keindahan suatu tempat.

Keunikan wisata pantai Belitung [image source]
https://youtu.be/piAavICmN5s

Di Belitung, kamu juga akan mendapatkan suguhan pemandangan yang keren dengan alam yang begitu terasa. Belum ada bangunan mentereng yang seolah-olah ingin menyerobot bibir pantai. Bahkan penduduknya pun masih suka mengajak para Bule berfoto. Suatu hal yang sekarang sudah jarang ditemui di Bali atau tempat terkenal lainnya.

2. Tumpukan Batu Granit Layaknya Aksesoris Cantik yang Alami

Keunikan wisata pantai Belitung [image source]
Salah satu karakter wisata pantai Belitung yang jarang dimiliki oleh tempat lain di seantero Nusantara adalah keberadaan batu granit berukuran besar yang tersebar tak beraturan di sekitar pantai, namun tidak mengurangi keindahan justru membuatnya semakin cemerlang. Datang saja ke Tanjung Tinggi, kamu bisa melihat hamparan pasir putih di samping lautan biru diapit oleh dua dataran yang menjorok ke laut yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam.

Keunikan wisata pantai Belitung [image source]
https://youtu.be/1ukMp-_s9BY

Dengan hal itu saja sudah menawan, apalagi dengan adanya batu granit maka lautan dan daratan akan nampak lebih serasi. Hal yang sama juga ada di Pulau Burung yang bisa kamu tempuh dari Tanjung Kelayang. Di tempat ini ada batu granit yang unik menyerupai kepala burung garuda.

3. Mengintip Daya Tarik Belitung dari Puncak Mercusuar

Keunikan wisata pantai Belitung [image source]
Keunikan wisata pantai Belitung [image source]
Setiap wisata Belitung pasti punya ciri khasnya masing-masing. Jika Tanjung Tinggi terkenal sebagai lokasi syuting Film Laskar pelangi, beda lagi dengan Pulau Lengkuas. Daratan yang bisa kamu capai setelah melakukan perjalanan laut dari Tanjung Binga itu memiliki ikon yang membuatnya lain dari yang lain.

Keunikan wisata pantai Belitung [image source]
https://youtu.be/kXir8hEdtf8

Perhatikan pandanganmu, mungkin dari kejauhan kamu akan melihat sebuah bangunan menjulang tinggi berwarna putih. Itu adalah mercusuar kuno yang dibangun Belanda pada tahun 1882. Para pengunjung diperbolehkan untuk masuk bahkan naik hingga ke puncaknya untuk melihat luasnya lautan Nusantara dari ketinggian.

4. Pantai dengan Pasir Timbul Tidak Boleh Dilewatkan

Keunikan wisata pantai Belitung [image source]
Pasir Timbul ini adalah pantai yang terbentuk karena surutnya air laut. Dengan kata lain saat laut pasang, maka lokasi tersebut akan tenggelam seperti tidak pernah ada. Jadi, kamu tidak bisa pergi ke sana setiap waktu. Di Belitung juga ada spot seperti itu, Pulau Pasir namanya. Disebut begitu karena memang tidak ada apa-apa lagi selain hamparan pasir putih dikelilingi oleh lautan biru yang ombaknya tenang.

Keunikan wisata pantai Belitung [image source]
https://youtu.be/QqjMNQRgcgY

Kalu kamu nanti benar-benar punya kesempatan untuk menjelajahi wisata Belitung, maka jangan sampai kamu melewatkan Pulau Pasir. Mintalah nelayan yang mengantarkanmu dari satu pulau ke pulau lain untuk mampir ke tujuan yang juga memiliki keindahan bawah laut tersebut. Atau kamu bisa berangkat langsung dari Tanjung Kelayang

5. Mencoba Water Sport yang Seru

Keunikan wisata pantai Belitung [image source]
Siapa sangka jika ternyata Belitung juga punya tempat untuk menikmati wahana olahraga air berupa Wibit Floating Sea Water Park. Itu loh arena permainan yang mengapung di atas permukaan laut. Mirip arena outbond, namun tidak di tengah hutan, tapi di lautan. Kamu akan diajak untuk merasakan secara langsung bagaimana memanjat, berlari, hingga terjun seirama dengan ombak yang menari-nari.

Keunikan wisata pantai Belitung [image source]
https://youtu.be/XTXzA1TgOHk

Penyedia layanan ini adalah Belitung Highland Resort dengan tiket masuk sekitar Rp. 120 ribu per orang. Untuk menikmatinya kamu bisa datang langsung ke Jalan Raya Sijuk, Desa Sijuk, Pantai Tanjung Tinggi, Belitung. Wahananya dibuka untuk dua shift. Yang pertama dari Pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB. Sedangkan periode kedua dari pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Itulah beberapa keunikan yang akan kamu temukan di wisata pantai Belitung. Tentu saja hal tersebut sudah cukup menjadikan Belitung sebagai tujuan liburan yang mengagumkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *