Serunya Keliling Tempat Wisata Naik Sepeda

Advertisement

Salah satu alasan mengapa kita semua harus melakukan traveling adalah fungsinya yang menyehatkan tubuh. Semakin jauh kita berjalan, mengelilingi tempat baru, trekking, hingga melakukan diving, tubuh akan terpacu untuk bergerak. Hasilnya, lemak di tubuh akan menipis. Bahkan kamu bisa mendapatkan tubuh yang ideal kalau jalan-jalannya naik sepeda. Mau pergi ke mana-mana bisa gowes dan berkeringat. Berikut lima tempat wisata di Indonesia yang bisa kamu jelajahi dengan sepeda.

1. Gili Trawangan

Bersepeda Rame-Rame di Gili Trawangan
Bersepeda Rame-Rame di Gili Trawangan [via]
Ke Gili Trawangan untuk menikmati keindahan bawah laut mungkin sudah biasa. Namun, ke Gili Trawangan untuk berkeliling dan nasi sepeda adalah hal yang wajib kamu lakukan ketika bertandang. Di pulau kecil nan eksotis di dekat Lombok ini, kamu bisa menjelajahi seluruh isi pulau dalam waktu 2-3 jam saja tergantung kecepatan yang kamu miliki.

Bulan Madu Sehat, Sambil Bersepeda Keliling Pulau
Bulan Madu Sehat, Sambil Bersepeda Keliling Pulau [via]
Oh ya, harga sewa sepeda di kawasan Gili Trawangan sekitar Rp25.000,00 per jam. Kalau kamu ingin yang lebih murah, bisa membayar sebesar Rp75.000,00 saja. Setelah mendapatkan sepeda, coba lakukan penjelajahan di jalanan sekitar pantai. Kamu bisa beralih dari satu pantai ke pantai lain sembari menikmati birunya laut dan juga hijau pepohonan yang masih alami.

Lokasi: Gili Trawangan, Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara, NTB, Indonesia

2. Yogyakarta

Bersepeda Pagi di Borobudur
Bersepeda Pagi di Borobudur [via]
Tempat wisata selanjutnya yang bisa dikelilingi dengan sepeda adalah Yogyakarta. Jika biasanya kita menggunakan kendaraan umum seperti becak, bus Transjogja, atau mungkin ojek online lainnya, maka untuk perjalanan selanjutnya bisa dengan bersepeda. Kamu bisa menyewa sepeda di tempat ini untuk mendatangi beberapa destinasi wisata yang letaknya nyaris berdekatan satu dengan lainnya.

Aktivitas Seru Saat Liburan
Aktivitas Seru Saat Liburan [via]
Harga sewa sepeda di Yogyakarta sekitar Rp50.000,00 hingga Rp100.000,00 per hari tergantung merek sepeda. Semakin bagus, semakin mahal. Oh ya, beberapa travel di Yogyakarta juga menyediakan paket tur dengan sepeda loh. Ada tur mengelilingi kawasan budaya, pantai di pesisir selatan, hingga city tour untuk menikmati keindahan Yogyakarta di malam hari.

Lokasi: Jalan Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

3. Bali

Keliling Ubud Seperti Film Eat Pray Love
Keliling Ubud Seperti Film Eat Pray Love [via]
Lupakan pantai sejenak dan gegap-gempita dari dunia malamnya Bali. Kalau kamu datang lagi ke sini, coba lakukan penjelajahan dengan sepeda saja. Datangi kawasan pegunungan bali yang masih sangat alami dan bakar lemak di tubuh sampai habis. Kamu bisa menyewa sepeda sekaligus ikut beberapa tur sepeda yang bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Bali Tidak Hanya Punya Pantai, tapi Alam Keren Untuk Dikelilingi Naik Sepeda
Bali Tidak Hanya Punya Pantai, tapi Alam Keren Untuk Dikelilingi Naik Sepeda [via]
Beberapa lokasi yang kerap dijadikan destinasi penjelajahan sepeda adalah kawasan Kintamani. Kamu bisa mendaki kawasan perbukitan untuk tiba di puncak yang mengagumkan. Selanjutnya di kawasan Ubud, kamu bisa menikmati keindahan dari sawah yang menghijau saat musim tanam. Selanjutnya kawasan Green Land Wirawana juga bisa dijadikan pertimbangan.

Lokasi: Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia

4. Kota Tua Jakarta

sepeda di kota tua jakarta
sepeda di kota tua jakarta [via]
Jakarta yang dikenal panas dan juga macetnya juga memiliki objek wisata yang cukup menarik loh. Bahkan, kamu bisa menikmatinya dengan menaiki sepeda ontel kuno yang disewakan untuk pengunjung. Setiap hari, pemilik sepeda ontel akan mangkal di sekitaran Kota Tua Jakarta untuk menawarkan sepedanya dengan harga yang bervariasi. Biasanya setiap 30 menit akan dipasang tarif sekitar Rp30.000,00-Rp50.000,00.

Keliling Kota Tua Naik Sepeda
Keliling Kota Tua Naik Sepeda [via]
Selain sepeda ontel yang berusia puluhan tahun, ada juga sepeda hias yang memiliki banyak warna. Biasanya sepeda berjenis mini ini digunakan oleh para wanita atau anak-anak yang ingin menikmati Kota Tua tanpa perlu capai jalan kaki. Nah, bagaimana? Kalau ke Jakarta lagi, jangan lupa gowes tipis-tipis di Kota Tua yuk!

Lokasi: Jalan Kali Besar Timur 4 No.29, Pinangsia, Tamansari, RT.7/RW.7, Pinangsia, Jakarta Barat, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110, Indonesia

Inilah lima tempat wisata di Indonesia yang bisa dikelilingi dengan menggunakan sepeda. Yuk, gowes biar tambah sehat!

Advertisement
Tags
wisata bali wisata jogja wisata malang wisata sepeda
Share