Unyu Sekali, Di Tempat Wisata Ini Monyet Bebas Berkeliaran

Kebun Binatang dan Taman Safari menjadi salah satu destinasi wisata satwa paling mengasyikkan. Di tempat satu ini kamu bakal dimanjakan dengan beragam satwa baik jinak maupun liar dari berbagai tempat. Ternyata, untuk melihat satwa ini bukan hanya di Kebun Binatang dan Taman Safari saja loh. Beberapa tempat wisata juga memiliki satwa lucu yang sudah beranak-pinak di tempat tersebut.

Seperti beberapa tempat wisata terkenal di bawah ini. Bukan hanya cantik dengan alamnya saja, ternyata di tempat wisata ini juga banyak dihuni oleh monyet-monyet yang dibiarkan bebas berkeliaran. Wah, mau tau tempat wisata unyu yang lengkap dengan monyetnya ini kan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Mandala Wisata Wenara Wana

Pernah dengar tempat satu ini? Nah, bagi orang asli Bali pasti tahu tempat wisata yang dihuni kurang lebih 340 ekor monyet ekor panjang satu ini. Yap, tempat wisata satu ini adalah Hutan Monyet Ubud atau lebih dikenal dengan nama Sacred Monkey Forest Sanctuary. Terletak di Ubud, Bali, Hutan Monyet ini sebenarnya merupakan cagar alam yang memiliki pemandangan cantik dan udara sejuk.

Sacred Monkey Forest Sanctuary Ubud
Sacred Monkey Forest Sanctuary Ubud [image source]
Selain dapat menikmati lucunya monyet-monyet liar di sini, ternyata di dalam Hutan Monyet juga terdapat sebuah pura sakral. Bagi kamu yang hendak berkunjung ke tempat wisata ini, hati-hati dalam membawa barang. Pasalnya, monyet di sini masih liar meski tak lagi kaget dengan kehadiran manusia. Karena itu pula, lebih baik masukkan aksesoris seperti dompet, kacamata hingga handphone ke dalam tas.

2. Wisata Alas Kedaton

Masih di area Bali, ada satu lagi tempat wisata yang juga memiliki banyak monyet berkeliaran. Ialah Wisata Alas Kedaton yang berada di Jalan Raya Alas Kedaton Kukuh, Marga. Alas Kedaton, Bali ini sendiri merupakan kawasan hutan lindung yang terdapat pepohonan dengan berbagai jenis. Di pohon itulah, hidup banyak monyet yang sudah cukup jinak dan terbiasa dengan kehadiran manusia.

Alas Kedaton
Alas Kedaton [image source]
Pun sudah terlihat jinak, monyet tetaplah binatang liar. Karena itu pula, kamu juga perlu hati-hati jika berkunjung ke wisata satwa satu ini. Lebih baik simpan barang-barang berharga dan jangan sampai kelihatan oleh monyet. Mengapa? bisa jadi barangmu bakal direbut oleh monyet-monyet nakal ini.

3. Objek Wisata Sangeh

Berlokasi di kecamatan Abiansemal, wilayah kabupaten Badung, ada satu tempat wisata yang hingga kini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan pecinta satwa. Tempat tersebut bernama Wisata Sangeh yang berlokasi tepat di desa Sangeh. Sama halnya dengan dua tempat wisata sebelumnya, di sini banyak sekali monyet yang sudah cukup lama dipelihara. Mereka dibina agar tidak terlalu liar ketika ada manusia datang mengunjungi.

Objek Wisata Sangeh
Objek Wisata Sangeh [image source]
Sebelum melihat kehidupan monyet, kamu bakal menemukan sebuah patung raksasa Rahwana yang sedang diserang oleh puluhan kerah. Konon, patung tersebut diambil dari kisah Ramayana. Di sebelah patung tersebut, juga terlihat patung singa bersama dengan kera kecil. Patung satu ini mengisahkan tentang raja hutan yang menyayangi seekor bayi kera. Bukan hanya itu, di dalam wisata ini banyak sekali pemandangan yang pastinya bakal membuatmu terpesona.

4. Uluwatu, Bali

Uluwatu menjadi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika datang ke Bali. Di tempat wisata satu ini kamu dapat melihat keindahan alam yang pastinya menakjubkan. Dari mulai laut lepas hingga pemandangan terbenamnya matahari bisa kamu nikmati di tempat wisata satu ini. Siapa sangka, ternyata Uluwatu juga menjadi satu tempat yang dihuni oleh puluhan monyet liar. Monyet di sekitar sini pun sering membuat kaget hingga merebut barang banyak wisatawan.

Monyet Uluwatu
Monyet Uluwatu [image source]
Untuk menghindari hal tersebut, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya para penjaga tempat wisata ini biasanya menawarkan beberapa makanan monyet yang bisa kamu berikan kepada monyet nakal tapi lucu ini. Well, selain menikmati keeksotisan pura dan alam Bali, kamu juga bisa melihat kehidupan monyet di sini kan?

5. Hutan Solear, Tangerang

Berpindah ke daerah Jawa, kali ini ada satu wisata satwa yang tak jauh dari pusat ibu kota. Tempat wisata satwa ini terletak di kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten. Kawasan satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang digunakan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan monyet. Ialah Hutan Solear yang sudah cukup terkenal bagi orang di sekitar kawasan tersebut.

Hutan Solear
Hutan Solear [image source]
Di Hutan Solear, kamu bisa bercengkerama dengan monyet-monyet ini. Kamu bisa membagi makanan sambil menikmati kesejukan hutan yang diketahui seluar 4,5 hektar. Jika kamu berniat untuk memberi makanan kepada monyet, tak perlu khawatir untuk membeli makanan di pasar. Pasalnya, di sekitar hutan ini sudah banyak penjaja makanan yang khusus untuk monyet.

6. Pantai Bama, Baluran

Selain Bali, Jawa Timur juga memiliki wisata satwa yang tak kalah menawan. Ialah Taman Nasional Baluran di Situbondo yang menawarkan sensasi satwa liar di habitatnya. Salah satunya adalah monyet. Monyet di Baluran sendiri bakalan banyak kamu temui ketika sampai di Pantai Bama. Berbeda dengan monyet Bali, monyet di sini nakal dan suka mencuri. Well, mungkin karena mereka masih belum terbiasa dengan kedatangan manusia.

Baluran
Baluran [image source]
Layaknya monyet liar lainnya, monyet di Baluran benar-benar membuat jengkel sekaligus menyenangkan. Mereka bakal merebut semua barang yang dipakai oleh manusia. Semua barang yang berupa makanan, pasti direbut dan akan langsung menjadi rebutan kawanan monyet. Karena itu pula, jika kamu bertandang ke sini, kamu bakalan lari terbirit-birit lantaran dikejar kawanan monyet.

Nah, itulah dia wisata satwa yang pastinya rekomended banget untuk kamu datangi di saat liburan panjang. Jangan lupa, ajak keluarga besar atau teman mu dan rasakan sensasi bercengkerama dengan satwa liar satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *