11 Tempat Wisata di Kabupaten Lombok Utara untuk Liburan yang Berwarna

Advertisement

Kabupaten Lombok Utara memiliki banyak kekayaan alam yang menyimpan potensi besar sebagai objek wisata. Jenisnya pun beragam ada air terjun, desa adat, bangunan bersejarah dan tak ketinggalan pantai-pantainya yang eksotis. Langsung saja ini dia tempat wisata di kabupaten Lombok utara yang membuat liburan wisatawan makin berwarna.

1. Tiga Gili yang Bikin Jatuh Hati

Wisata Lombok Utara [image source]
Salah satu objek wisata andalan pulau Lombok adalah Tiga Gili yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ketiga pulau kecil ini berada saling berdekatan sehingga cocok sekali untuk digunakan pengalaman liburan island hopping. Tiga gili ini dikelilingi oleh perairan yang sangat jernih dengan terumbu karang yang indah.

Wisata Lombok Utara [image source]
Kelebihan lain yang dimiliki Tiga Gili ini adalah tidak adanya kendaraan bermotor di dalam pulaunya. Sehingga tempat ini disebut-sebut sebagai salah satu destinasi wisata anti polusi yang nyaman. Sebagai gantinya disediakan rental sepeda dan juga angkutan umum tradisional bernama cidomo semacam kereta kuda. Di daratannya traveler bisa menjumpai pesta meriah sedangkan di laut, keindahan alam bawah lautnya sudah menanti.

Lokasi : Kabupaten Lombok Utara

2. Gunung Rinjani, Gunung Api Terindah Seantero Negeri

Wisata Lombok Utara [image source]
Tak lengkap liburan ke Lombok Utara tanpa mendaki Gunung Rinjani. Gunung ini secara administratif berada di tiga kabupaten yaitu kabupaten Lombok Utara, Timur dan Tengah. Status gunung Rinjani adalah gunung berapi aktif yang tertinggi kedua di Indonesia.

Wisata Lombok Utara [image source]
Gunung ini pula yang diklaim sebagai gunung dengan pemandangan terindah yang dimiliki negeri ini. Tidak hanya pemandangan dari puncak gunungnya saja yang menjulang hingga 3.726 mdpl namun sepanjang rute pendakian traveler tak henti-hentinya disuguhi pemandangan yang bikin mulut nganga.

Lokasi : Kabupaten Lombok Utara

3. Air Terjun Sendang Gile, Indahnya Gile Bener!

Wisata Lombok Utara [image source]
Pesona Gunung Rinjani tidak hanya nampak dari kawah Segara Anak ataupun pemandangan puncaknya saja namun hampir di seluruh kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani memiliki pesonanya sendiri. Salah satu yang cukup populer adalah Air Terjun Sendang Gile, sebuah air terjun nan indah di ketinggian 600 mdpl.

Wisata Lombok Utara [image source]
Air Terjun Sendang Gile adalah air terjun berketinggian 31 meter yang bisa traveler akses melalui desa Senaru. Untuk menuju ke spot air terjunnya traveler musti menuruni anak tangga sebanyak 315 buah yang bikin berkeringat. Namun sesampainya di hadapan air terjun ini rasa puas dan segar langsung terasa apalagi percikan air terjunnya yang dingin bakal mengisi energi yang telah terbuang selama perjalanan. Konon siapa saja yang membasuh muka dengan air di Air Terjun Sendang Gile bisa awet muda loh.

Lokasi : Desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat

4. Air Terjun Tiu Kelep, Dijamin Pengunjung Bakal Kepincut

Wisata Lombok Utara [image source]
Hanya berjarak satu kilometer dari air terjun Sendang Gile ada air terjun lainnya yang tak kalah cantik namanya air terjun Tiu Kelep. Air terjun ini jatuh dari atas tebing yang ditumbuhi tanaman hijau sehingga bentuknya menyerupai tirai. Dilihat dari fisiknya, kedua air terjun yang berdekatan ini memiliki rupa yang hampir sama.

Wisata Lombok Utara [image source]
Dalam beberapa tahun terakhir air terjun Tiu Kelep menjadi salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi tidak hanya oleh wisatawan domestik namun juga wisatawan mancanegara. Suasana alami sekitar air terjun memang pas untuk melepas penat dan merefresh pikiran.

Lokasi : kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat

5. Air Terjun Gangga yang Tiada Duanya

Wisata Lombok Utara [image source]
Air terjun Gangga atau terkenal juga dengan sebutan Tirta Gangga adalah air terjun cantik yang terletak di dusun Kerta, desa Genggelang, kecamatan Gangga, kabupaten Lombok Utara. Dari kota Mataram spot air terjun ini bisa ditempuh selama 1,5 jam dengan menempuh jarak sekitar 50 km. Sumber air di air terjun ini cukup menarik dengan kombinasi biru dan hijau yang jernih.

Wisata Lombok Utara [image source]
Air terjun Gangga adalah air terjun bertingkat dengan jumlah tingkatan 3 buah yang terbagi atas 2 tingkat di bagian atas dan satu tingkat berada di bawah. Sepanjang perjalanan menuju ke spot air terjun ini terdapat banyak suguhan alam yang indah berupa hamparan sawah dan hutan-hutan yang menghijau. Meski rutenya melelahkan namun semua akan terbayar lunas sesampainya di hadapan air terjun Gangga.

Lokasi : Genggelang, Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

6. Tiu Ngumbak, Air Terjun Perawan di Lombok Utara

Wisata Lombok Utara [image source]
Jika mau menikmati objek wisata yang masih alami dan belum banyak dikunjungi, arahkan kendaraanmu menuju Air Terjun Tiu Ngumbak di desa Gumantar. Meski desa Gumantar sedang naik daun sebagai salah satu pilihan tempat wisata keren di Lombok Utara namun akses yang sulit menuju ke spot air terjun membuat Tiu Ngumbak tetap terjaga keberadaannya.

Wisata Lombok Utara [image source]
Air Terjun Tiu Ngumbak memiliki ukuran tinggi 40 meter dengan debit air yang deras dan langsung menghantam bebatuan yang ada di bawahnya layaknya ombak laut yang menghantam karang. Dari sanalah kemudian nama Tiu Ngumbak diberikan pada air terjun ini.

Lokasi : desa Gumantar kecamatan Kayangan kabupaten Lombok Utara

7. Pantai Sire, Pantai Pasir Putih nan Kece

Wisata Lombok Utara [image source]
Pantai Sire layak masuk dalam daftar kunjunganmu saat liburan ke Lombok Utara. Pantai ini hanya berjarak sekitar 35 km dari kota Mataram atau tepatnya berada di desa Medana. Pantai berpasir putih ini memiliki garis pantai yang lumayan panjang dengan deretan pepohonan yang menjadi ciri khasnya.

Wisata Lombok Utara [image source]
Pantai Sire memiliki ombak yang cukup landai dan kondisi air yang jernih. Di perairan dangkalnya terlihat jelas hamparan terumbu karang cantik yang menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil berwarna-warni. Maka dari itu setiap wisatawan yang datang ke pantai ini pasti tidak sabar untuk berenang ke tengah untuk snorkelingan.

Lokasi : Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara

8. Pantai Tebing, Pantai Dengan Tebing Batu Pasir Hasil Letusan Gunung Samalas

Wisata Lombok Utara [image source]
Tidak ada salahnya mampir ke Pantai Tebing saat berlibur ke Lombok Utara. Pantai ini memang tidak memiliki pasir putih seperti yang disukai banyak wisatawan namun pantai ini tetap menarik untuk dikunjungi. Pantai Tebing berada di dusun Luk, desa Sambi Bangkol, kecamatan Gangga, kabupaten Lombok Utara.

Wisata Lombok Utara [image source]
Suasana pantainya sangat panas karena hampir tidak ada pepohonan rimbun yang tumbuh di tepi pantai. Satu-satunya tempat untuk berteduh adalah di bawah tebing batu pasir yang menjulang 20-an meter di sudut pantai. Tabing-tebing yang terdapat di pinggir pantai ini adalah material hasil letusan Gunung Samalas di tahun 1257. Gunung Samalas adalah sebutan untuk Gunung Rinjani Tua yang pernah mengalami erupsi dahsyat di masa lalu.

Lokasi : Jalan Raya Bayan, Rempek, Gangga, Lombok Utara

9. Desa Gumantar, Salah Satu Desa Adat yang Mempertahankan Tradisi Nenek Moyang

Wisata Lombok Utara [image source]
Lombok Utara memiliki Desa Gumantar yang dikenal sebagai desa adat yang masih mempertahankan tradisi nenek moyang. Desa ini pula disebut-sebut sebagai satu-satunya desa tradisional yang tersisa di kabupaten ini. Pusat kegiatan adat dilakukan di dusun Dasan Beleq.

Wisata Lombok Utara [image source]
Mayoritas penduduk desa Gumantar memeluk agama Islam sehingga suasana islami begitu kental terasa saat memasuki desa ini. Sebagai bukti bahwa agama Islam telah berkembang lama di sana adalah ditemukannya banyak situs-situs peninggalan bercorak Islam termasuk masih berdirinya dengan kokoh masjid kuno di desa tersebut. Desa ini menjadi salah satu daya tarik kunjungan wisatawan dari berbagai daerah.

Lokasi : Desa Gumantar, kayangan, Kabupaten Lombok Utar

10. Masjid Kuno Bayan, Situs Peninggalan Islam di Lombok Utara

Wisata Lombok Utara [image source]
Islam masuk ke Lombok sudah sangat lama sekali, tak heran meski lokasinya bertetanggaan dengan Bali namun Islamlah yang berkembang pesat bukannya Hindu. Salah satu peninggalan Islam di pulau Lombok bisa dijumpai di Lombok Utara tepatnya di desa Bayan, kecamatan Bayan. Peninggalan tersebut berupa sebuah masjid kuno bernama Masjid Kuno Bayan.

Wisata Lombok Utara [image source]
Masjid Kuno Bayan adalah masjid tertua di Lombok yang dimiliki masyarakat Bayan di Lombok Utara. Masyarakat Bayan sendiri kerap melakukan berbagai upacara tradisional yang mengundang perhatian turis lokal hingga mancanegara. Upacara tersebut umumnya dilakukan di kawasan masjid ini maka tak heran jika Masjid Kuno Bayan mulai dikenal luas.

Lokasi :  Jalan Labuan lombok, desa Bayan, kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara

11. Lokok Piko

Tempat Wisata Pantai Loko Piko Lombok Utara [image source]
Pantai  Lokok Piko sekarang sudah semakin terkenal saja, bahkan banyak bule datang untuk melihat langsung pesona ombak tenang menghantam bibir pantai. Kamu jangan mau kalah, ayok leburan ke sini secepatnya. Suasananya begitu nyaman, pasir pantai nampak putih kemudian ada pepohonan lebat pembawa kesejukan. Berbagai kegiatan seru tentu sudah menunggumu, seperti snorkeling, berenang, hingga diving mengintip terumbu karang dan kehidupan bawah laut lombok yang eksotis.

Tempat Wisata Pantai Loko Piko Lombok Utara [image source]
Lokaso : Kabupaten Lombok Utara

Jika suatu hari kamu liburan ke Pulau Lombok jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di kabupaten Lombok Utara tersebut ya. Kalau kamu punya rekomendasi tempat keren lain di sana yang belum masuk daftar Travelingyuk, kalian bisa ikut membantu melengkapinya dengan cara menuliskannya di kolom komentar.

Advertisement
Tags
Air Terjun Indonesia Lombok Utara NTB
Share