10 Tempat Wisata Kabupaten Lombok Tengah yang Paling Wah

Lombok Tengah adalah nama sebuah kabupaten yang terletak di tengah pulau Lombok diapit oleh kabupaten Lombok Barat serta Lombok Timur. Daerah inilah yang pada kesempatan ini akan Travelingyuk jelajahi sekaligus menguak kekayaan wisata yang dimilikinya.

Kabupaten yang beribukota di Praya ini memang memiliki lebih banyak pantai keren yang telah dikembangkan sebagai tujuan wisata dibanding daerah lain di pulau yang sama. Selain itu ada pula pilihan wisata petualangan ke Gunung Rinjani serta wisata budaya ke desa adat. Inilah 10 tempat wisata yang paling wah di kabupaten Lombok Tengah.

1. Mencumbu Keindahan Air Terjun Benang Kelambu

Lombok Tengah punya air terjun yang unik dan indah namanya air terjun Benang Kelambu. Dinamakan demikian karena air terjun yang jatuh dari ketinggian 40 meter ini menyerupai kelambu putih yang memanjang. Terjunan airnya pun sangat halus sehingga pengunjung tidak akan kesakitan saat bermain di bawah terjunannya langsung.

Air terjun Benang Kelambu bisa traveler temukan di desa Aik Berik. Cara mengaksesnya harus dengan trekking melintasi medan yang terjal. Air terjun ini membentuk 2-3 tingkatan dengan dinding tebing yang subur ditumbuhi oleh tanaman hijau. Keadaan seperti itu yang membuat lingkungan sekitar air terjun Benang Kelambu terasa makin sejuk dan asri.

2. Menenangkan Pikiran A La Air Terjun Benang Stokel

Sekitar 30 menit berjalan kaki dari spot air terjun Benang Kelambu traveler akan menjumpai air terjun lain bernama Benang Stokel yang tak kalah indah. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Rinjani sekitar ketinggian 552 mdpl. Nikmati suasana alami yang bisa mengisi ulang energimu yang telah terkuras selama perjalanan menuju ke lokasi.

Dalam bahasa Sasak, Benang Stokel memiliki arti segumpal benang yang merujuk pada bentuk air terjun yang mirip dengan juntaian benang yang diikat menjadi satu. Air terjun Benang Stokel juga memiliki 3 tingkatan yang posisinya sejajar. Dilengkapi dengan hadirnya tanaman hijau yang tumbuh melekat di dinding tebing menjadikan pemandangan sekitar air terjun ini terlihat makin fotogenik.

3. Di Lombok Tengah Wisatawan Bisa Berjemur di Pantai Kuta

Pantai Kuta dikenal sebagai pusat berkumpulnya bule berjemur di Bali, ternyata di kabupaten Lombok Tengah juga ada pantai dengan nama Kuta. Pantai ini berada di desa Kuta yang berjarak 1,5 hingga 2 jam perjalanan dari kota Mataram. Pantai Kuta di Lombok ini memang tidak seluas yang di Bali namun pantai ini punya pasir putih yang bersih dan menawan.

Warga setempat menyebut pantai Kuta sebagai pantai Seneq. Dalam beberapa tahun terakhir jumlah kunjungan wisata ke pantai ini terus meningkat yang berasal baik dari dalam negeri hingga wisatawan asing. Pantai ini termasuk pantai selatan sehingga punya ombak yang lumayan bagus untuk kegiatan surfing. Pun demikian alam bawah laut pantai ini tak bisa dipandang sebelah mata, cobalah snorkeling di sana untuk melihat keindahan biota lautnya.

4. Pantai Selong Belanak, Pantai Paling Populer di Lombok Tengah

Selain pantai Kuta, nama pantai Selong Belanak juga tak bisa dikesampingkan sebagai salah satu destinasi paling populer di daerah tersebut. Pantai ini punya garis pantai yang panjang dengan perbukitan dai kanan dan kirinya. Menariknya di pantai ini traveler bisa melakukan surfing sekaligus snorkeling dengan nyaman.

Meski letaknya di bagian selatan yang menghadap Samudera Hindia namun pantai Selong Belanak tetap aman untuk berenang dan snorkeling di salah satu sudutnya. Wisatawan yang tertarik berkunjung ke pantai ini bisa langsung tancap gas menuju ke desa Mekarsari, kecamatan Praya Barat yang bisa ditempuh selama 2 jam dari pusat kota Mataram.

5. Siap-Siap Tertegun Menyaksikan Keindahan Pantai Mawun

Pantai Mawun adalah pilihan wisata alternatif untuk traveler yang tidak suka keramaian. Lokasi pantai ini berada di dekat Pantai Selong Belanak hanya sekitar 10 menit perjalanan saja. Secara administratif Pantai Mawun berada di wilayah desa Tumpak, kecamatan Pujut, kabupaten Lombok Tengah.

Pantai Mawun punya pasir pantai yang putih dan air laut berwarna biru jernih. Hanya saja pantai ini menghadap ke Samudera Hindia sehingga bagi para pengunjung yang mau berenang sebaiknya tetap selalu waspada dengan kehadiran ombak yang besar. Dibanding pantai Selong Belanak, pantai Mawun lebih sepi sehingga cocok untuk traveler yang suka menyendiri.

6. Pantai Tanjung Aan, garis Pantainya Terpanjang di Lombok

Kembali lagi ke desa Kuta, kecamatan Pujut traveler bisa mengunjungi Pantai Tanjung Aan. Pantai ini sangat unik karena memiliki dua jenis pasir yang berbeda. Pada satu sisi pasir pantai ini berupa butiran halus berwarna putih sedangkan pada sisi yang lain butirannya kasar dan menyerupai merica yang membuatnya dikenal pula dengan nama Pantai Merica.

Pantai Tanjung Aan memiliki garis pantai yang terpanjang di Lombok. Saking panjangnya masyarakat setempat sampai membaginya menjadi tiga bagian dengan nama yang berbeda pula antara lain pantai Cemara, pantai Batu Kotak, dan pantai Orong Pandan. Kebanyakan pengunjung yang datang menghabiskan waktunya dengan berjemur dan berenang di pantai ini.

7. Pantai Batu Payung, Terkenal Gara-Gara Sebuah Iklan

Ada satu pantai yang lagi hits dalam beberapa waktu terakhir lantaran pernah digunakan sebagai lokasi syuting iklan sebuah produk, namanya Pantai Batu Payung. Pantai ini berupa lempengan karang yang menyembul di tengah laut dengan dengan batu karang tinggi yang katanya menyerupai sebuah payung.

Menikmati pantai ini tergantung pada pasang surut air laut. Saat surut pantai ini bisa diakses dengan trekking lewat bukit di ujung pantai Tanjung Aan atau alternatif lainnya yaitu dengan menyeberang menggunakan perahu. Pantai Batu Payung dikenal sebagai spot cantik untuk menangkap keindahan matahari terbenam.

8. Pantai Gerupuk, Destinasi Pantai yang Memanjakan Peselancar

Pantai Gerupuk adalah spot surfingnya para peselancar dunia. Pantai yang terletak di desa Gerupuk, kecamatan Lombok Tengah ini memiliki 5 spot selancar untuk para pemula hingga tingkat mahir. Ketinggian ombak di pantai ini pun beragam mulai dari yang landai hingga mencapai 3 meter lebih.

Waktu terbaik mengunjungi pantai Gerupuk adalah pada rentang bulan Oktober hingga April dimana ombak akan mencapai pada ketinggian maksimal. Namun buat pengunjung yang tidak bisa surfing bisa bersantai di pinggir pantai sambil bermain air dan pasir.

9. Melajar Menenun di Desa Sukarara

Selain menikmati keindahan alamnya traveler yang berlibur ke Lombok Tengah pantang melewatkan wisata budaya. Salah satu pilihannya adalah dengan berkunjung ke Desa Sukarara, sebuah desa kecil yang menjadi salah satu pusat kerajinan tenun tradisional alias songket di Lombok.

A photo posted by @elvinmarwady on

Desa Sukarara berjarak sekitar 25 kilometer dari kota Mataram yang bisa dijangkau dengan kendaraan dan memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Sebagian besar penduduk wanita yang tinggal di desa ini bekerja sebagai penenun, sebuah keahlian yang mereka warisi dari nenek moyang. Traveler yang berkunjung bisa berkesempatan belajar menenun hingga berbelanja kain songket dan pernak-pernik lain di desa ini.

10. Desa Sade, Perkampungan Suku Sasak, Suku Asli Pulau Lombok

Tujuan terakhir yang tak boleh terlewatkan saat liburan di Lombok Tengah adalah desa wisata Sade, sebuah dusun yang terletak di desa Rembitan, kecamatan Pujut. Perkampungan suku Sasak ini terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Mataram dengan kawasan selatan Lombok.

A photo posted by #ExploreNTB (@explore.ntb) on

Desa wisata Sade dihuni oleh suku Sasak yang masih mempertahankan tradisi nenek moyang. Yang menarik dari perkampungan ini adalah rumah tradisional suku Sasak yang dipel menggunakan kotoran sapi akan terlihat kinclong. Traveler yang datang bisa membeli banyak suvenir dan juga kain songket hasil karya masyarakat Suku Sasak.

Sebetulnya masih banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Lombok Tengah terutama pantainya. Untuk membahas pantai-pantai di kabupaten ini yang sangat banyak Travelingyuk akan membuatkan sesi tersendiri nanti. So, buruan rencanakan liburan ke Lombok Tengah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *