Wisata Gorontalo yang Indahnya Bikin Galau

Boleh deh kamu ngaku anti galau dengan sesuatu tentang percintaan, tapi apakah kamu masih bisa tegar jika melihat tempat-tempat keren di Gorontalo Berikut ini? Gorontalo awalnya merupakan sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Sulawesi Utara. Kemudian dimekarkan untuk menjadi provinsi tersendiri. Salah satu sektor andalan yang menarik sudah pasti adalah tempat wisatanya.

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika wilayah Indonesia timur menyimpan begitu banyak pesona khususnya bahari dan kehidupan bawah laut. Pantai-pantai dengan ombak tenang dan laut berwarna biru selalu bisa menjadi magnet yang kuat untuk menarik para wisatawan. Tak terkecuali juga dengan Gorontalo. Biar kamu nggak semakin penasaran, simak deretan wisata Gorontalo di bawah ini ya.

1. Pulo Cinta Eco Resort

Pulo Cinta [image source]
Resort ini dibangun di atas laut dekat dengan pulau kecil berpasir putih. Mirip dengan penginapan di Maladewa gitu. Selain bersantai di dalam kamar yang terasnya langsung menghadap laut, kamu bisa berenang bahkan juga menyelam. Sudut-sudut Pulau Cinta Eco resort juga nampak fotogenic cocok dijadikan lokasi bulan madu. Dari pelabuhan terdekat, kamu akan dibawa dengan boat selama 20 menit. Ada fasilitas seperti TV bahkan juga wifi.

Lokasi : Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo

2. Taman Laut Olele

Taman laut Olele [image source]
Kawasan ini memiliki keragaman hayati bawah laut yang banyak. Terumbu karang tumbuh dengan berbagai bentuk, warna dan ukuran. Belum lagi ikan dan binatang lainnya. Pantai Olele sering didatangi para wisatawan untuk menyelam. kamu harus menempuh perjalanan sekitar 20 km dari pusat Kota Gorontalo jika ingin ke sini. Dengan kendaraan seperti mobil butuh waktu hingga 21 menit hingga kamu bisa benar-benar melihat hamparan laut biru yang menggoda. Beberapa penyelam bahkan mengatakan bahwa ada biota laut khas Olele yang tidak ditemukan di tempat lainnya.

Lokasi : Desa Olele Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango

3. Batudaa Pantai

Batudaa Pantai [image source]
Batudaa Pantai adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Gorontalo. Terkenal karena keindahan pantainya yang memiliki ombak cantik dengan kota pelabuhan. Kamu bisa melihat deretan perahu nelayan baik yang tertambat maupun di tengah lautan. Kamu bisa menyewa salah satunya untuk mengantarkanmu berkeliling. Atau kalau tidak bermain pasir pantai saja, nggak kalah seru kok.

Lokasi : Kecamatan Baatudaa Pantai, Gorontalo

4. Pulau Bugisa

Pulau Bugisa [image source]
Gorontalo merupakan provinsi yang memiliki kekayaan berupa pulau-pulau kecil yang indah. Ada sekitar 123 pulau keren yang butuh perhatian. Hingga saat ini destinasi yang dipromosikan masih sedikit. Misalnya saja Pulau Bugisa yang memiliki garis pantai yang panjang. Ketika air laut surut kamu bisa melihat pasir timbul yang cantik dengan latar belakang laut serta pepohonan di pulau. Selain sebagai tempat wisata, bersama dengan lokasi lain di Gorontalo, Pulau Bugisa adalah kawasan konservasi yang harus dilindungi.

Lokasi : Pulau Bugisa, Gorontalo Utara

5. Ponelo Kepulauan

Ponelo Kepulauan [image source]
Ponelo Kepulauan adalah daerah yang masuk dalam wilayah Kabupaten Gorontalo Utara. Sebagian besar masyarakatnya adalah nelayan. Kamu bisa datang ke sini untuk melihat bagaimana kehidupan nelayan setempat. Atau mengarungi laut dan menelusuri pantai-pantai di Ponelo Kepulauan. Saat ini sudah ada kapal tongkang untuk menyeberangkan masyarakat dan wisatawan yang ingin datang.

Lokasi : Kecamatan Ponelo Kepulauan, Gorontalo Utara.

6. Pantai Bulontio

Pantai Bulontio [image source]
Pantai Bulontio terletak di Kecamatan Sumalata. Ternyata tempat ini mampu membuat siapapun yang mendatanginya jadi puas dan selalu kangen untuk kembali karena memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Areanya masih sangat sepi dengan pasir pantai yang sangat panjang. Kamu bisa melihat Ombak yang begitu tenang dengan semilir angin berhembusan. Di kejauhan ada punggung bukit hijau serta lautan luas.

Lokasi : Desa Bulontio, Kecamatan Sumalata, Gorontalo Utara

7. Benteng Otanaha

Otanaha [image source]
Otanaha adalah nama sebuah benteng yang berdiri megah dan indah di atas sebuah bukit. Warna batu-batu yang membentuk dinding memang sudah nampak usang serta kuno. Namun hingga saat ini kawasan bersejarah ini tetap terjaga agar bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya. Pembangunan pertama Benteng Otanaha diperkirakan terjadi sekitar tahun 1522. Dari puncaknya, kau bisa melihat Gorontalo yang indah. Hamparan bukit-bukit hijau yang berbatasan dengan lautan.

Lokasi : Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

8. Botubarani

Botubarani [image source]
Gorontalo adalah tempat yang istimewa karena kamu bisa berenang dengan spesies ikan terbesar yaitu hiu paus. Binatang ini sempat dikabarkan hilang dari perairan Gorontalo tepatnya di sekitar Botubarani. Namun sejak beberapa bulan yang lalu, Hiu paus nampak muncul kembali. Para wisatawan bisa datang untuk melihat langsung dengan mata kepala sendiri. Bahkan jika beruntung dapat memegang while shark di Gorontalo.

Lokasi : Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo

9. Pulau Monduli

Pulau Monduli [image source]
Sebagai negara maritim, perairan Indonesia patut diperhitungkan sebagai lokasi memancing yang menantang. Ada banyak spot memancing, salah satunya adalah Gorontalo. Terutama di Pulau Monduli. Ada banyak ikan yang hidup di sini dengan potensi perairan territorial kurang lebih 17.000 ton per tahun. Puas memancing, kamu bisa menikmati hamparan pasir putih yang panjang dan luas.

Lokasi : desa Botumoito Kec. Botumoito Kab. Boalemo Provinsi Gorontalo

10. Taman Wisata Lombongo

Taman Wisata Lombongo [image source]
Inilah taman wisata yang seru untuk dikunjungi bersama keluarga. Kamu bisa piknik sambil menikmati kuliner yang ada. Atau ketika tubuh sudah terlalu penat, cobalah untuk berdendam di pemandian air panasnya. Badan dan pikiran dijamin akan lebih segar. Ada danau yang luas dan tersedia perahu jika kamu ingin mengarunginya sambil menikmati semilir udara sejuk.

Lokasi : Desa Lombongo, Kecamatan Suwana, Kabupaten Bone Bolango.

11. Pulau Saronde

Pulau Saronde [image source]
Pulau Saronde memiliki perairan laut yang jernih berwarna biru. Meski pulaunya tidak terlalu luas namun kecantikan baharinya sungguh menawan. Perjalanan menuju ke Pulau Saronde memakan waktu hingga 2 jam dari pusat Kota Gorontalo. Dengan menyeberangi lautan terlebih dahulu. Jika kamu betah berlama-lama di sana ada fasilitas penginapan berupa cottage.

Lokasi : Kecamatan Ponelo, Kabupaten Gorontalo utara.

Itulah beberapa destinasi wisata di Gorontalo, jangan terlalu galau ya! Mendingan langsung atur jadwal menuju ke sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *