Wisata di Ngawi, Petik Teh Hingga Nikmati Keindahan Air Terjun Pengantin

Pernah berkunjung ke Ngawi? Atau pernah melewati perjalanan dan melewati kabupaten kecil satu ini? Well, bagi traveler yang sering memakai transportasi kereta api pasti pernah melewati kabupaten di Jawa Timur ini. Tak seperti Malang dan Surabaya, Ngawi memang sangat kecil. Bahkan di kota ini sangat susah ditemui bangunan pencakar langit seperti di Jakarta.

Pun kecil bukan berarti Ngawi tak punya apa-apa. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten di Jawa Tengah ini memilih sejuta keindahan alam yang tak ada duanya. Bahkan beberapa destinasi wisatanya terkenal banget di Indonesia. Nah, bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke Ngawi, berikut destinasi cantik yang bakal membuatmu betah berlama-lama di kota Bambu satu ini!

1. Kebun Teh Jamus, Sine

Kebun Teh
Kebun Teh [image source]
Kebun Teh Jamus, salah satu destinasi wisata paling terkenal di Ngawi. Wisata cantik yang terletak di pegunungan ini berada di kawasan dusun Jamus, desa Girikerto, kecamatan Sine. Kebun teh yang sudah ada sejak zaman kolonial belanda ini memiliki ribuan pohon teh tua yang terkenal enaknya. Seperti kebun teh pada umumnya, objek wisata ini berbentuk undak-undak. Karena bentuknya tersebut, banyak pengunjung yang menghabiskan waktu mereka untuk berfoto cantik bersama dengan ratusan pohon teh. Selain kebun teh yang aduhai, di destinasi wisata ini terdapat beberapa spot permainan menarik mulai dari flying fox, melihat proses pembuatan teh hingga bermain air di Sumber Mata Air Lanang. Mengasyikkan bukan?

Kebun Teh Jamus
Kebun Teh Jamus [image source]
Lokasi : Girikerto, Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

2. Situs Purbakala di Museum Trinil

Museum Trinil Ngawi
Museum Trinil Ngawi [image source]
Kamu yang suka dengan wisata bersejarah, jangan sampai lewatkan situs purbakala di Museum. Di Museum ini banyak menceritakan sejarah manusia purba yang ada di Ngawi. Museum Trinil sendiri terletak sekitar 12 km sebelah barat dari pusat kota Ngawi. Di museum ini berisi sejarah manusia puba beserta kehidupannya yang ditemukan oleh arkeologis Belanda bernama Eugene Dubois pada tahun 1891 hingga 1892. Selain situs bersejarah, di museum ini juga menawarkan pemandangan cantik dari Sungai Solo dari ketinggian. Wah, selain mempelajari situs bersejarah, bisa foto cantik dengan latar sungai Solo nih!

Museum Trinil
Museum Trinil [image source]
Lokasi : Pilang, Kawu, Kedunggalar, Kawu, Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

3. Benteng Van Den Bosch, Ngawi

Benteng Van Den Bosch
Benteng Van Den Bosch [image source]
Selain Museum Trinil, ada satu lagi destinasi wisata Ngawi yang sangat bersejarah. Ialah Benteng van Den Bosch atau juga dikenal dengan nama Benteng Pendem ini digunakan oleh Belanda sebagai benteng untuk mempersempit ruang gerak Pangeran Diponegoro. Seperti bangunan tua lainnya, di benteng yang memiliki arsitektur cantik ini sudah terlihat kusam. Namun, karena itu pula pengunjung mendatangi benteng bersejarah ini. Daya tarik Benteng ini membuat banyak penduduk sekitar menggunakannya sebagai spot foto prewedding.

Benteng Van Den Bosch Ngawi
Benteng Van Den Bosch Ngawi [image source]
Lokasi :  di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.

 

4. Waduk Pondok Pelepas Rasa Jenuh

Waduk Pondok
Waduk Pondok [image source]
Berada di dataran tinggi, tentu saja Ngawi tak memiliki pantai. Pun demikian, bukan berarti kabupaten cantik satu ini tak memiliki wisata air. Tak kalah cantik dengan deburan pantai, ada satu destinasi wisata yang sangat populer di kabupaten ini. Ialah Waduk Pondok yang terletak 6 km dari pusat kota. Siapa pun yang datang ke destinasi wisata ini bakal dimanjakan dengan hamparan air dan juga perbukitan hijau sepanjang mata memandang. Selain memandang waduk, ternyata di destinasi wisata ini juga dapat dikelilingi dengan perahu atau jet ski. Pemandangan waduk pun makin sempurna jika matahari mulai terbenam. Jika berkunjung ke Ngawi, pastikan kunjungi waduk satu ini ya!

Waduk Pondok Ngawi
Waduk Pondok Ngawi [image source]
Lokasi : Desa Gandong, Suruh, Dampit, Kenongorejo Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi Propinsi Jawa Timur.

 

 

5. Keindahan Alam di Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin
Air Terjun Pengantin [image source]
Pernah dengar nama Air Terjun Pengantin bukan? Bukan judul film yang tayang pada tahun 2009 lalu, melainkan air terjun yang menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Ngawi. Terletak di dusun Besek desa Hargomulyo kec. Ngrambe, air terjun ini dulunya dikenal dengan nama Grojokan Ndungji/Jumog. Karena aliran airnya terbagi menjadi dua buah, Grojokan Ngdungji ini berubah nama menjadi Air Terjun Pengantin. Tak kalah dengan air terjun lainnya, destinasi wisata di Ngawi ini juga cantik banget. Selain pemandangan bebatuan di bawah air terjun, rerumputan di tebing pun menjadi pemandangan indah favorit pengunjung.

Air Terjun Pengantin di Ngawi
Air Terjun Pengantin di Ngawi [image source]
Lokasi : Sabrang RT.03 / RW.01, Hargomulyo, Ngrambe, Hargomulyo, Ngrambe, Kabupaten Ngawi

6. Air Terjun Srambang

Air Terjun Srambang
Air Terjun Srambang [image source]
Bukan hanya Air Terjun Pengantin saja yang terkenal di Ngawi. Namun destinasi wisata cantik bernama Air Terjun Srambang satu ini juga sangat populer di kalangan traveler Ngawi bahkan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Air Terjun yang berada di kaki Gunung Lawu ini menjadi salah satu tempat paling memesona di kawasan Tawangmangu di Karanganyar. Bagaimana tidak, air terjun ini tersembunyi di balik hutan pinus. Untuk mencapai air terjun ini pun butuh perjuangan berat dengan menempuh jalan terjal dan berliku. Kendati jalannya dalam kondisi buruk, pemandangan untuk mencapai air terjun ini bakal membuatmu terbelalak loh.

Air Terjun Srambang Ngawi
Air Terjun Srambang Ngawi [image source]
Lokasi : Girimulyo, Jogorogo, Hutan Jogorogo, Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

7. Selondo, Spot Instagram-able Ngawi yang Populer Banget

Selondo, Jogorogo, Ngawi
Selondo, Jogorogo, Ngawi [image source]
Terletak di desa Ngrayudan, Kecamatan Jogoroyo, Selondo menjadi spot paling asyik untuk foto genik. Di destinasi wisata ini bukan hanya bisa menikmati udara sejuk pegunungan tapi juga ada areal 3 hektar yang berisi beragam spot menarik seperti kolam renang dan juga restoran kecil. Tak hanya itu, destinasi wisata ini juga memiliki aliran air yang jernih dan menyejukkan. Nah, destinasi wisata ini sangat cocok digunakan untuk lokasi foto prewedding loh. Menarik kan?

Selondo, Jogorogo
Selondo, Jogorogo [image source]
Kabupaten Ngawi boleh saja kecil, tapi di dalamnya banyak sekali tempat cantik dengan pesona yang tak ada duanya. Nah, kapan nih kamu ke Ngawi?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *