Eksplorasi Tempat Keren di Bekasi Lewat 10 Wisata yang Elok Ini

Seberapapun banyak foto-foto keren dari Bekasi yang tersebar di media sosial selalu saja ada yang menganggap itu hasil rekayasa photoshop. Namun tak sedikit pula traveler yang telah membuktikan dengan datang sendiri ke lokasi dan mengatakan jika Bekasi memang masih memiliki tempat eksotis. Tempat-tempat mana saja yang layak untuk dijadikan lokasi liburan akhir pekan di Bekasi? Berikut daftar tempat yang dikumpulkan Travelingyuk untuk traveler semua.

1. Pantai Muara Beting, Pantai yang Asri dengan Hutan Bakau yang Luas

Pantai Muara Beting [image source]
Siapa bilang Bekasi tidak punya obyek wisata pantai. Berada di ujung utara tepatnya di desa Pantai Bahagia, kecamatan Muara Gembong terdapat Pantai Muara Beting. Pantai ini berjarak sekitar 42 kilometer dari pusat kota dengan akses yang mudah dijangkau.

Pantai Muara Beting [image source]
Pantai Muara Beting merupakan kawasan cagar alam dengan hutan bakau yang tumbuh subur di pesisirnya. Di dalamnya tinggal aneka jenis satwa burung dan primata serta tak ketinggalan buaya rawa. Tempat ini cocok untuk dijadikan tempat berlibur di akhir pekan.

Lokasi :Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi Bar, Bekasi, Jawa Barat

2. Pantai Muara Gembong, Sisi Lain Bekasi yang Tenang

Muara Gembong [image source]
Selain Pantai Muara Beting, di kecamatan Muara Gembong juga ada pantai lain bernama Pantai Muara Gembong. Pantai yang satu ini letaknya di desa Pantai Sederhana. Karakteristik pantainya mirip dengan Muara Beting, ombak yang tenang serta hutan mangrove yang tumbuh subur.

Pantai Muara Gembong [image source]
Pantai Muara Gembong dijadikan warga sekitar sebagai tempat untuk budidaya tambak udang, ikan dan rumput laut. Hutan bakau yang ada di sekitar pantai juga menjadi tempat tinggal bagi aneka macam fauna seperti burung-burung lokal dan lutung hitam. Kalau akhir pekan, pantai ini jadi jujugan warga Bekasi yang mencari ketenangan.

Lokasi :  Muara Gembong, Pantai Bahagia, Bekasi Bar., Bekasi, Jawa Barat

3. Jangan Melupakan Sejarah Biar Jadi Bangsa yang Besar, So, Saung Ranggon Wajib Kamu Sambangi Saat di Bekasi

Saung Ranggon [image source]
Bekasi termasuk salah satu daerah tertua di Pulau Jawa yang telah menjadi pusat pemerintahan sejak zaman Kerajaan Tarumanegara. Traveler bisa melakukan napak tilas ke bangunan tertuanya yang masih ada hingga kini yaitu Saung Ranggon.

Saung Ranggon [image source]
Saung Ranggon terletak di kampung Cikedokan, desa Cikedokan, kecamatan Cikarang Barat. Katanya ini adalah bangunan tertua yang berada di kabupaten Bekasi. Menurut sejarah bangunan ini dibangun oleh Pangeran Rangga, putra Pangeran Jayakarta, sekitar abad ke-16. Awalnya bangunan ini digunakan sebagai tempat menunggu tanaman pertanian yang akan dipanen. Bentuknya yang berupa rumah panggung bertujuan untuk melindungi penunggu saung dari serangan hewan buas.

Lokasi : Saung Ranggon, Bar.,, Cikarang Sel., Cikedokan, Cikarang Bar., Bekasi, Jawa Barat

4. Danau Cibeureum, Tempat Asyik Untuk Bersantai Bak di Pantai

Danau Cibeureum  [image source]
Kalau kamu rasa pergi ke pantai di Bekasi terlalu jauh maka sebagai gantinya kamu bisa berkunjung ke Danau Cibeureum. Danau seluas 2 hektar ini terletak di desa Lambang Sari dan Lambang Jaya, kecamatan Tambun atau berada di dekat perumahan Grand Wisata.

Danau Cibeureum [image source]
Tempat ini sering digunakan untuk tempat nongkrong berbagai komunitas yang ada di Bekasi lantaran suasananya lebih adem ketimbang di pusat kota yang panas dan sesak. Di tengah danau ini terdapat pulau kecil yang cukup kece untuk foto bareng-bareng teman atau selfie.

Lokasi : Lambangjaya, Tambun Sel., Bekasi, Jawa Barat

5. Taman Buaya Indonesia Jaya, Ayo Mengenal Lebih Dekat Jenis Reptil Satu ini di Pusat Penangkarannya

Taman Buaya Bekasi [image source]
Meski ganas, buaya mempunyai daya tarik sendiri untuk dipelajari buktinya setiap ada penangkaran buaya yang juga menyajikan aneka atraksi, tribunnya selalu ramai dipenuhi pengunjung tak terkecuali Taman Buaya Indonesia Jaya yang berada di Bekasi ini.

Taman Buaya Bekasi [image source]
Taman Buaya Indonesia Jaya dibangun pada tahun 1990 sebagai tempat penampungan sekaligus penangkaran buaya. Di tempat ini pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 30 ribu langsung bisa melihat proses penangkaran buaya sejak masih dalam bentuk telur hingga dewasa. Pada akhir pekan, obyek wisata di Jalan Raya Serang Cibarusah, Desa Sukaragam, Bekasi selalu menggelar pertunjukan manusia melawan buaya yang menegangkan.

Lokasi : Jl. Raya Serang – Cibarusah KM.3, Sukaragam, Serang Baru, Bekasi, Jawa Barat

6. Curug Parigi, Niagara Mini di Bekasi

Curug parigi [image source]
Pernah dengan nama TPA Bantar Gebang? Yap tempat pembuangan sampah akhir warga Jakarta dan sekitarnya ini berlokasi di Bekasi. Namanya pembuangan sampah pasti keadaannya tetap kumuh dan bau, tapi di sekitar kawasan Bantar Gebang ada surga tersembunyi yang jarang traveler ketahui.

Curug parigi [image source]
Tempat tersebut berupa kloningan air terjun Niagara dalam ukuran yang lebih mini dan dinamakan Curug Parigi. Curug ini lagi tren di kalangan instagramer, mereka sering datang ke lokasi pada sore hari. Paduan sinar matahari senja dan derasnya aliran air terjun menjadikannya seperti Niagara sungguhan. Datangnya pas musim hujan ya gaes!

Lokasi : : Cikiwul, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat

7. Senja di Danau Marakash Nampak Sempurna Untuk Diabadikan Dengan Kamera

Danau Marakash [image source]
Danau Marakash terletak di kompleks perumahan Permata Ungu, Bekasi. Lokasinya lumayan sepi dari hingar bingar perkotaan sehingga setiap sore tempat ini dijadikan warga Bekasi untuk bersantai menyambut senja yang menawan di tepi danau.

Danau Marakash [image source]
Sembari menikmati matahari yang perlahan turun di ujung barat, traveler bisa melakukan hal-hal seperti memancing, kulineran atau sekedar bercengkerama dengan teman atau keluarga. Tempat ini juga menjadi jujugan anak muda untuk ngabuburit saat bulan puasa.

Lokasi ; Jl. Sejahtera No.53, Bahagia, Babelan, Bekasi, Jawa Barat

8. Piramida Terbalik Summarecon, Tempat Terngehits Buat Foto di Bekasi

Piramida terbalik [image surce]
Bekasi punya landmark ikonik yang tengah hits belakangan ini yaitu Piramida Terbalik Cummarecon. Awalnya monumen buatan Imam Ashar, pemenang sayembara ikon Summarecon ini dibangun sebagai bagian dari penataan kawasan perumahan elit di Bekasi.

Piramida terbalik [image surce]
Bentuknya yang mirip dengan piramida di depat Museum Louvre, Paris, Prancis ini menjadi daya tarik sendiri bagi warga Bekasi dan juga wisatawan yang datang ke kota tersebut. Setiap hari banyak traveler yang menyempatkan waktunya untuk datang ke monumen ini dan berfoto dengan latar belakang piramida terbalik tersebut.

Lokasi : Sentra Summarecon Bekasi, Jl. Boulevard Ahmad Yani Blok M, Bekasi Utara, Marga Mulya, Bekasi, Jawa Barat

9. Hutan Kota Jadi Pelipur Lara Kala Suasana Hati Sedang Sumpek

Hutan Kota Bekasi [image source]
Tinggal di kota besar yang penuh gedung dan perumahan yang saling berdesakan belum lagi lalu lintas yang semrawut ditambah suhu udara yang panas pasti cepat sekali memancing stress kebanyakan orang. Itulah kenapa Hutan Kota Bekasi ada, fungsinya untuk ngadem dari semrawutnya kehidupan di kota.

Hutan Kota Bekasi [image source]
Hutan Kota bisa traveler temukan di Jalan Raya Veteran, Margahayu di Bekasi Selatan. Keberadaannya menjadi destinasi wisata alternatif yang murah meriah dan sangat representatif untuk dijadikan tempat ngumpul dan bersantai. Di Hutan Kota ini banyak tumbuh pepohonan besar yang rindang serta area jogging yang nyaman.

Lokasi : Jl. Durian 8, Wanasari, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat

10. Gedung Juang 1945, Saksi Bisu Perjuangan Warga Tambun

Gedung Juang [image source]
Gedung Juang 1945 yang terletak di telah menjadi saksi bisu perjuangan warga Bekasi khususnya Tambun dalam mempertahankan kemerdekaan RI. Hal tersebut makin diperjelas dengan cerita yang tertuang dalam puisi karya Chairil Anwar berjudul Karawang-Bekasi.

Gedung Juang [image source]
Sebelumnya Gedung Juang 45 ini bernama Gedung Tinggi bergaya neoklasik dan dibangun oleh tuan tanah Kow Tjing Kie pada tahun 1910. Gedung ini pernah dijadikan sebagai pusat kekuatan pasukan republik Indonesia selama revolusi fisik. Traveler bisa menemukan bangunan bersejarah ini di kecamatan Tambun Selatan, kabupaten Bekasi.

Lokasi : Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Itulah daftar tempat-tempat menarik di Bekasi yang layak untuk traveler kunjungi. Terbukti kan jika daerah ini masih memilih tempat yang “manusiawi” untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi. Ayo temukan tempat-tempat kece lain di Bekasi, setelah itu share via komentar di bawah ini. Next

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.