Wedang Tahu Kranggan, Pelanggan Banyak yang Tak Kebagian

Kuliner Jogja, Wedang Tahu Bu Kardi

Setuju dong kalau Yogyakarta disebut sebagai daerah destinasi wisata yang super lengkap? Tempat-tempat indah seperti pegunungan dan juga deretan pantai di Gunung Kidul menjadi daya tarik alami wilayah ini. Selain itu, kuliner Jogja pun juga juara. Dari gudeg hingga angkringan selalu mendapat tempat di hati.

Wedang tahu kuah jahe banyak manfaat
Wedang tahu kuah jahe banyak manfaat [image source]
Selain kuliner khas, ada banyak jajanan kota pelajar yang wajib dicicipi. Masih ingat kan dengan Cilok Gajahan yang ada di Alun-alun Kidul dekat Taman Sari? Nah, pentol pedasnya menjadi cemilan favorit semua orang dan yang dicari saat berkunjung ke Jogja. Ternyata masih ada lagi lho hidangan tradisonal yang enaknya sudah melegenda.

Wedang Tahu Kranggan
Wedang Tahu Kranggan [image source]
Di daerah Jalan Kranggan,  tak jauh dari ikon kota yaitu Tugu Jogja terdapat warung wedang tahu. Minuman khas Semarang ini dibuat dari sari kedelai yang diolah hingga menjadi tahu sutra, lalu dinikmati dengan siraman kuah jahe yang pedas dan hangat. Cocok untuk hidangan pagi agar semangat memulai hari.

Bebas tambah kuah jahenya
Bebas tambah kuah jahenya [image source]
Gerobak milik Bu Sukardi ini buka sejak pagi hingga habis. Namun biasanya, baru sekitar 2 jam membuka lapak wedang jahenya sudah ludes. Tak jarang para pelanggan yang datang kesiangan merasa kecewa karena kehabisan. seiring dengan ramainya penikmat dagangannya, Bu Kardi kini sudah memiliki 5 gerobak wedang jahe yang tersebar di penjuru Kota Gudeg.

Wedang Tahu sudah habis dalam 2 jam
Wedang Tahu sudah habis dalam 2 jam [image source]
Ada banyak manfaat yang terkandung dalam semangkok minuman hangat penuh cinta ini. Selain bisa membuat badan kembali segar, wedang jahe juga bisa mengusir masuk angin. Sajian tradisional ini juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Dilansir dari Tribun News, Bu Kardi mengaku bahwa dagangannya tak menggunakan bahan pengawet.

Rumah Mama Es Eny
Rumah Mama Es Eny [image source]
Kami tidak menggunakan bahan pengawet. Selain lezat, minuman ini banyak manfaatnya, seperti baik untuk kulit wanita, mengusir masuk angin, dan sangat baik dikonsumsi wanita yang sedang hamil,” jelas Bu Kardi yang suaminya juga membuka lapak wedang tahu di Pasar Pathuk.

Yammie Pathuk
Yammie Pathuk [image source]
Lokasi : Jl. Kranggan No.75, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Telepon: 0877-3824-0558

Lokasi wedang jahe hits ini bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Tugu Jogja. Di wilayah ini ada banyak kuliner yang bisa dicicipi, seperti Yammie Pathuk. Seporsi mie pangsit ini harganya sekitar 14 ribu rupiah. Bisa juga ngadem di Rumah Makan Es Eny dengan semangkok dingin es kacang merah. Nah, jangan lupa mampir untuk mencobanya satu persatu, ya. Next