Sebarkan! Waktu Terbaik Untuk Memesan Tiket Pesawat ke Berbagai Destinasi Wisata di Dunia

Selama ini dalam ulasan-ulasan tips traveling mengenai membeli tiket pesawat hemat ke berbagai destinasi wisata di dunia selalu mengacu pada hal-hal yang umum. Misalnya saja traveler diminta untuk melakukan pemesanan jauh-jauh hari tanpa diberi tahu berapa lama pastinya untuk memperoleh harga tiket pesawat yang lebih murah.

Kini ada kabar gembira dari situs pencarian traveling baik itu booking tiket pesawat, hotel hingga penyewaan mobil, SkyScanner. Situs tersebut telah membuat semacam tool untuk memberi tahu traveler kapan sih waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat. Sebelumnya Travelingyuk rangkum dulu negara terfavorit untuk berwisata lengkap dengan waktu terbaiknya untuk memesan tiket pesawat kesana. Check this out!

1. Australia : 20 Minggu Sebelumnya

Sekarang kamu tidak perlu mengira-ngira lagi seberapa lama kamu harus memesan tiket ke Australia untuk mendapatkan penawaran tiket murahnya. Memesan jauh-jauh hari sepertinya menjadi saran jitu yang hanya memberi harapan palsu lantaran kita tidak tahu sejauh apa kita harus menunggu. Lewat SkyScanner sekarang kalian akan tahu persis kapan harus memesan tiket pesawat murah ke Australia.

Malam tahun baru di Sydney [image source]
Malam tahun baru di Sydney [image source]
Menurut tool SkyScanner, harga tiket pesawat ke Australia lebih murah 16,3% jika kamu memesannya pada 20 minggu sebelum keberangkatan. Sedangkan periode termurah menuju Australia terjadi pada bulan Mei dan periode termahal terjadi di bulan Juli. Kalau pengen liburan ke Australia, mulai sekarang pesanlah tiket pesawatnya 20 minggu sebelum keberangkatan.

2. Hong Kong : 14 Minggu Sebelumnya

Hong Kong telah lama menjadi destinasi wisata favorit traveler asal Indonesia. Setiap libur sekolah banyak sekali orang Indonesia yang pergi liburan ke negara ini. Hasilnya tentu saja harga tiket pesawat yang membengkak. Tapi jika kamu jeli bisa jadi mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Syaratnya kamu memesan tiket kesana pada 14 minggu sebelumnya.

Festival Perahu Naga di Hong Kong [image source]
Festival Perahu Naga di Hong Kong [image source]
Memesan tiket pesawat ke Hong Kong pada 14 minggu sebelumnya memastikan kamu mendapatkan harga yang lebih murah sekitar 21,1% dibanding jika kamu memesannya dalam waktu yang dekat. Menurut data SkyScanner, periode termahal ke Hong Kong terjadi di bulan Desember sedangkan termurahnya pada bulan Januari. Tingginya harga pesawat ke sana di bulan Desember dipengaruhi oleh banyaknya event besar yang diselenggarakan pada periode yang sama.

3. Jepang : 19 Minggu Sebelumnya

Selain Hong Kong, Jepang juga menjadi tujuan wisata impian traveler Indonesia. kalau mau datang di waktu terbaiknya pastikan kamu merencanakan liburan pada akhir Februari hingga awal Maret dimana disana sedang berlangsung musim semi. Atau datang pada musim gugur sekitar bulan September hingga November.

Musim gugur di Jepang [image source]
Musim gugur di Jepang [image source]
Setelah tahu mengenai waktu-waktu terbaiknya, kini saatnya berburu tiket pesawat. Pertama pesan tiketnya jauh-jauh hari biar dapat harga miring. Lama waktu yang kamu butuhkan adalah sekitar 19 minggu sebelum pemberangkatan. Pada waktu itu kamu akan mendapatkan harga tiket pesawat lebih murah 14,6%.

4. Malaysia : 5 Minggu Sebelumnya

Berlibur di negara tetangga seperti Malaysia adalah pilihan terbaik untuk liburan ke luar negeri dengan masa libur yang pendek. Enaknya lagi tiket pesawat untuk ke negara ini hampir tersedia murah sepanjang tahun. Dari sana pula alasan mengapa banyak sekali orang Indonesia suka berlibur ke Malaysia.

Menara Petronas Malaysia [image source]
Menara Petronas Malaysia [image source]
Kalau mau mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah lagi, usahakan memesannya 5 minggu sebelum keberangkatan. Dengan begitu kamu akan dapat menghemat biaya transportasi pesawat hingga 21,7%. Perhatikan pula bulan-bulan termurahnya yaitu pada bulan Oktober. Jika kamu berangkat di bulan termurah dengan melakukan pemesanan tiket 5 minggu sebelumnya sudah pasti harga tiket yang jauh lebih murah bisa kamu dapatkan.

5. Belanda : 20 Minggu Sebelumnya

Belanda bisa puas dinikmati jika traveler berkunjung di dua waktu terbaiknya yaitu pada musim panas dan sesaat sebelum musim dingin atau kira-kira jatuh pada bulan Oktober. Kebetulan sekali karena bulan tersebut bertepatan dengan periode termurah untuk berkunjung ke negeri Kincir.

Kebun bunga tulip di Belanda [image source]
Kebun bunga tulip di Belanda [image source]
Merencanakan liburan ke Belanda di bulan Oktober kemudian memesan tiketnya 20 minggu sebelum keberangkatan, setiap traveler dijamin bakal menghemat pengeluaran biaya tiket pesawat sebesar 8,4%. Hindari pula untuk pergi pada bulan Agustus, sebab ini adalah periode termahal untuk terbang ke Belanda.

6. Singapura : 16 Minggu Sebelumnya

Singapura adalah pilihan pertama untuk berlibur di kawasan Asia Tenggara bagi sebagian besar traveler Indonesia. Selain lokasinya paling dekat, penerbangan dari dan ke negara tersebut hampir tersedia setiap hari dengan harga yang lumayan terjangkau.

Patung Merlion Singapura [image source]
Patung Merlion Singapura [image source]
Namun meski ketersediaan tiket pesawat ke Singapura selalu ada tidak ada salahnya jika kamu memesannya jauh-jauh hari setidaknya 16 minggu sebelum waktu keberangkatan. Hal ini bisa membuatmu menghemat pengeluaran sebesar 31,3%. Kalau tidak penting-penting amat hindari terang di bulan Desember karena harga tiketnya bisa sangat mahal karena bulan itu adalah periode puncak kunjungan ke sana.

7. Thailand : 16 Minggu Sebelumnya

Thailand sangat kuat dalam mempromosikan wisatanya sehingga hampir setiap tahun negara ini tidak pernah sepi pengunjung. Kalau kamu juga berminat pergi ke sana sebaiknya cek dulu bulan termurahnya yaitu pada Maret sedangkan periode termahalnya terjadi di bulan Juli.

Kuliner khas dari Thailand [image source]
Kuliner khas dari Thailand [image source]
Selanjutnya kamu tinggal pesat tiket pesawat jauh hari sebelum keberangkatanmu. Kalau mau menghemat biaya tiket pesawat hingga 24,3%, kami sarankan untuk memesan tiketnya 16 minggu sebelumnya. Dengan begitu kamu bisa berhemat untuk urusan pesawat.

8. Inggris : 19 Minggu Sebelumnya

Seorang traveler yang juga penggila bola tentu memasukkan Inggris sebagai salah satu destinasi impian mereka. Pasalnya di negara ini berkumpul banyak stadion megah beserta pemain sepak bola berkelas dunia yang sangat terkenal. Dengan liburan ke Inggris dan mengandalkan keberuntungan bukan tidak mungkin bisa ketemu bintang idola.

Big Ben terlihat dari Sungai Thames [image source]
Big Ben terlihat dari Sungai Thames [image source]
Ada cara hemat hingga 15,1% untuk terbang ke Inggris yaitu dengan memesan tiket pesawatnya 19 minggu sebelum keberangkatan. Satu lagi rencanakan liburan pada bulan termurahnya yaitu pada bulan November. Kalau berangkat bulan Juli kamu akan mendapat harga yang jauh lebih mahal plus liga primer sedang rehat setelah mengakhiri kompetisinya.

9. Amerika Serikat : 15 Minggu Sebelumnya

Catat dengan benar, jika kamu berencana terbang ke Amerika Serikat sebaiknya memilih bulan Februari sebab ini adalah periode termurah untuk terbang ke sana. Setelah itu kombinasikan dengan pemesanan tiket pesawat jauh hari pada 15 minggu sebelumnya.

Kawasan Yellowstone, Amerika Serikat [image source]
Kawasan Yellowstone, Amerika Serikat [image source]
Dengan mengikuti langkah di atas kamu bisa menghemat hingga 11,8% untuk pemesanan jauh harinya. Sedangkan harga tiket di periode termurahnya juga jauh lebih murah sehingga kamu akan mendapatkan kemurahan ganda. Karena saat ini sudah masuk bulan Februari maka tidak mungkin kamu memesannya jauh hari hingga 15 minggu sebelumnya. Mungkin tahun depan kamu bisa merencanakan untuk terbang ke sana, jangan lupa pesan tiketnya mulai bulan Oktober tahun ini ya!

10. Jerman : 19 Minggu Sebelumnya

Mau ke Jerman yang hemat? Pesan tiket penerbanganmu 19 minggu sebelumnya maka kamu akan hemat hingga 10,7%. Hasil ini didapatkan dari perhitungan tool SkyScanner yang belum lama ini dirilis.

Rumah khas Eropa di Jerman [image source]
Rumah khas Eropa di Jerman [image source]
Jika mau lebih hemat lagi pilihlah bulan termurahnya yaitu pada Februari. Sedangkan tiket pesawat termahal menuju Jerman terjadi di bulan Agustus. Sebaiknya sebisa mungkin hindari kunjunganmu di bulan tersebut.

Kalau kamu mau cari tahu mengenai waktu terbaik membeli tiket pesawat di tujuan lainnya tinggal klik tool SkyScanner Waktu Terbaik Membeli Tiket Pesawat berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *