Kubangkangkung Bukan Kubangan Biasa Tapi Obyek Wisata yang Mempesona

Advertisement

Kubangkangkung, membaca dari namanya saja pasti banyak traveler yang mengira jika tempat ini adalah sebuah kubangan yang penuh lumpur. Faktanya ini adalah obyek wisata di kabupaten Cilacap yang tengah hits lantaran punya waduk indah dengan panorama sekitar yang begitu mempesona. Sudah pernah berkunjung kesana belum?

Terletak di Kecamatan Kawunganten terdapat waduk sekaligus desa bernama Kubangkangkung. Tempat ini bukan kubangan berlumpur yang penuh dengan tanaman kangkung namun sebuah waduk cantik yang konon dibangun pada masa kolonial Belanda sebagai sumber penyimpanan air bersih.

Waduk Kubangkangkung, via instagram
Waduk Kubangkangkung, via instagram

Kini wajah Waduk Kubangkangkung telah berseri dan menjelma menjadi daerah wisata yang banyak dikunjungi traveler khususnya mereka yang melintasi lingkar selatan melalui jalur Wanareja, Sidarja, Gandrung, Kawunganten hingga Gombong. Sebab pengguna jalan yang ke daerah-daerah tersebut pasti melintasi kawasan wisata ini dan sebagian besar dari mereka selalu mampir kesana untuk istirahat sejenak sambil menikmati pemandangan alam yang asri.

Bersampan di Waduk Kubangkangkung, via instagram
Bersampan di Waduk Kubangkangkung, via instagram

Waduk Kubangkangkung mengalami renovasi pada tahun 2014 dan sejak saat itu kawasan ini dibuka sebagai tempat wisata. Udara di sekitar waduk ini sangat sejuk karena banyak tumbuhan karet di sekelilingnya. Traveler yang datang juga disuguhi dengan beraneka pilihan kegiatan selain berkeliling mereka juga bisa bermain sampan.

Bagi traveler yang hobi kuliner di sekitar kawasan wisata ini juga terdapat banyak warung makan berjajar. Menu-menu kuliner khas dari Cilacap hingga kabupaten tetangga, Banyumas tersedia di komplek kuliner Kubangkangkung. Traveler bisa mencicipi tempe mendoan, tahu brontak, bakwan dan es kelapa muda. Memang selain dimanfaatkan sebagai obyek wisata Waduk Kubangkangkung juga menjadi rest area yang strategis.

Keindahan alam Waduk Kubangkangkung, via instagram
Keindahan alam Waduk Kubangkangkung, via instagram

Buat traveler yang kebetulan lewat di Cilacap jangan lupa untuk singgah di Waduk Kubangkangkung. Tarif masuk ke kawasan wisata ini cukup terjangkau, yaitu tiket masuk Rp. 2 ribu dan parkir Rp. 1.000 saja. Untuk traveler muda Kubangkangkung menyediakan background foto berupa alam yang keren.

Advertisement
Tags
Cilacap Waduk Kubangkangkung
Share