Selain Jakarta, Pengurusan Visa Schengen Bisa di 2 Kota ini

Traveling ke Eropa

Bagi wisatawan dari Indonesia, menjelajah Eropa merupakan impian besar dan butuh perjuangan. Selain kurs mata uang kita nilai tukarnya tidak begitu bagus dibanding Euro atau lainnya, juga mengurus visanya tidak mudah. Apalagi jika negara yang ingin dikunjungi termasuk ke dalam Schengen area, kerap menjadi ‘horor’ tersendiri. Bolak balik ke kedutaan, menyiapkan data yang diperlukan dan masih banyak lagi. Namun tahukah kamu jika mengurus visa Schengen bisa dilakukan selain di Jakarta?

1. Visa Eropa yang Menggoda

traveling ke paris
traveling ke paris [image source]
Berniat untuk menjelajah banyak negara di Eropa? Pastikan kamu memiliki visa Schengen. Hanya dengan satu visa ini kamu bisa berkunjung ke 26 negara seperti Belanda, Jerman, Belgia, Prancis, Italia, Spanyol, Portugal dan beberapa negara lain di Eropa bagian timur. Tidak hanya itu, kamu juga bisa tinggal selama 90 hari dalam periode 6 bulan untuk tujuan wisata dan bisnis. Wah, bisa puas jelajah benua biru satu ini kan?

2. Proses Pengurusan yang Dinilai Susah

Traveling ke Eropa
Traveling ke Eropa [image source]
Meski menggoda, tetap saja pengurusan visa Schengen terbilang susah. Buktinya, banyak traveler yang memilih menggunakan jasa agen travel untuk mendapatkan visa tersebut. Cara ini memang mudah tapi jelas mahal dan cukup banyak menguras kantongmu. Nah, lebih baik mencoba mengurusnya sendiri dengan datang ke kedutaan negara Schengen seperti Jerman, Italia, Belanda yang ada di Jakarta agar mendapatkan pengalaman baru.

3. Pengurusan Visa Eropa di Surabaya dan Bali

Kantor VFS Global
Kantor VFS Global [image source]
Sebenarnya semua kedutaan yang masuk area Schengen bisa digunakan sebagai tempat pembuatan visa. Namun, tempat yang paling mudah dan biasa dipilih oleh wisatawan adalah Kedutaan Besar Belanda di Jakarta. Sayangnya, bagi beberapa orang yang tinggal jauh dari ibukota akan merepotkan. Nah, untuk kamu tinggal di Surabaya, bisa mengurus visa di kota ini loh. Tepatnya di VFS Global, Lantai 15, R.1506, Graha Pena, Jl. Ahmad Yani No.88, Surabaya. Selain di kota Pahlawan, visa ini juga bisa dibuat di Benoa Square, Lantai 3 No. 7-9.3/A, Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No 21A, Bali.

4. Waktu Pengurusan Visa

Pengurusan Visa Eropa
Pengurusan Visa Eropa [image source]
Idealnya, permohonan pengurusan visa paling cepat dilakukan 3 bulan sebelum pemberangkatan. Sementara itu, paling lambat 3 minggu sebelum keberangkatan. Ada baiknya, lakukan pengurusan jauh hari atau 120 hari sebelum liburan. Hal ini dapat meminimalisir kerugian jika pengajuan pembuatan visamu ditolak. Apalagi pengajuan ulang hanya bisa dilakukan satu bulan setelah penolakan sebelumnya.

5. Dokumen Penting Untuk Permohonan Schengen

Traveling ke Eropa
Traveling ke Eropa [image source]
Agar terhindar dari proses yang rumit, lebih baik persiapkan persyaratan lengkap sebelum berangkat. Dari foto kopi data pribadi, pas foto hingga buku tabungan wajib disiapkan. Selain itu, Saldo tabungan tentu saja berpengaruh tetapi tidak ada angka pasti yang membuat pengajuanmu diterima. Namun, kamu perlu menghitung berapa biaya hidup saat di sana dan sesuaikan dengan lama liburanmu untuk dijadikan saldo rekening. Pastikan juga data yang kamu masukkan valid dan sesuai agar proses makin cepat.

Sebenarnya, pengurusan visa Eropa ini cukup mudah jika data lengkap dan sesuai. Selain itu, pengurusannya juga tidak hanya di Jakarta, tapi juga di Surabaya serta Bali. Nah, tunggu apalagi nih, kapan mengunjungi objek wisata Eropa? Next