Tujuh Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Traveling di Musim Hujan

Musim hujan sering sekali membuat orang-orang mati gaya. Ingin melakukan hal ini dan itu, ingin pergi ke sini dan ke situ biasanya terhalang karena turun hujan. Berbagai rencana bepergian pun ditunda atau paling parah bisa sampai dibatalkan gara-gara hujan. Kalau sudah terjadi hal seperti ini pasti jadi geregetan sendiri.

Tapi nggak mungkin juga kan terus menerus membatalkan rencana bepergian, terus menerus diam di rumah, dan terus menerus menunggu hujan? Bisa-bisa kamu jamuran kalau terus menerus menunggu musim hujan selesai hingga berganti musim panas. Nah, agar hal itu nggak sampai menimpa dirimu, coba deh persiapkan beberapa hal di bawah ini. Dijamin kamu bisa tetap traveling dengan seru meski sedang musim hujan.

1. Pilih Destinasi yang Tepat

Pilih destinasi yang tepat saat akan traveling di musim hujan [image source]
Pilih destinasi yang tepat saat akan traveling di musim hujan [image source]

Kapanpun dan apapun kondisinya, hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah menentukan destinasi wisata yang akan kamu datangi. Pastikan destinasi wisata tersebut tetap aman dan nyaman untuk dikunjungi meski sedang musim hujan. Jangan sampai destinasi wisata yang kamu tuju nantinya ternyata sedang tergenang banjir. Jika kamu ingin mendaki gunung, pastikan jalur pendakian tidak rawan longsor atau tetap aman dilalui saat musim hujan. Destinasi terbaik

2. Simak Informasi Perkiraan Cuaca

Sebelum bepergian, pastikan kamu menyimak dengan baik informasi perkiraan cuaca yang ada di berbagai media. Jika di wilayah destinasi tujuanmu itu berpotensi hujan di siang atau sore hari, maka bersiaplah untuk berangkat di pagi hari. Setidaknya kamu masih punya kesempatan untuk menikmati cuaca cerah meski hanya sebentar.

Sebelum pergi simak informasi perkiraan cuasa [image source]
Sebelum pergi simak informasi perkiraan cuasa [image source]

Sebaiknya hindari tempat-tempat yang termasuk dalam wilayah berbahaya atau rawan bencana. Hindari pantai yang berpotensi terjadi gelombang tinggi. Ini tentu akan membuat liburan ke pantaimu nggak asik lagi malah berubah  jadi ngeri sendiri. Jangan sampai keinginan traveling yang terlalu menggebu membuatmu mengesampingkan keselamatan. Ingat, safety first ya!

3. Bawa Payung dan Jas Hujan

Bawa payung dan jas hujan agar tidak kebasahan [image source]
Bawa payung dan jas hujan agar tidak kebasahan [image source]

Benda terpenting dan harus selalu ada bersamamu ketika bepergian di musim hujan tentu si payung dan jas hujan. Kedua benda ini berfungsi melindungi tubuhmu agar tidak kebasahan saat hujan melanda. Meski membawa salah satu saja sudah cukup, tapi tentu akan jauh lebih baik jika kamu membawa dua-duanya demi berjaga-jaga jika hujan yang turun terlalu lebat.

4. Pakai Baju Hangat

Gunakan baju hangat selama bepergian [image source]
Gunakan baju hangat selama bepergian [image source]

Pilih baju berbahan tebal untuk digunakan bepergian saat musim hujan. Ini bertujuan untuk melindungi tubuhmu agar tetap terasa hangat meski suhu udara sedang dingin. Saat ini orang-orang senang memakai outwear hangat namun stylish seperti coat, sweater, parka dan lainya. Pandai-pandailah memadu padankan pakaian agar kamu tetap terlihat fashionable meski sedang musim hujan.

5. Pilih Alas Kaki yang Cocok untuk Musim Penghujan

Pilih alas kaki yang tetap nyaman digunakan saat hujan [image source]
Pilih alas kaki yang tetap nyaman digunakan saat hujan [image source]

Untuk bepergian di musim hujan sebaiknya gunakan alas kaki yang tahan air atau cepat kering. Beberapa jenis alas kaki yang cocok digunakan saat musim hujan antara lain :

  • Tevas, alas kaki jenis ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan sepatu sandal. Tevas nyaman digunakan terutama bagi mereka yang aktif bergerak meski di wilayah basah atau becek karena bentuknya yang  simple dan ringan. Tevas juga termasuk alas kaki yang mudah kering jika terkena air.
  • Rubber Shoes, alas kaki jenis ini biasa klita kenal dengan sebutan crocs. Rubber shoes terbuat dari bahan anti air. Selain tahan air, alas kaki yang satu ini juga mudah dibersihkan sehingga sangat cocok dan nyaman digunakan saat musim penghujan.
  • Jellies, selain terbuat dari karet yang anti air. alas kaki yang satu ini juga terkenal dengan modelnya yang stylish dan cocok digunakan untuk siapa saja. Jadi selain nyaman digunakan saat hujan, kamu juga bisa menjadi pusat perhatian karena alas kakimu yang keren.

6. Jangan Lupa Bawa Bekal Obat-Obatan

Bawalah obat-obatan selama traveling [image source]
Bawalah obat-obatan selama traveling [image source]

Satu lagi benda yang tidak boleh ketinggalan jika kamu ingin bepergian saat musim hujan yaitu obat-obatan. Obat-obatan seperti obat flu, obat batuk dan obat masuk angin tentu sangat berguna untuk dibawa karena di musim hujan seseorang rentan terkena flu hingga masuk angin apalagi jika sering beraktifitas di luar.  Selain itu minyak angin dan vitamin juga sebaiknya dibawa untuk melindungi tubuhmu agar tetap hangat dan fit.

7. Pastikan Tubuhmu dalam Keadaan Fit

Pastikan tubuhmu fit sebelum bepergian [image source]
Pastikan tubuhmu fit sebelum bepergian [image source]

Selain beberapa hal di atas, kamu juga harus memastikan tubuhmmu dalam keadaan fit sebelum bepergian di musim hujan. Jika tubuhmu dalam keadaan kurang fit, maka kemungkinan besar tubuhmu dapat terserang sakit dan dapat mengganggu aktifitas serumu saat traveling. Makanlah makanan bergizi disertai dengan olahraga dan istirahat yang cukup agar tubuhmu tetap terjaga dan terhindar dari penyakit. Selain itu tubuh yang fit akan membuat perjalananmu terasa menyenangkan.

Inilah ketujuh hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk melangkahkan kaki keluar dan jalan-jalan saat musim hujan. Tetap utamakan keselamatan kemanapun kamu pergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *