Aturan Khusus di Aceh yang Wajib Diketahui Sebelum Liburan ke Sana

Wisatawan di Aceh

Aceh merupakan salah satu provinsi yang kaya akan destinasi alam. Beragam pulau, pantai hingga air terjun akan membuat siapapun jatuh cinta. Namun ada yang perlu diketahui, daerah yang mendapatkan julukan Serambi Mekkah ini sedikit berbeda dengan kota-kota lainnya. Pasalnya, ada beberapa hukuman khusus yang pastinya membuatmu ngeri sendiri. Salah satunya hukum cambuk yang diberikan kepada seseorang yang ketahuan melanggar aturan tertentu. Wah, aturan apa saja sih yang ada di sini? Nah, kamu yang berniat ke objek wisata Aceh, wajib nih baca aturan berikut!

Wajib Memakai Hijab Bagi Wanita Muslim di Aceh

Wisatawan di Aceh
Wisatawan di Aceh [image source]
Sebagai daerah yang memiliki keistimewaan menjalankan syariat Islam, ada aturan yang mewajibkan wanita muslim di Aceh untuk menutup aurat. Selain berjilbab, mereka juga diminta untuk tidak menggunakan pakaian ketat. Nah, bagaimana dengan wisatawan yang berlibur ke sini? Ternyata, pengunjung tidak wajib menggunakan hijab atau juga memakai baju seperti penduduk asli karena tidak ada aturan dari pemerintah setempat. Namun, untuk menghormati kebiasaan warganya, lebih baik pakailah busana yang sopan. Misalnya, tidak mengenakan baju yang terbuka dan menonjolkan lekuk tubuh.

Berpakaian Sopan dan Rapi Tidak Mengurangi Esensi Liburan
Berpakaian Sopan dan Rapi Tidak Mengurangi Esensi Liburan [image source]

Memakai Celana Panjang di Aceh

Celana Pendek Wisatawan
Celana Pendek Wisatawan [image source]
Selain wanita, gaya busana laki-laki di Aceh juga rapi dan sopan. Mereka lebih banyak mengenakan celana panjang dan juga sarung. Bahkan, kamu pun akan susah menemukan seseorang  yang memakai celana pendek seperti di kota-kota lainnya. Sebenarnya, tidak ada aturan yang mewajibkan seseorang harus berpenampilan seperti itu. Namun, kamu yang berniat liburan ke sini, lebih baik tidak menggunakan bawahan pendek di tempat umum seperti pusat perbelanjaan. Selain untuk menghormati, kamu tidak akan menjadi sorotan saat berada di Serambi Mekkah.

Pria Aceh Memakai Sarung
Pria Aceh Memakai Sarung [image source]

Naik Motor Berboncengan Dengan yang Bukan Muhrim, Boleh Tidak ya?

Ilustrasi Boncengan Sepeda Motor
Ilustrasi Boncengan Sepeda Motor [image source]
Pernah dengar larangan naik motor bukan dengan muhrimnya di Aceh? Ya, kabar tersebut sempat disampaikan oleh DPRD Kabupaten Aceh Utara, Fauzan Hamzah pada tahun 2015 dan langsung menjadi perbincangan netizen. Nah, untuk menghindari teguran dari polisi, ada baiknya menyewa kendaraan roda empat saat liburan di Aceh. Informasi tentang penyewaan, bisa kamu dapatkan di Banda Aceh. Ada banyak rental mobil yang harganya murah dan terpercaya. Salah satunya ada di Iskandar Muda Airport Aceh, Kampung Baru, Baiturrahman.

Liburan Bersama Pasangan
Ilustrasi Liburan Bersama Pasangan [image source]

Berduaan dengan Bukan Muhrim

Liburan Bareng Pasangan
Liburan Bareng Pasangan [image source]
Masih ingat hukum cambuk yang berlangsung beberapa waktu lalu? Ya, Mahkamah Syariah mengeluarkan vonis terhadap sejumlah orang atas tuduhan iktilat atau bercumbu tidak dengan pasangan sahnya. Bukan main, hukuman yang mereka terima adalah cambukan puluhan kali hingga masuk penjara. Nah, dengan adanya aturan tersebut, sebaiknya sangat menjaga dan meerhatikan perilaku saat bertandang ke Aceh . Lagi pula, daripada dengan lawan jenis yang belum halal, lebih asyik memboyong sahabat dan keluarga, kan?

Liburan Rame-Rame
Liburan Rame-Rame [image source]
Tidak ada yang perlu ditakutkan ketika traveling ke Aceh. Warga di sana ramah dan juga baik. Apalagi banyak objek wisata yang menarik untuk dijelajahi. Next