10 Benda Wajib Punya untuk Traveling yang Anti Ribet

Yaay, waktunya traveling! Tentu sangat menyenangkan ya, akhirnya bisa pergi liburan setelah setiap hari berkutat dengan rutinitas yang melelahkan. Sudah matangkah persiapan liburan Anda kali ini? Ya, pastikan mengurus semuanya dengan baik agar nantinya liburan bisa berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang juga wajib diperhatikan adalah barang bawaan Anda.

Melupakan barang penting saat liburan tentu bisa jadi ‘bencana’ tersendiri. Tapi sebaliknya, membawa terlalu banyak barang juga akan merepotkan dan membatasi gerak Anda. Maka dari itu, memilih benda-benda yang tepat saat berlibur akan sangat memudahkan Anda mengemas segalanya dengan mudah. Yuk, simak 10 benda wajib punya yang akan membuat traveling Anda lebih menyenangkan dan anti ribet!

1. Koper beroda

Koper beroda [via amazonaws.com]
Koper beroda [via amazonaws.com]

Koper beroda merupakan benda wajib pertama yang harus Anda miliki saat berlibur. Benda ini penting untuk mengemas pakaian, peralatan mandi, dan seluruh barang yang Anda butuhkan selama dalam perjalanan. Memilih koper beroda juga akan membuat Anda lebih ringan bergerak karena tinggal menyeretnya saja. Tak perlu lagi membebani pundak Anda dengan beban berat yang dibawa. Untuk ukurannya, pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan lama perjalanan. Ada baiknya memilih koper yang memiliki lapisan keras untuk melindungi barang di dalamnya.

2. Tas jinjing

Tas jinjing [via alicdn.com]
Tas jinjing [via alicdn.com]

Saat melakukan perjalanan, Anda juga harus membawa sebuah tas jinjing. Ada barang-barang tertentu yang sebaiknya dibawa dekat dengan tubuh Anda dan bukannya dimasukkan ke dalam koper. Peralatan make up, tisu, obat-obatan, dan kacamata hitam yang mungkin dibutuhkan saat perjalanan sebaiknya tidak diletakkan di dalam koper karena akan susah jika Anda harus membongkarnya. Selain itu, dompet, kartu identitas, dan juga tiket juga sebaiknya dimasukkan ke dalam tas jinjing supaya mudah diambil saat dibutuhkan.

3. Scarf berukuran besar

Scarf berukuran besar [via cassandraeldridge.com]
Scarf berukuran besar [via cassandraeldridge.com]

Siapa yang tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan? Bisa saja Anda tiba-tiba kedinginan karena perubahan cuaca atau karena AC kendaraan yang terlalu kencang. Atau mungkin Anda tak bisa tidur di kendaraan karena lampu yang menyala. Nah, scarf bisa jadi solusi untuk semua ini. Satu benda serbaguna ini bisa melindungi dan memberikan kenyamanan pada tubuh Anda. Selain itu, scarf juga mungkin dibutuhkan saat Anda mengujungi objek wisata yang mengharuskan wisatawan untuk berpakai tertutup.

4. Travel wallet

Travel wallet [souceoflifestyle.com]
Travel wallet [via souceoflifestyle.com]

Travel wallet berbeda dengan dompet biasa. Umumnya, travel wallet berukuran lebih besar dan sengaja dibuat tahan air untuk melindungi barang di dalamnya. Di dalam travel wallet Anda bisa meletakkan kartu-kartu penting, tiket kendaraan, dan juga paspor atau visa. Biasanya travel wallet juga dilengkapi dengan tali yang cukup panjang sehingga Anda bisa memakainya seperti kalung. Travel wallet akan mempermudah Anda mengumpulkan benda-benda penting yang dibutuhkan sepanjang perjalanan.

5. Pouch serbaguna

Pouch serbaguna [via blogspot]
Pouch serbaguna [via blogspot]

Jangan biarkan kabel charger, gadget, kamera poket, headset, dan flashdisk Anda bertebaran di dalam tas. Masukkan semuanya ke dalam pouch serbaguna sehingga lebih rapi dan Anda pun mudah mencari saat membutuhkannya. Pouch semacam ini juga bisa digunakan untuk menaru obat atau kosmetik. Pastikan Anda mengelompokkan setiap benda ke dalam pouch berbeda supaya tidak tercampur dan menyulitkan pencarian.

6. Tas plastik untuk peralatan mandi

Tas plastik untuk peralatan mandi [via viviannadoesmakeup,com]
Tas plastik untuk peralatan mandi [via viviannadoesmakeup,com]

Tentu sulit menjaga peralatan mandi seperti sikat gigi untuk tetap kering setelah digunakan. Itulah mengapa Anda membutuhkan tas plastik yang tidak mudah basah. Tas plastik ini juga bisa dijadikan wadah untuk meletakkan sabun cair dan shampo. Kalaupun nantinya ada botol yang bocor atau terbuka dan isinya keluar, Anda tak perlu khawatir karena tas plastik akan mencegah cairan merembes keluar dan membasahi barang lainnya di dalam tas.

7. Selimut mini

Selimut mini [via cdn.shopify.com]
Selimut mini [via cdn.shopify.com]

Di dalam alat transportasi jarak jauh seperti kereta, bus, atau pesawat memang sudah disiapkan selimut untuk masing-masing penumpang. Tapi biasanya selimut yang disediakan terlalu kecil dan tipis sehingga tidak bisa menghangatkan tubuh. Belum lagi kalau ternyata selimut kotor dan berbau tidak sedap. Untuk menghindari hal ini, bawa sendiri selimut mini yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda dan memiliki ketebalan yang pas.

8. Bantal leher

Bantal leher [via dhresource.com]
Bantal leher [via dhresource.com]

Beruntunglah kalau Anda merupakan orang yang bisa tidur di mana pun meski posisi sangat tidak nyaman. Namun bagaimana kalau Anda sangat susah beristirahat di dalam kendaraan? Hal ini tentu akan merugikan karena bisa jadi tubuh Anda justru merasa lelah ketika tiba di tempat tujuan. Maka dari itu, pastikan Anda membawa bantal leher yang bisa memberikan kenyaman penuh untuk beristirahat selama perjalanan. Ada baiknya juga memilih bantal leher yang bisa digantungkan di tas atau koper sehingga lebih praktis dibawa ke manapun.

9. Kacamata tidur

Kacamata tidur [via image.made-in-cihna.com]
Kacamata tidur [via image.made-in-china.com]

Cahaya matahari yang menerobos melalui jendela atau cahaya lampu di dalam kendaraan mungkin membuat Anda susah memejamkan mata. Maka dati itu, pastikan tidak lupa membawa kacamata tidur setiap melakukan perjalanan. Benda ini akan menghalangi cahaya menggangu mata sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak. Berfungsi juga untuk menyamankan tidur malam Anda di hotel saat teman sekamar menolak untuk mematikan lampu.

10. Colokan

Colokan [via toomanyadapters.com]
Colokan [via toomanyadapters.com]

Anda termasuk manusia gadget? Jika ya, colokan merupakan barang wajib yang harus dibawa saat bepergian. Terutama saat berkunjung ke luar negeri, bisa jadi colokan di sana tidak cocok dengan fitur gadget Anda. Atau bisa juga Anda membutuhkan colokan di tempat umum sedangkan semua sedang digunakan. Di saat seperti ini, colokan dengan lebih dari 1 lubang akan mempermudah Anda untuk mengisi daya gadget.

Sepuluh barang ini dijamin akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan anti ribet. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *