Selalu Hati-Hati Saat Liburan, 5 Traveler Ini Hilang di Tengah Perjalanan

Advertisement

Traveling adalah kegiatan paling menyenangkan yang tidak hanya bisa merefresh pikiran saja. Menjelajahi banyak tempat yang baru juga memberikan pengalaman berharga sehingga kita lebih menghargai alam dan juga belajar menjadi seseorang yang jauh lebih baik. Melacong ke banyak tempat akan membuat kamu mengetahui cuilan keajaiban di Indonesia atau bahkan dunia.

Oh ya, meski melakukan perjalanan wisata itu sangat menyenangkan. Ada kalanya kita tetap harus waspada dan hati-hati. Faktanya banyak tempat bagus lokasinya cukup ekstrem. Misal di sekitar laut, gunung, atau bahkan tebing yang curam. Jangan hanya karena keindahan kamu jadi lupa diri dan akhirnya hilang seperti beberapa orang wisatawan di bawah. Semoga kisah memilukan terkait dunia traveling ini bisa memberikan kita pelajaran yang berharga.

1. Wisatawan Belgia dan Jerman Hilang di Aceh

Lina K (kiri) dan Yvan M (kanan) [image source]
Kisah tragis dialami oleh pasangan turis dari dua negara yang berbeda Belgia dan Jerman. Keduanya dilaporkan hilang setelah tidak memberikan kabar kepada keluarganya selama sebulan penuh. Sebelum hilang, dua turis ini melakukan perjalanan menggunakan kayak menuju kawasan Kepulauan Banyak dan akan menghabiskan kamping selama dua minggu sana.

Kepulauan Banyak [image source]
Tim SAR telah dikerahkan untuk mengetahui letak dari kedua orang malang ini. Sayangnya, setelah Tim SAR mencari selama beberapa hari, jejak keduanya tidak juga ditemukan. Menurut warga sekitar kawasan Kepulauan Banyak dihuni oleh buaya air payau. Jadi ada kemungkinan dua turis itu diserang oleh makhluk berbahaya itu.

2. Wisatawan Jepang Hilang di Bali

Nusa Lembongan [image source]
Keindahan Bali memang membuat siapa saja langsung terbius dan tidak bisa menghindarinya. Sayangnya, keindahan yang tiada tara ini bisa saja menjadi pembunuh kalau kamu tidak memperhatikan keadaan sekitar. Keadaan yang tidak menyenangkan ini ternyata dialami oleh pelancong dari Jepang sekitar tahun 2014 silam di kawasan Nusa Lembongan.

Menyelam di Nusa Lembongan [image source]
Turis Jepang yang jumlahnya ada tujuh ini kemungkinan besar hilang terseret ombak saat melakukan penyelaman. Tujuh wisatawan dan juga pemandu menyewa kapal untuk melakukan penyelaman. Namun, setelah malam hari, semua orang tidak ada kembali hingga Tim SAR dikerahkan untuk melakukan penyisiran di kawasan Nusa Lembongan.

3. Wisatawan Rusia Hilang di Merapi, Yogyakarta

Ehbrehnin Yeveny [image source]
Ada dua hal yang menyebabkan Merapi selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan baik asing maupun dalam negeri. Pertama karena pemandangannya yang sangat indah. Kiri kanan Merapi terlihat masih alami meski beberapa kari diterjang lava dan awan panas. Kedua karena tingkat kemistisan dari Merapi yang sangat tinggi. Banyak orang penasaran seperti apa suasana Merapi yang dahulu dijaga oleh Mbah Marijan.

Gunung Merapi [image source]
Pada tahun 2013 silam, seorang wisatawan dari Rusia bernama Ehbrehnin Yeveny dinyatakan hilang saat mendaki. Nekat mendaki sendiri membuatnya kehilangan arah dan tersesat sehingga temannya melapor ke pihak berwajib dan juru kunci. Akhirnya setelah mencari beberapa hari, turis malang ini ditemukan dalam keadaan hidup.

4. Wisatawan Prancis dan Portugal  Hilang di Gunung Rinjani

Pendakian di Rinjani [image source]
Mendaki gunung tidak sama dengan mengunjungi objek wisata lainnya yang jauh lebih mudah. Banyak prosedur dibutuhkan untuk bisa selamat dari bawah hingga ke atas. Salah satu prosedur yang harus dilakukan adalah melapor ke pos penjagaan dan juga membawa porter dan pemandu setempat dalam hal ini pemandu kawasan Gunung Rinjani.

Rinjani [image source]
Dua turis asal Prancis dan Portugal bernama Patrick Lehman dan Joan hilang di Rinjani pada 2015 silam. Keduanya pergi begitu saja tanpa menggunakan prosedur yang resmi sehingga kesulitan dalam mengarungi medan. Tim SAR yang dikerahkan di sekitar gunung melakukan pencarian selama seharian hingga akhirnya menemukan keduanya pada hari berikutnya dalam keadaan selamat.

5. Wisatawan Rusia Hilang di Raja Ampat

Jasad Sergei Ditemukan [image source]
Semua orang tahu kalau Raja Ampat memiliki keindahan yang tidak ditampik begitu saja. Alam bawah laut yang memukau serta pulau kecil di sekitarnya membuat kawasan ini menjadi permata di kawasan Papua. Sayangnya keindahan yang tiada batasnya ini masih menyimpan kengerian yang kadang disepelekan oleh banyak orang termasuk turis Rusia bernama Sergei Vasilyevich ini.

Raja Ampat [image source]
Asyik melakukan penjelajahan, dia tidak sadar kalau kawasan bakau di Raja Ampat menyimpan predator berbahaya. Ya, di sana masih kerap ada buaya yang suka makan di sekitaran bakau dan akan menyerang siapa saja yang ada di wilayahnya termasuk Sergei yang hilang dan ditemukan dalam keadaan mengenaskan.

Inilah traveler yang hilang saat melakukan perjalanan wisata di Indonesia. Mari melakukan penjelajahan negeri ini dengan baik, tapi juga tetap hati-hati agar bisa kembali ke rumah dengan selamat.

Advertisement
Tags
Aceh Bali Indonesia Papua Wisatawan Hilang Yogyakarta
Share