Tongseng Entok Kang Tanir, Enaknya Bikin Nagih

Advertisement

Mudik memang momen yang ditunggu-tunggu selain THR saat Lebaran. Karena bisa jadi hanya dalam rangka pulang kampung inilah seluruh keluarga besar bisa berkumpul dan saling melepas rindu. Jika mudikmu adalah pulang kembali ke pelukan kota Jogja, maka ada banyak agenda yang bisa kamu rancang bareng keluarga. Salah satunya adalah mencoba kuliner Jogja legendaris, termasuk Tongseng Entok.

Tongseng Daging Entok

Seporsi Entok Slenget Super Pedes
Seporsi Entok Slenget Super Pedes [image source]
Tongseng merupakan salah satu kuliner yang menjadi khas kota ini selain Gudeg. Biasanya menggunakan daging sapi atau kambing sebagai bahan utamanya. NamunWarung Kang Tanir malah menyuguhkan tongseng super pedas dengan daging entok atau menthok. Dimasak jadi satu dengan kuah sedap dan pedas luar biasa. Wah, bikin ngiler.

Dapur Tongseng Kang Tanir
Dapur Tongseng Kang Tanir [image source]

Warung Sederhana yang Selalu Ramai

tongseng entok [image source]
Tempat makan Tongseng Entok Kang Tanir ini sangat sederhana. Ada meja dan kursi seadanya, juga disediakan tikar tradisional jika tak kebagian. Namun jangan salah, warung yang buka sejak pukul 4 sore ini tidak pernah sepi. Lokasinya berada di daerah Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sekali-kali melipir dari keramaian kota demi kuliner nikmat tak apa-apa, kan. Pecinta pedas, akan dimanjakan luar biasa dengan kuah tongseng yang membakar lidah.

Warung sederhana Kang Tanir
Warung sederhana Kang Tanir [image source]

Datang Dari Sore atau Kehabisan

Enaknya Tongseng Pedes Kang Tanir
Enaknya Tongseng Pedes Kang Tanir [image source]
Berniat menyantap menu ini untuk berbuka puasa? Wah, harus datang ke lokasi ini sebelum jam 4 sore. Hanya sebentar dari buka, warung Kang Tanir ini sudah dipenuhi pengunjung. Yang datang setelah magrib harus siap-siap gigit jari karena kehabisan, ya. Tempatnya agak jauh dari kota, namun kenikmatan seporsi daging entok super pedas ini akan membayar semua lelahmu. Bungkusin buat keluarga lainnya. Nikmat harus bagi-bagi, ya.

Entok Kang Tanir
Entok Kang Tanir [image source]

Akomadasi Tenang di Sekitarnya

Joglo Plawangan [image source]
Mudik ke Jogja, sama saja dengan liburan. Daripada berdesakan dengan wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di Malioboro, ada baiknya menyingkir sejenak dengan memilih tempat menginap yang sepi dan tenang. Berjalan 5 menit dari tempat makan, tepatnya di Jl. Pakem, ada Joglo Plawang Resort yang siap melayani agar istirahatmu terjamin. Mau yang lebih murah, di Jalan Kaliurang, sekitar 15 menit dari Warung Kang Tanir, kamu akan menemukan Sambi Resort yang terjangkau tapi tetap nyaman.

Sambi Resort Jogja
Sambi Resort Jogja [image source]

Destinasi Wisata Terdekat

Desa Wisata [image source]
Wisata yang ada di sekitarnya juga tak kalah seru, lho. Jika menginap di Joglo Plawang, berkendara 5 menit dari sana, ada Desa Wisata Kembang Arum yang seru untuk outbond bareng keluarga. Atau, bisa juga mengisi liburan di Merapi Golf yang terletak di daerah Kepuh, 20 menit dari tempatmu menginap. Lumayan kan, balik ke kota bisa agendakan olahraga bareng teman sekantor, nih. Jadi nambah hobi baru, deh.

Merapi Golf
Merapi Golf [image source]
Entok Slenget Super Pedas Kang Tanir

Lokasi: Jl. Pakem – Turi, Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551

Nah, beruntung banget ya kalau mudiknya ke kota yang penuh dengan wisata keren dan juga kuliner nikmat seperti Jogja ini. Bisa sekalian liburan dan reuni bareng keluarga besar. Bagaimana, mudikmu ke mana nih?

Advertisement
Tags
kuliner kuliner Jogja wisata jogja
Share