Toge Goreng Legendaris, Sampai Diundang ke Istana Presiden

Kuliner Bogor, Toge Goreng Ibu Omah

Semua pasti setuju, Bogor dan Bandung selalu menjadi destinasi favorit bagi warga Jakarta yang ingin melarikan diri sejenak dari jenuhnya pekerjaan juga padatnya Ibukota. Selain beragam wisata alam yang menyejukkan, kuliner di lokasi ini banyak yang wajib dicicipi. Terdapat makanan tradisional yang kelezatannya sudah melegenda. Ini salah satunya.

Turun Temurun 3 Generasi

Toge Goreng Ibu Omah Bogor
Toge Goreng Ibu Omah Bogor [image source]
Toge goreng merupakan salah satu kuliner Bogor yang khas. Toge ditumis sebentar dengan air panas, lalu dicampur dengan lontong, mie kuning, tahu dan disiram kuah tauco yang sedap. Hidangan vegetarian ini rupanya tak kalah dengan masakan kekinian yang merambah setiap daerah, termasuk Jawa Barat. Terutama Toge Goreng Ibu Omah yang sudah terbukti memiliki pelanggan setia selama puluhan tahun.

Warung Toge Goreng Ibu Omah
Warung Toge Goreng Ibu Omah [image source]

Rahasia Toge Goreng Legendaris

Memasang menggunakan kayu bakar
Memasang menggunakan kayu bakar [image source]
Firman, sang penjual ternyata sudah generasi ketiga yang menjalankan usaha ini. Berawal dari kakek dan neneknya yang berjualan di depan PLN, kini kedainya berpindah di Jl. Jendral Sudirman. Meksi begitu, warung ini tak ditinggal pembeli setianya. Selain itu, Firman masih memasak semuanya dengan kayu bakar agar toge tidak kehilangan wanginya yang khas.

Rahasia Toge Goreng Ibu Omah
Rahasia Toge Goreng Ibu Omah [image source]

Langganan Presiden-presiden Indonesia

Toge Goreng khas Bogor
Toge Goreng khas Bogor [image source]
Siapa sangka kelezatan resep turun temurun Toge Goreng Ibu Omah juga mencuri hati dan selera orang nomor satu di Indonesia. Hidangan ini pernah disajikan di Istana Bogor saat Presiden Jokowi menggelar Rapat Kabinet Paripurna di awal tahun 2017 kemarin. Firman pun mengaku bahwa menunya sudah menjadi langganan presiden sejak zaman Pak SBY. Wah, jadi penasaran seenak apa, ya. Untuk seporsi Toge Goreng legendaris ini dibandrol mulai 16 ribu rupiah.

Toge Goreng Ibu Omah
Toge Goreng Ibu Omah [image source]

Akomodasi Sekitar

Zest Hotel Bogor
Zest Hotel Bogor [image source]
Jangan ragu untuk menghabiskan akhir pekan di Bogor. Banyak budget hotel yang ramah di kantong namun super nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat. Salah satunya adalah Zest Hotel dengan tarif sekitar 350 ribu rupiah per malam dan berlokasi di Jl. Raya Padjajaran. Untuk ke sini cukup menempuh perjalanan selama 10 menit dari warung milik Firman. Selain itu, ada juga The Mirah di Jl. Parangro dengan harga sekitar 500 ribu rupiah semalamnya.

The Mirah Hotel Bogor
The Mirah Hotel Bogor [image source]

Oleh-oleh Bogor

Asinan Sedap Gedung Dalam
Asinan Sedap Gedung Dalam [image source]
Setelah puas kulineran di Kota Hujan Jawa Barat, jangan lupa membungkus oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau saudara yang tak bisa pulang kampung. Asinan adalah buah tangan khas Bogor yang wajib. Di Jl. Siliwangi ada Asinan Sedap Gedung Dalam yang hits. Berjarak 500 meter dari sana, ada Lapis Bogor Sangkuriang yang dibuat dari talas. Dengan berjalan kaki selama kurang lebih 8 menitan, kau sudah bisa membawa pulang kue dengan warna yang gemesin ini.

Lapis Bogor Sangkuriang
Lapis Bogor Sangkuriang [image source]
Warung Toge Goreng Ibu Omah

Lokasi:  Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor Tengah, Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121

Nah, kalau sedang jalan-jalan ke Bogor jangan lupa mampir untuk mencicipi kuliner favorit presiden ini. Juga sempatkan untuk mengunjungi daerah Suryakencana yang dipenuhil jajanan enak. Bagaimana, ada yang sudah coba? Next