Ada ‘Bangkai’ Kapal Titanic di Indonesia!

Titanic merupakan salah satu kapal termewah di dunia. Sayangnya, transportasi yang didesain sempurna ini harus mengalami kecelakaan parah sebelum berlabuh ke tempat tujuan. Tragedi kecelakaan ini terjadi pada tahun 1912 dan memakan korban hingga 1.514 dari 2.224 penumpang. Lebih dari 100 tahun lamanya, banyak orang yang mencoba menghidupkan lagi kapal ini. Bukan hanya membuat, beberapa museum hingga film dibuat untuk mengenang tragedi tersebut.

Hingga saat ini, beberapa museum yang berada di beberapa tempat di dunia menjadi objek wisata. Sebut saja pemakaman para korban yang terletak di negara Kanada. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, ternyata di Indonesia juga ada kapal yang karam seperti Titanic loh. Beberapa orang menyebutnya sebagai Titanicnya Indonesia. Wah, kira-kira dimana ya tempatnya?

Sophie Rickmer Wreck
Sophie Rickmer Wreck [image source]
Kapal Titanic versi Indonesia ini sendiri berada di Teluk Pria Laut, Sabang, Aceh. Sesuai dengan sejarah, perahu besar tersebut bernama Sophie Rickmers yang merupakan kapal milik Jerman. Berbeda dengan Titanic yang karam karena menghantam gunung es, Sophie Rickmers malah sengaja ditenggelamkan oleh awak kapal. Konon, penenggelaman tersebut terjadi karena banyak perahu yang disita oleh lawan dari Jerman. Sementara kapten tidak ingin perahu yang membawa emas dan timah ini jatuh di tangan musuh.

Diving Sophie Rickmer Wreck
Diving Sophie Rickmer Wreck [image source]
Terlepas dari cerita tentang harta karun yang terpendam di sini, ternyata banyaknya wisatawan yang datang demi melihat keeksotisan Sophie Rickmers di bawah laut. Ya, bangkai kapal yang berada di kedalaman 50 meter sampai sekitar 68 meter ini sudah masuk deep dive. Tidak hanya itu, para pecinta diving ini juga telah jatuh cinta dengan biota alam di perairan Sabang.

Bangkai Kapal di Pulau Weh
Bangkai Kapal di Pulau Weh [image source]
Nah, untuk kamu yang ingin menjelajah Titanic Indonesia ini ada syaratnya loh. Dilansir dari Detik, kamu harus memiliki lisensi minimal advance atau sudah pro dalam dalam menyelam. Lokasinya sendiri juga tidak sulit ditemukan karena telah ditandai dengan tali dan pelampung. Hal tersebut juga dapat memudahkan kamu saat turun memulai perjalanan menyenangkan di perairan Sabang. Nah, tertarik untuk menyelam di badan kapal yang memiliki panjang sekitar 134 meter ini? Next