Ini Dia Tips Memilih Maskapai Pesawat Agar Tak Kecewa di Belakang

Holiday season sudan tiba, nih. Kalau sudah holiday season begini, kita akan disibukkan dengan perencanaan-perencanaan liburan, deh. Pilih liburan santai sambil mantai di Bali, atau jalan-jalan sambil wisata sejarah di Yogyakarta juga terdengar seru. Namun, selain destinasi liburan, akses transportasi untuk menuju ke tujuan nggak kalah penting untuk direncanakan matang-matang, lho.

Belakangan, pesawat mengalami peningkatan penumpang yang sangat pesat. Hal ini dikarenakan sudah banyaknya maskapai yang menawarkan tiket dengan harga murah. Murah, dan bisa menghemat waktu perjalanan? Why not? Tapi, meski murah dan cepat, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih maskapai penerbangan agar tak kecewa di belakang. Ini dia tips-tipsnya.

1. Cek Track Record Maskapai

Track record keamaan maskapai
Track record keamaan maskapai (image source)

Keselamatan merupakan hal yang paling penting dalam memilih transportasi. Pesawat memang bisa menawarkan kecepatan, sehingga liburanmu tidak buang-buang waktu di jalan. Tapi, ada gunanya cepat jika tidak selamat. Cek track record maskapai dan cari tahu apakah pesawatnya sering mengalami kecelakaan atau tidak. Teman-teman bisa cek di Airsafe.com yang menyediakan data berbagai kecelakaan dalam setiap maskapai. Hal ini bisa menjadi ukuran seberapa aman suatu maskapai, bukan?

2. Cari Tahu Fasilitas yang Didapat

Fasilitas di dalam pesawat
Fasilitas di dalam pesawat (image source)

Sebelum memutuskan memesan tempat duduk pesawat, pastikan tak lupa mencari tahu fasilitas apa saja yang diberikan dalam harga yang tercantum. Biasanya agen travel akan memberikan catatan fasilitas apa saja, misalnya makanan atau snack dalam pesawat, juga batas jumlah bagasi dalam satu harga seat. Kalau memang memilih maskapai yang low cost, sebaiknya tidak berharap mendapat fasilitas yang macam-macam, ya.

3. Pelayanan di Dalam Pesawat

Kenyamanan dalam pesawat
Kenyamanan dalam pesawat (image source)

Jika perjalananmu akan memakan waktu berjam-jam di atas pesawat, maka ada baiknya memilih maskapai dengan kenyamanan tinggi. Cari tahu kabin pesawat yang memang nyaman untuk perjalanan cukup lama. Pilihlah maskapai yang menyediakan tempat duduk lega, bisa juga yang memiliki televisi di masing-masing seat agar perjalananmu tidak bosan. Pesawat dengan fasilitas premium seperti ini mungkin akan lebih malah, namun kenyamanan yang ditawarkan sangat sesuai. Sesampainya di tujuan, kamu pun tak merasa capai terlebih dulu karena tak nyaman selama perjalanan.

4. Bisa Pilih Tempat Duduk, Lho

Pilih seat dalam pesawat
Pilih seat dalam pesawat (image source)

Tak seperti kereta api, memesan tiket pesawat biasanya tak disertai dengan pilihan seat yang masih tersedia. Untuk ini, para penumpang seringnya kecewa jika mendapat seat yang tidak sesuai dengan keinginan. Namun, ada tips dan triknya, nih. Check in lah lebih awal agar bisa memilih seat. Ada beberapa maskapai yang sudah menyediakan fasilitas check in online, lho. Untuk keamanan, kamu bisa memilih seat di belakang, setelah pesawat. Dan kalau ingin istirahat dengan nyaman, pilihlah yang di samping jendela, agar tidak terganggu penumpang lain yang ingin ke toilet. Satu lagi, kalau ingin cepat keluar tanpa antri, pilihlah seat dekat pintu depan atau belakang.

5. Sering Telat Nggak, Nih?

Cek ketepatan waktu pesawat
Cek ketepatan waktu pesawat (image source)

Agar jadwal liburan kamu nggak terganggu, ada baiknya cari tahu tentang keterlambatan dan ketepatan waktu berangkat dari suatu maskapai. Tiket boleh saja murah, tapi kalau delay selama berjam-jam, bisa rugi waktu, dong. Ada beberapa maskapai yang sering banget delay. Beberapa maskapai akan memberi kompensasi, seperti snack dan minuman jika pesawatnya ternyata harus datang terlambat. Nah, kalau waktu liburanmu mepet, ada baiknya memilih maskapai yang terkenal tepat waktu.

6. Bandingkan Harga dengan Maskapai Lainnya

Banding harga maskapai
Banding harga maskapai

Jangan malas membandingkan harga maskapai satu dengan yang lainnya. Beberapa mungkin terlihat sedikit lebih mahal dari yang maskapai pilihan pertamamu. Tapi, apa artinya harga murah jika kabin jelek, atau fasilitas minim, apalagi ternyata delay. Tak bisa dipungkiri, ada harga, memang ada kualitas. Pilihlah agen travel online yang memberikan harga termurah untuk maskapai yang sama. Yang paling penting, metode pembayarannya mudah dan terpercaya.

6. Cari Review Mantan Penumpangnya

Cari review maskapai dari mantan penumpang
Cari review maskapai dari mantan penumpang

Cari tahu kenyamanan maskapai dari review mantan penumpangnya. Testimoni yang diberikan penumpang biasanya jujur dan bisa menjadi salah satu pertimbanganmu untuk memilih suatu maskapai. Jangan terkecoh dengan harga murah, dan ngotot terhadap satu pilihan, padahal sudah banyak review buruk tentang suatu maskapai. Ingat, keselamatan dan kenyamanmu adalah tak kalah penting.

Nah, sudah tahu kan tips-tips bagaimana memilih maskapai agar nanti tak kecewa di belakang? Atur liburanmu dari sekarang dan selamat bersenang-senang. Happy Holiday, gaes! Next