Tips Buka Bersama Di Luar Tanpa Harus Meninggalkan Ibadah

Kafe Mikado Malang

Salah satu tradisi yang lumrah dilakukan selama Ramadan adalah buka bersama. Menikmati hidangan dengan penuh kebahagiaan dengan kawan atau keluarga tersayang. Berbagai obrolan mengingat kenangan pasti jadi hal yang menyenangkan. Akan tetapi, kalau tidak hati-hati ajang yang harusnya jadi silaturahmi ini akan jadi sumber dosa karena meninggalkan ibadah. Buka bersama boleh, tapi sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Hargai Undangan Buka Bersama

Kafe Mikado Malang
Buka puasa bersama [image source]
Sudah menjadi hak setiap muslim terhadap saudaranya yang lain untuk dipenuhi panggilannya. Dalam hal ini jika kamu diajak untuk buka bersama maka harus dipenuhi kalau tidak ada halangan. Akan ada banyak manfaat serta kebaikan yang akan didapat dalam ajang seperti ini. Kamu tentu ingin berbagi cerita dan pengalaman serta mendengarkan berbagai kabar dari teman atau saudara. Tapi yang perlu diingat, ibadah adalah yang utama. Jangan sampai karena ingin bersama tapi malah melupakan sholat dan do’a.

2. Memilih Tempat yang Tepat

HOP Cafe [image source]
Sudah punya rentetan jadwal buka bersama? Dari mulai acara dengan teman sekolah hingga kawan kerja mungkin sudah menunggu untuk kamu datangi. Jika kamu diajak berdiskusi tentang rencana tersebut. Jangan ragu untuk menyarankan tempat buka puasa yang tepat. Ada banyak tempat buka puasa di Bandung dan kota lain yang nyaman. Bukan hanya tentang kuliner serta harga. Tapi apakah lokasinya juga menyediakan tempat ibadah atau dekat dengan masjid. Jadi setelah membatalkan puasa dengan yang manis-manis, bisa undur diri sejenak untuk sholat berjama’ah. Baru setelah itu menyantap makananya.

3. Menyegerakan Buka Puasa

Menyegerakan Buka Puasa [image source]
Waktu antara Magrib dan Isya mungkin terlalu singkat jika kamu ingin ngobrol panjang lebar sambil menyantap hidangan penyegar dahaga akibat seharian berpuasa. Jika tidak direncanakan dengan matang, maka ibadah yang tidak kalah penting dari puasa bisa terlupa. Apalagi kalau bukan sholat fardu dan sunah terawih. Ajak teman-temanmu untuk datang lebih awal agar punya lebih banyak waktu untuk ngobrol. Setelah tiba waktu berbuka dan tidak melalaikan Sholat magrib, segeralah menyantap hidangan agar bisa mengikuti sholat terawih. Ada satu lagi yang perlu kamu ingat, jangan kalap dan berhentilah makan sebelum kamu kenyang.

4. Ajak Mereka yang Membutuhkan

Buka bersama anak yatim [image source]
Manfaatkan Ramadan dengan sebaik-baiknya. Daripada acara buka bersamamu hanya berlalu begitu saja tanpa kesan apa-apa, lebih baik mengajak banyak orang untuk berbagi dengan sesama. Kamu bisa mendatangi panti asuhan atau mengundang anak yatim untuk ikut buka puasa. Bersama mereka, kamu bisa ikut sholat berjamaah dan berdoa. Semoga banjir pahala akan menghampirimu, ya.

Pasti seru kalau bisa kumpul bersama sahabat yang lama tidak bertemu. Apalagi di momen Ramadan ini, kegiatan silaturahmi akan menjadi lebih berarti. Mari mengadakan kegiatan buka puasa bersama tanpa melalaikan ibadah. Selamat menjalankan ibadah puasa ya.

  Next