Selain Lompat Batu, Ini yang Membuat Nias Tersohor di Seluruh Dunia

Kabupaten Nias berhasil membuktikan diri bahwa kawasannya bisa bersaing dan menyuguhkan segala pesona yang tak kalah dengan tempat lain Sumatera Utara bahkan juga dunia. Budaya Lompat Batu bernama Fahombo adalah sebagian kecil dari apa yang disebut magnet wisata Nias. Tentu saja masih banyak hal yang membuatnya tersohor bahkan hingga ke telinga turis mancanegara. Apa saja? Berikut ulasan yang lebih lengkap.

1. Pantai Fodo

Pantai Fodo [image source]
Pantai nelayan ini sungguh indah dengan ombak yang menggulung membawa angin laut beraroma khas. Karena letaknya ada di sekitar Kota Gunung Sitoli, maka kamu bisa mengaksesnya dengan mudah. Dari Bandara Binaka cukup melakukan perjalanan selama 20 menit. Lepaskan lelah dengan memandang pantai yang keren. Jika terlalu lelah untuk melanjutkan, bisa menginap  di Hotel Mega Nasional atau sekedar mengisi perut di The Coral Bar & Restaurant Fodo. Suasananya begitu nikmat karena langsung menghadap ke pantai.

Pantai Fodo [image source]
Lokasi : Jalan Fondrako, Moawo, Pulau Nias, Sumatera Utara

2. Pulau Onolimbu

Pulau Onolimbu [image source]
Onolimbu masuk dalam kawasan wisata andalan Nias, tempat ini terknal karena memiliki hamparan pasir putih, terumbu karang eksotis hingga laut yang jernih. Bahkan kamu bisa melihat dengan jelas ikan-ikan berenang. Untuk sampai di sini, kamu bisa berangkat dari Kota Gunungsitoli dengan boat. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam, namun selama perjalanan kamu akan puas melihat keindahan. Disarankan untuk membawa perbekalan sendiri karena minimnya fasilitas, baik tempat makan maupun akomodasi.

Pantai di Pulau Onolimbu [image source]
Lokasi : Pulau Onolimbu, Kabupaten Nias, Sumatera Utara

3. Museum Pusaka Nias

Museum Nias [image source]
Museum ini adalah kebanggaan masyarakat setempat dan sekarang telah tumbuh menjadi atraksi wisata tersendiri. Tidak hanya menyimpan jejak sejarah, tapi berbagai informasi seputar budaya Nias. Beda dari museum kebanyakan, ternyata di sini ada kebun binatangnya. Kamu bisa melihat beberapa fauna asli Nias seperti burung, buaya hingga rusa. Agar pengunjung semakin betah, disediakan juga Museum Cafe dan penginapan berbentuk rumah adat yang disebut Omo Hada. Jika kamu ingin langsung ke sini, bisa mengambil penerbangan ke Medan lalu lanjut sampai Bandara Binaka. Dari sini perjalanannya memakan waktu hingga 30 menit.

Museum Nias [image source]
Lokasi : Jl. Yos Sudarso No. 134 A, Gunungsitoli, Iraonogeba, Gn. Sitoli, Nias, Sumatera Utara

4. Pantai Malaga

Pantai Malaga [image source]
Pantai Malaga juga wajib masuk dalam daftar destinasimu selama liburan di Nias. Udara di sekitar pantai begitu segar karena ada deretan pohon yang tumbuh rindang memberikan kesejukan. Letaknya masih berdekatan dengan Bandara Binaka atau bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dengan kendaraan bermotor. Meski di beberapa sudut masih perlu dibenahi, tapi Pantai Malaga sudah lengkap dengan penginapan bahkan juga tempat kulineran.

Pantai Malaga [image source]
Lokasi : Siwalu Banua II, GunungSitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara

Objek wisata Nias memang mengagumkan dari wisata sejarah hingga alam semuanya ada. Tentu berbagai pihak akan terus melengkapi fasilitas agar para wisatawan jadi lebih nyaman. Nias yang idaman tentu akan mudah diwujudkan. Next