Tempat Wisata Lamongan yang Bikin Kamu Melonjak Kesenengan

Ada ratusan bahkan mungkin ribuan jumlah destinasi wisata yang tersebar di seluruh Nusantara. Di setiap jengkal wilayahnya, mengandung keindahan tiada tara dan tidak kalah dengan destinasi-destinasi wisata di negara lain. Salah satu contohnya yang berada di Lamongan, Jawa Timur, ini.

Lamongan adalah sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Gresik di sebelah timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di sebelah selatan serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di sebelah barat. Kabupaten yang terletak sekitar 50 kilometer dari barat kota Surabaya ini memiliki banyak sekali pesona wisata yang sering menjadi jujukan wisatawan, baik yang lokal ataupun yang berasal dari luar negeri.

Namun, di antara semua tempat wisata Lamongan yang terkenal tersebut, ada beberapa di antaranya yang masih belum banyak terekspos secara luas. Ingin tahu tempat-tempat wisata di Kabupaten Lamongan yang masih jarang didatangi orang? Yuk, ikuti penelusuran singkatnya, berikut.

1. Gunung Pegat

Jika di Amerika Serikat ada Green Canyon atau di Semarang ada Brown Canyon, maka ada juga tempat yang hampir mirip dengannya, yaitu Gunung Pegat. Daerah yang terletak sekitar 5 kilometer dari pusat Kecamatan Babat, Lamongan ini adalah sebuah gunung kapur yang tak hanya memiliki keindahan luar biasa, namun juga sisi mistis yang dipercaya hingga kini oleh banyak orang, yaitu dapat membuat pasangan berpisah setelah mendatanginya.

Gunung Pegat [via Pesonawisatakotababat.blogspot.com]
Gunung Pegat [via Pesonawisatakotababat.blogspot.com]
Untuk pergi ke tempat yang berada di Desa Karang Kembang, Kecamatan Babat, Anda dapat melalui jalur darat dari arah Jombang atau jika dari arah Lamongan, Anda dapat melalui Dradah, Kedungpring atau Kalen Lamongan. Sesampai di sana, Anda dapat masuk ke lokasi tanpa dipungut biaya sepeser pun.

2. Pantai Kutang

Jika ditilik dari namanya, memang terkesan agak lucu karena kutang dalam Bahasa Indonesia memiliki artian pakaian dalam wanita. Akan tetapi, bukannya mengada-ada, di sebelah utara Kabupaten Lamongan ada satu pantai tersembunyi yang tak kalah indah dengan daerah wisata lain di Indonesia bernama Pantai Kutang. Menurut cerita rakyat, di waktu dulu banyak wanita yang menanggalkan dan meninggalkan pakaian dalamnya, yaitu kutang, ketika akan berenang di pinggiran pantai ini. Oleh karenanya, banyak berceceran bra di sepanjang pantai dan akhirnya tempat ini dinamakan Pantai Kutang.

Pantai Kutang [via Arekgresiklagi.blogspot.co.id]
Pantai Kutang [via Arekgresiklagi.blogspot.co.id]
Untuk menuju tempat ini, Anda dapat memulai perjalanan ke suatu tempat yang bernama Sidomukti. Dari perempatan Sidomukti, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah utara menuju Laut Jawa hingga menjumpai pertigaan yang tak jauh dari gapura Desa Labuhan Brondong Paciran. Setelah masuk di Desa Labuhan, Anda akan memulai perjalanan agak ekstrem karena harus melewati jalanan setapak yang terjal. Kurang lebih antara 30-45 menit, Anda akan sampai di Pantai Kutang.

3. Gunung Ratu

Cerita rakyat mengenai Gajah Mada memang selalu mengasyikkan untuk diikuti karena konon dialah yang berhasil mempersatukan banyak daerah di Indonesia hingga ke beberapa negara di luar negeri. Namun hingga kini, belum ada sejarah yang berhasil mengungkap di mana letak pasti lahirnya Sang Patih tersohor tersebut.

Gunung Ratu [via Lamonganoke.wordpress.com]
Gunung Ratu [via Lamonganoke.wordpress.com]
Namun, ada satu tempat yang juga sekarang menjadi objek wisata Lamongan dipercaya sebagai tempat lahirnya Gajah Mada, yaitu Gunung Ratu. Daerah yang berada di Desa Cancing, Kecamatan Ngimbang ini dipercaya merupakan tempat pengasingan Dewi Andong Sari, yaitu ibunda dari Gajah Mada. Untuk menuju makam Dewi Andong Sari dan juga tempat lahirnya Gajah Mada, dibutuhkan stamina yang kuat, karena Anda harus menaiki tangga berkelok yang cukup panjang.

Rute yang dapat ditempuh untuk menuju tempat tersebut adalah dari pasar Babat menuju arah Jombang atau sekitar 21 kilometer, Anda perlu berbelok ek arah timur dari Kantor Koramil Kecamatan Ngimbang. Dari pertigaan tersebut, sekitar 3 kilometer, maka lokasi yang dituju dapat dicapai.

4. Sendang Brumbung

Tak perlu jauh-jauh untuk menikmati onsen atau pemandian air hangat ke Negeri Sakura, Jepang, karena hanya perlu ke Sendang Brumbung yang terletak di Dusun Tepanas, Desa Kranji, Kecamatan Paciran ini, Anda juga dapat bermain-main air sampai berendam di pemandian yang konon sudah ada sejak era Kerajaan Majapahit. Bahkan, air pemandian yang dipercaya dapat menghilangkan penyakit kulit sampai pegal-pegal pada tubuh ini juga dikaitkan dengan sejarah Sunan Kalijaga dan Sunan Drajat.

Sendang Brumbung [via Indonesiatamasya.blogspot.com]
Sendang Brumbung [via Indonesiatamasya.blogspot.com]
Walaupun belum sepenuhnya diperhatikan oleh Pemkab Lamongan, akan tetapi popularitas Sendang Brumbung sudah banyak terdengar dan pada tahun 1994, pemandian ini baru dipersolek. Untuk menuju pemandian yang berukuran sekitar 5×10 meter dan telah dibagi untuk pria dan wanita ini, Anda harus melalui jalan yang sebagian besar masih makadam sepanjang 2 kilometer dari desa dan akan menjadi satu hal yang menyulitkan bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Biaya yang harus ditanggung pengunjung hanyalah untuk parkir saja, sebesar Rp 10 ribu untuk mobil dan Rp 3 ribu untuk motor.

5. Pantai Klayar

Jika Anda hanya menganggap bahwa Pantai Klayar hanya ada di Desa Kalak, Kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan saja, maka Anda salah karena di Desa Klayarmas, Paciran, Lamongan, pantai dengan nama sama juga ada. Pantai satu ini belum begitu dikenal luas karena tidak adanya pengelolaan secara serius untuknya.

Pantai Klayar Lamongan [via arekgresiklagi.blogspot.co.id]
Pantai Klayar Lamongan [via arekgresiklagi.blogspot.co.id]
Sesampai di pantai yang memiliki hamparan pasir pantai berwarna kecoklatan dan beberapa bagian di antaranya ditumbuhi bunga-bunga berwarna-warni tersebut membuat Pantai Klayar sangat mempesona.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi salah satu dari tempat wisata Lamongan yang tersembunyi di atas?

One Comment

Leave a Reply
  1. mau sedikit koreksi, yang nomor 2 itu alamatnya kurang benar, Brondong dan Paciran itu kecamatan yang berbeda, tetapi memang ber-tetangga-an.
    Pantai Kutang itu tepatnya di desa Labuhan Kecamatan Brondong, bukan Desa Labuhan Kecamatan Brondong Paciran. 🙂

    Tapi termakasih banyak sudah mempublikasikan destinasi wisata Lamongan yang masih banyak orang belum tahun 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *