13 Tempat Makan Halal di Pulau Bali

Kuliner adalah satu dari tiga komponen utama dalam traveling di samping transportasi dan akomodasi. Akan tetapi urusan kuliner dianggap sebagai yang paling rumit khususnya bagi traveler muslim terlebih jika mereka melakukan trip ke daerah non-muslim. Seperti traveler yang berlibur ke Pulau Bali, meski berada di Indonesia dengan jumlah penduduk beragama Islam mayoritas nyatanya pulau ini sebagian besar penduduknya menganut ajaran Hindu.

Baca Juga :10 Tempat Wisata Pilihan Untuk Liburan di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau

Jika kamu traveler muslim yang sedang berlibur di Bali wajar kalau merasa khawatir saat mencicipi hidangan di rumah makan atau bahkan sudah galau duluan saat memilih tempat makan. Jangan khawatir meski penduduk muslim di Bali adalah kelompok minoritas dan pulau ini pusat berkumpulnya para bule akan tetapi banyak kog tempat-tempat makan yang menyediakan menu halal. Kalau masih bingung, berikut Travelingyuk rangkumkan rekomendasi tempat makan halal di Bali yang bisa kamu pilih.

1. Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku

Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku adalah rumah makan yang menyediakan kuliner khas Bali dengan bangunan yang mengusung konsep tradisional. Hal itu bisa dilihat dari desain bangunannya yang menyerupai rumah tradisional pulau Dewata dengan halaman hijau yang luas dan nuansa pedesaan yang kental.

Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku [image source]
Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku [image source]
Menu andalah rumah makan ini tentu sana berupa nasi ayam yang lezat dan disebut-sebut yang terbaik seantero Bali. Nasi ayam yang dijual di sana dilengkapi dengan telur, lawar, sate lilit dan sambal matah. Harganya pun tergolong murah, satu porsi nasi ayam dihargai Rp. 25 ribu. Selain mendapatkan pilihan makanan lezat, traveler muslim tidak perlu lagi meragukan kehalalan menu makanan di sana. Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku berada di alamat Jalan Kayu Jati No.12, Ubud, Bali.

2. Sup Ikan Mak Beng

Sup Ikan Mak Beng adalah rekomendasi pilihan tempat makan halal untuk traveler yang berkunjung ke Pantai Sanur. Tidak usah jauh-jauh mencari tempat makan halal sebab jika kamu melewati perempatan jalan Bypass Ngurah Rai Sanur, Hotel Sanur Paradise maka akan menjumpai warung makan yang menyajikan menu utama sup ikan ini.

Sup Ikan Mak Beng [image source]
Sup Ikan Mak Beng [image source]
Sup Ikan Mak Beng sudah terkenal di kalangan traveler. Apalagi rumah makan ini sudah berdiri sejak 1941 dan masih eksis hingga saat ini. Umur yang cukup tua membuktikan bahwa kualitas makanan di rumah makan ini memang yahud. Ditambah satu paket menu ikan hanya dibanderol dengan harga Rp. 30 ribu saja.

3. Warung Pak Bagong

Desa Penglipuran dalam beberapa waktu terakhir menjadi tujuan wisata yang ramai. Ini adalah kawasan desa wisata dengan adat istiadat yang kental ditambah dengan lingkungannya yang bersih dan asri. Mayoritas penduduk yang tinggal di desa ini adalah penganut ajaran Hindu yang taat. Kalau berkunjung ke tempat ini dan butuh mengisi amunisi, datang saja ke warung Pak Bagong yang menjadi rekomendasi tempat makan halal berikutnya.

Warung Pak Bagong [image source]
Warung Pak Bagong [image source]
Warung Pak Bagong terletak di Desa Penglipuran, Bangli, Kintamani. Lokasinya bisa traveler jumpai sebelum kantor Bupati Bangli. Menu utama dari warung makan ini adalah aneka olahan ikan nila dan mujair dengan bumbu khas Bali. Ikan yang digunakan sebagai bahan utama didapatkan dari hasil budi daya di Danau Batur.

4. Ayam Betutu Men Tempeh

Makanan khas Bali yang sangat terkenal adalah ayam betutu. Olahan ayam yang dimasak dengan bumbu pedas penggoyang lidah ini banyak di jual di berbagai kota di Indonesia. Kalau di daerah asalnya, tempat makan favorit untuk mencicipi ayam betutu adalah di Ayam Betutu Men Tempeh.

Ayam Betutu Men Tempeh [image source]
Ayam Betutu Men Tempeh [image source]
Lokasi rumah makan ini berada di Jalan Melati, Gilimanuk, kabupaten Jembrana. Dari Warung makan ini banyak dikunjungi wisatawan khususnya yang sedang menikmati liburan di kawasan Taman Nasional Bali Barat dan Pemuteran. Sebab warung makan ini berada tidak jauh dari dua tempat wisata tersebut.

5. Layali Arabiya Lebanese Restaurant and Lounge

Selain tempat makan lokal yang menjual menu-menu khas Bali dan daerah lain di nusantara ada tempat makan lain yang menjual aneka menu makanan luar khususnya dari negara Lebanon. Adalah Layali Arabiya Lebanese Restaurant and Lounge, restoran yang terletak di Jalan Raya Legian Kaja No. 445, Kuta ini menyajikan aneka menu khas Lebanon mulai dari vegetarian dan juga grill campuran lebanon yang terdiri dari ayam, daging sapi dan domba.

Layali Arabiya Lebanese Restaurant and Lounge [image source]
Layali Arabiya Lebanese Restaurant and Lounge [image source]
Pembukaan restoran Lebanon ini terinspirasi dari perjalanan wisata Hamid Ismail di tahun 2008 ke Bali. Saat itu ia melihat bahwa di sekitar kawasan Kuta belum ada restoran Arab sehingga ia memutuskan untuk membuka restoran Arab yang pertama. Dalam usahanya ia menggandeng Chef Ziad Mzannar, koki Lebanon yang sudah 20 tahun malang melintang di dunia kuliner.

6. Bale Udang Mang Engking

Bale Udang Mang Engking adalah rumah makan halal yang terletak di Nakula 88, Sunset Road, Kuta, Jl. Raya Goa Gajah, Banjar Teges Kanginan, Desa Peliatan, Ubud. Rumah makan ini begitu menonjol pada arsitektur bangunannya yang berbentuk gazebo dari bambu dengan konsep terapung di atas danau buatan.

Bale Udang Mang Engking [image source]
Bale Udang Mang Engking [image source]
Lokasi rumah makan Bale Udang Mang Engking berada di pusat keramaian Kuta dan hanya berjarak 5 menit dari Pantai Kuta. Tak heran jika hampir setiap hari rumah makan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang kelaparan. Menu istimewa dari rumah makan ini adalah olahan udang menjadi berbagai macam jenis makanan yang lezat. Selain udang di sini traveler juga bisa memesan menu daging sapi, ayam dan bebek. Kalau dinner di sana, para tamu akan dihibur dengan penampilan tarian tradisional Indonesia.

7. Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo

Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo, pilihan tempat makan halal di kawasan Raya Kuta Tuban No.87, Kuta, Bali. Sesuai dengan namanya, menu-menu yang disajikan di rumah makan ini adalah makanan khas dari Pulau Jawa. Traveler yang berasal dari Jawa pasti suka makan di tempat ini.

Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo [image source]
Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo [image source]
Menu paling spesial dari Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo adalah ayam penyet. Yap, rumah makan ini memang sudah terkenal kemana-mana sebagai tempat untuk mencicipi ayam penyet paling enak dan otentik tidak kalah sama ayam goreng bikinan KFC. Apalagi cara menyantapnya masih ditambah dengan sambal pedas, lalapan mentimun dan lauk tambahan berupa tahu goreng.

8. Falafel House

Nampaknya sudah tertanam pada mindset kita semua bahkan makanan yang lezat pasti tidak sehat dan begitu juga sebaliknya. Tapi kalau kamu berkunjung ke Bali dan mampir ke Falafel House, mindset tersebut akan berbalik 180 derajat. Rumah makan yang menawarkan aneka menu makanan mediterania khas Timur Tengah ini sudah rasanya lezat menyehatkan pula.

Falafel House [image source]
Falafel House [image source]
Menu utama yang disajikan di restoran ini adalah hummus dengan rasa yang khas serta minuman menyehatkan yang diracik sendiri dari campuran jus dan vitamin. Belum percaya jika kalian belum membuktikan sendiri ke restoran ini. Datang saja ke alamat Jalan Legian No. 133, Kuta, Bali untuk mencicipi aneka menu halal dan menyehatkan dari Falafel House.

9. Poppies

Kawasan Poppies tidak hanya terkenal dengan penginapannya yang murah untuk backpacker namun di kawasan ini pula tersedia tempat makan halal yang recommended. Rumah makan tersebut bernama Poppies yang ada di dalam Jalan Legian, Gang Popies I, Kuta, Bali.

Poppies [image source]
Poppies [image source]
Menu yang disajikan cukup beragam dan para tamu bisa menikmati makanannya dengan santai di meja-meja makan yang diatur sedemikian rupa sehingga memberikan rasa nyaman. Meski banyak menu mewah yang disediakan tapi setiap tamu yang datang tidak akan pernah menolak untuk memesan nasi goreng spesial lengkap dengan telur, ayam dan udang yang menjadi menu andalan rumah makan ini selama 30 tahun.

10. Nyoman Cafe

Liburan ke Jimbaran belum lengkap jika belum mencicipi aneka olahan seafood di warung-warung makan yang ada di bibir pantai. Dari sekian banyak tempat makan terselip satu nama yang menjadi favorit wisatawan yaitu Nyoman cafe di Jalan Pantai Jimbaran No.5.

Nyoman Cafe [image source]
Nyoman Cafe [image source]
Tempat makan ini terkenal dengan menu kerang dan udangnya yang lezat. Rahasianya adalah udang dan kerang yang dimasak ditangkap di hari yang sama saat dimasak sehingga kesegarannya tetap terjaga.

11. Warung Nikmat

Warung Nikmat di Jalan Bakung Sari, Gang Biduri, No.6, Kuta, Bali adalah jujugan tempat makan bagi traveler domestik khususnya mereka yang berasal dari Pulau Jawa. Sebab rumah makan ini menyajikan aneka menu makanan lokal Jawa dengan cita rasa yang otentik.

Warung Nikmat [image source]
Warung Nikmat [image source]
Meski banyak tempat makan yang menawarkan menu makanan lokal akan tetapi kebanyakan traveler lebih memilih untuk bersantap di rumah makan Warung Nikmat ini. Kata mereka yang sudah pernah makan di sana, menu yang dihidangkan sesuai dengan nama warungnya, benar-benar nikmat.

12. Sunda Kelapa Restaurant Bali

Sunda Kelapa Restaurant Bali menjadi pilihan tempat makan halal yang tepat untuk traveler yang suka menepi dari keramaian pusat wisata. Sebab rumah makan ini berada di tempat yang tersembunyi tepatnya di dalam kawasan perumahan di Kuta atau lebih tepat berada di Jalan Kediri No.41, Tuban, Kuta.

Sunda Kelapa Restaurant Bali [image source]
Sunda Kelapa Restaurant Bali [image source]
Makanan lokal menjadi menu utama yang dijual di rumah makan Sunda Kelapa Restaurant Bali. Beberapa menu yang bisa dipesan antara lain olahan seafood dengan menu andalah gurame goreng, daging ayam hingga sapi dan masih banyak lagi. Karena mengusung tema lokal maka harga yang dipatok untuk setiap menu pun tergolong harga lokal yang terjangkau.

13. Raja Balinese Restaurant, Nusa Dua Beach Hotel & Spa

Pilihan tempat makan yang terakhir membawamu menjadi seorang bangsawan. Coba datang ke Raja Bali restaurant yang berada di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Alamatnya terletak di kawasan Pariwisata Nusa Dua North 4, Nusa Dua, Bali. Ini adalah salah satu restoran mewah di Bali dengan sajian makanan yang lengkap.

Raja Balinese Restaurant, Nusa Dua Beach Hotel & Spa [image source]
Raja Balinese Restaurant, Nusa Dua Beach Hotel & Spa [image source]
Menu khas Bali ayam betutu bisa dipesan di restoran ini. Ada pula sate lilit yang lezat dan menu penutup berupa makanan tradisional bernama rayun penyineb Bali sane Kasub yang terdiri dari santan dan puding kacang hijau, pisang goreng pancake pandan yang diisi dengan nangka dan kelapa.

Baca Juga :10 Tempat Wisata di Kabupaten Karimun Indah Nan Eksotis

Nah, banyak kan pilihan tempat makan halal di Bali? Kalau punya rencana liburan ke pulau ini lagi, jangan lupa untuk memilih salah satu tempat makan halal tersebut, dijamin menu-menu yang disajikan akan memanjakan perut. Next

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.