Deretan Tangga-Tangga Super-Ekstrem yang Menantang Nyali Anda untuk Menaklukkannya

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui 10 tangga dengan ketinggian super-ekstrem yang ada di beberapa negara di dunia, masih ada lanjutan dari bagian pertama yang masih mengulas tangga sejenis yang siap Anda daki atau lewati.

Seperti halnya tangga-tangga yang sudah Anda ketahui sebelumnya, ‘wahana ekstrem’ dari berbagai negara ini juga tetap membutuhkan stamina, kewaspadaan, konsentrasi dan mental yang cukup tinggi dalam upaya penaklukannya. Jika Anda tidak memiliki salah satu di antaranya, maka cukup berisiko untuk mencoba menaklukkan tangga super-ekstrem tersebut.

Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah tangga-tangga dengan ketinggian dan kemiringan yang sangat ekstrem dan siap Anda taklukkan.

Haiku Stairs, Hawaii

Ingin menikmati keindahan alam sekaligus menguji nyali, maka Haiku Stairs yang terletak di Oahu, Hawaii ini adalah jawaban yang sempurna. Tangga satu ini walaupun tidak terlalu memiliki kemiringan yang ekstrem namun stamina yang besar sangat dibutuhkan karena untuk mencapai ujungnya, Anda harus berjalan menapaki sekitar 3,922 anak tangga.

Haiku Stairs [Image source]
Haiku Stairs [Image source]
Tangga yang memiliki julukan Highway to Heaven ini dibangun pada tahun 1942 dan untuk menuju ujungnya, maka dibutuhkan perjalanan sekitar setengah mil dengan menapaki setiap anak tangga yang sudah terlihat tua dan rapuh. Di kanan kirinya, terdapat jurang yang cukup curam yang ditumbuhi tanaman liar.

Tiger and Turtle, Jerman

Dari kejauhan, tangga yang dinamakan Tiger and Turtle di Jerman ini mirip dengan wahana Roller Coaster besar, namun ketika berada di dekatnya, maka Anda akan terkecoh karena tidak ada sarana transportasi yang disediakan.

Tiger and Turtle [Image source]
Tiger and Turtle [Image source]
Hanya ratusan anak tangga yang memenuhi alur melingkar-lingkar dan tentunya akan sedikit ngeri ketika harus melewati dan berada di ketinggian tertentu di tempat tersebut.

Tianmen Shan Zhangjiajie, Cina

Tidak usah diragukan lagi akan keindahannya jika Anda mengunjungi tangga Tianmen Shan Zhangjiajie yang berada di Cina ini. Keindahan alamnya terbentang alami di kanan kiri serta ada sebuah tangga cukup lebar untuk dilalui banyak orang sekaligus menuju celah antara 2 gunung batu.

Tianmen Shan Zhangjiajie [Image source]
Tianmen Shan Zhangjiajie [Image source]
Dikarenakan jika dilihat dari bawah sinar matahari akan terlihat kontras, maka tidak heran jika Tianmen Shan Zhangjiajie disebut dengan istilah Door Way to Heaven atau Pintu Surga. Untuk menuju puncaknya, Anda harus menaiki anak tangga berjumlah. Tentu saja akan sangat melelahkan jika ingin menuju titik tertinggi dari Tianmen Shan Zhangjiajie ini.

Spiralway to Heaven, Cina

Selain Tianmen Shan Zhangjiejie, ada satu lagi tangga yang tak kalah ekstrem di Cina yang terletak di Gunung Taihang, Linzhou, Henan. Memang tidak ada nama resmi dari tangga ini, namun kebanyakan para pengunjungnya menyebutnya dengan istilah Starway to Heaven atau Spiralway to Heaven.

Spiralway to Heaven [Iamge source]
Spiralway to Heaven [Image source]
Tangga satu ini berbentuk spiral dan tertancap di dinding gunung serta berdiri tegak lurus dengan ketinggian lebih dari 300 kaki. Walaupun akan membuat Anda lelah ketika mencoba mencapai puncaknya, sesampai di atas, Anda dapat menikmati keindahan alam dari atas Gunung Taihang.

Chand Baori, India

Chand Baori adalah sebuah situs terkenal dan dinyatakan sebagai salah satu peninggalan budaya oleh UNESCO. Di tempat ini, selain dapat menikmati arsitektur bangunan yang dibangun di sekitar ratusan tahun lalu, Anda juga dapat mencoba menuruni atau menaiki tangga terbesar dan terindah di dunia.

Chand Baori [Image source]
Chand Baori [Image source]
Jumlah anak tangga di situs bersejarah yang dibangun oleh Raja Chanda pada abad ke-8 dan terletak di Provinsi Rajasthan, India, ini adalah sebanyak 3,500 buah dengan kemiringan yang cukup ekstrem serta dari atas sampai ke bawah memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Uniknya, setiap anak tangga yang terdapat di Chand Baori dibentuk secara simetri dan terlihat sangat indah.

Suspended Bridge, Swiss

Walaupun memiliki penyematan kata bridge atau jembatan, namun Suspended Bridge ini lebih mirip dengan sebuah gabungan antara jembatan dan tangga yang berfungsi sebagai penyeberangan untuk melintasi sebuah jurang di Viamala, Swiss, yang memiliki ketinggian lebih dari 200 kaki dari permukaan tanah.

Suspended Bridge [Image source]
Suspended Bridge [Image source]
Jembatan sekaligus tangga ini diciptakan oleh arsitek dan teknisi handal bernama Conzett dan Rolf Bachonfner. Karena bukan berupa jalanan yang landai, melainkan dibentuk menyerupai sebuah tangga yang digantungkan di ketinggian dan hanya tertopang dengan sling baja saja, maka tentunya akan ada sedikit kengerian ketika melewatinya karena Suspended Bridge akan bergoyang-goyang ketika ada yang melewatinya.

Hyakudanen Garden, Jepang

Hampir mirip seperti Chand Baori, tangga yang terletak di hyakudanen Garden, Awaji, Jepang ini juga berisikan tangga-tangga berkelak-kelok dengan struktur simetris dengan model berundak.

Hyakudanen Garden [Iamge source]
Hyakudanen Garden [Image source]
Walaupun dari satu alur tangga satu dengan lainnya tidak memiliki jarak yang cukup jauh dan anak tangganya hanya berisikan 12 buah saja, namun untuk menuju bagian bawah atau kembali ke bagian atas, dibutuhkan tenaga yang cukup karena memang sangat melelahkan saat menapaki satu demi satu anak tangga yang ada.

Sigiraya, Sri lanka

Jika Anda berkunjung ke Sri Lanka, maka tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Lion Rock atau sebuah batu berukuran sangat besar dengan ketinggian hampir 200 meter bernama Sigiraya. Di bagian atas dari batu ini terdapat sebuah kuil yang dibangun pada abad ke-14.

Sigiraya [Image source]
Sigiraya [Image source]
Untuk menuju puncak atau tempat di mana kuil tersebut berada, Anda harus menapaki setiap anak tangga yang menempel di tubuh batu besar tersebut dengan alur berkelak-kelok. Selain itu, anak tangga yang dapat dilalui cukup sempit, jadi diharapkan untuk mengantre dalam menuju puncaknya atau ketika akan turun ke bawah lagi.

El Penon de Guatape, Kolombia

Tidak hanya di Sri Lanka saja, di Kolombia juga terdapat batu yang sangat besar dan menyerupai bukit yang sering didaki oleh para pecinta alam untuk menuju puncaknya. Dikarenakan semakin tersohor, maka dibuatlah tangga yang dapat dinaiki tanpa harus mendaki menggunakan tali oleh para pengunjung.

El Penon de Guatape [Image source]
El Penon de Guatape [Image source]
Walaupun Anda termasuk orang yang takut ketinggian, namun ketika menaiki setiap anak tangga di El Penon de Guatape ini, rasa takut tersebut akan sirna karena keindahan alam yang disuguhkan saat Anda berada di puncak.

The Forty Steps of Kandahar, Afghanistan

The Forty Stepes of Kandahar adalah suatu tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi ketika Anda berada di Afghanistan. Di sebuah gunung batu terdapat terowongan yang untuk menujunya harus melewati anak tangga yang terpahat dari batu dengan kemiringan cukup ekstrem.

The Forty Steps of Kandahar [Image source]
The Forty Steps of Kandahar [Image source]
Kabarnya, tempat satu ini diciptakan pada abad ke-14 oleh Babur atau raja pertama dari Kerajaan Mughal. Ketika Anda sudah berada di puncak, maka Anda akan mendapati pahatan 2 ekor singa penjaga gerbang dan saat Anda memasuki gua, ada banyak peninggalan sejarah yang dapat dipelajari atau dilihat.

Bagaimana, tertarik dan tertantang untuk uji nyali dengan menaklukkan anak tangga yang berjumlah ratusan dengan ketinggian tangga yang tidak main-main tersebut?

Written by andi

andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *