Cara Ikut Program Mudik Gratis dari Pemerintah, Gampang Banget

Tidak terasa, bulan Ramadan sudah di depan mata. Tepatnya di tanggal 26 Mei 2017 ini, umat muslim sudah mulai menunaikan ibadah puasa. Hawa bulan suci ini pun mulai terasa karena masjid-masijd yang dipenuhi jamaah yang akan beribadah setiap harinya. Selama 30 hari, banyak jalan utama di kota besar akan berubah menjadi tujuan warga yang mencari cemilan dan minuman untuk takjil.

Kafe dan rumah makan juga berloma-lomba memberikan servis khusus Ramadan. Menu-menu baru ditawarkan, bahkan ada yang sengaja menambah jam jualan untuk umat muslim yang mencari sahur di luar rumah. Ah, suasana yang dirindukan akan datang. Rasanya tak sabar untuk bersilaturahmi dengan saudara dan handai tolan di kota kelahiran, ya.

Pengguna motor saat mudik membludak
Pengguna motor saat mudik membludak [image source]
Nah, mudik merupakan hal yang ditunggu-tunggu karena di momen ini lah kita bisa berkumpul kembali dengan keluarga besar. Jalanan pun akan dipenuhi dengan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Untuk ini, pemerintah kembali mengadakan acara mudik gratis bagi yang biasanya menggunakan sepeda motor bisa beralih naik bus, kereta api, juga kapal laut.

Melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pemerintah memberi kabar gembira ini sekaligus menghindari jalanan penuh dengan sepeda motor yang dikendarai pemudik. Pendaftaran online sudah bisa dilakukan di mudikgratis.dephub.go.id, Atau langsung datang di beberapa tempat yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang hingga Bekasi.

Mudik gratis bagi pengguna motor
Ilustrasi Mudik gratis bagi pengguna motor [image source]
Seperti sebelumnya, motor milik pemudik bisa diangkut dengan kendaraan tersendiri. Kamu yang memilih naik bus sudah bisa mendaftar program ini mulai 18 Mei hingga 16 Juni 2017 secara online maupun langsung di Gor Bulungan Blok M. Bisa juga dengan mendatangi Kantor Dishub Bekasi, Depok, dan Tangerang. Sedang yang menggunakan kapal, bisa daftar pada tanggal 29 Mei hingga 2 hari sebelum pemberangkatan. Siapkan dokumennya terlebih dahulu, yaitu Kartu Keluarga, KTP, SIM dan juga STNK. Bagi yang sudah daftar online, catat NO ID yang didapatkan agar proses bisa lebih cepat.

Untuk penumpang kereta api, pendaftaran langsung sudah ditutup. Pemudik bisa langsung daftar online mulai 15 Februari hingga 14 Juni 2017. Tidak semua orang yang  mudik dengan sepeda motor bisa mengikuti program pemerintah ini. Ada syarat-syarat yang harus diikuti.

Motor pemudik yang diangkut gratis
Motor pemudik yang diangkut gratis [image source]
Dilansir dari kompas.com, adapun persyaratan pendaftaran meliputi: sepeda motor harus dalam keadaan orisinil, membawa STNK dan SIM, tidak boleh ada modifikasi kendaraan, tidak boleh ada box samping dan belakang, tanki bensin harus dalam keadaan kosong, dan kondisi motor layak jalan.

Cepat daftarkan diri sebelum ditutup agar bisa pulang kampung dengan gratis. Kalau perlu, sempatkan memperbaiki motor agar masuk dalam kriteria layak jalan. Catat tanggal dan alamatnya, ya. Kalau pun tidak ikut program ini, kamu bisa tetap mudik. Lakukan perjalanan dengan santai, jika lelah bisa mendatangi objek wisata yang dekat dengan jalur mudik. Next