10 Spot di Gunung untuk Menikmati Sunrise Pertama 2017

Menyambut datangnya tahun baru 2017 dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sebagian orang berkumpung bersama keluarga di rumah kemudian makan bersama dan sebagian lagi memilih untuk berwisata baik di dalam maupun ke luar kota. Salah satu pilihan seru untuk menyambut datangnya tahun 2017 adalah dengan menikmati matahari terbit di berbagai tempat.

Kamu bisa melihat sunrise di pantai ataupun di gunung. Bagi para pecinta alam atau pendaki gunung, menyambut tahun baru 2017 dengan menyaksikan sunrise di atas puncak gunung merupakan pilihan terbaik. Beberapa gunung di Indonesia terkenal menjadi spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Berikut 10 gunung yang menyajikan panorama sunrise indah di Indonesia yang cocok kamu datangi untuk menyambut tahun baru.

1. Gunung Prahu

Sunrise di Gunung Prau [image source]

Gunung Prahu atau lebih dikenal dengan Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng atau tepatnya berada di perbatasan tiga kabupaten yaitu, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Gunung ini memang sangat terkenal dengan fenomena sunset dan sunrisenya yang indah. Di puncak gunung terdapat padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Kita juga dapat menjumpai bukit-bukit kecil dan sabana di atas sana. Karena gunung ini merupakan puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, sehingga para pendaki bisa menikmati sunrise yang bersanding dengan gunung-gunung di sekitar Gunung Prahu, seperti Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah.

Sunrise di Gunung Prau [image source]

Bisa bayangin kan gimana eksotisnya warna matahari yang keemasan menembus celah-celah pegunungan? Well, buat kamu yang belum pernah atau jarang mendaki gunung nggak perlu khawatir untuk datang kemari. Gunung ini cocok bagi para pendaki pemula karena ketinggiannya yang tergolong sedang yaitu sektar 2565 meter di atas permukaan laut serta jalur pendakian yang tidak begitu sulit sehingga waktu tempuh pendakian yang tidak terlalu lama.

2. Gunung Putri

Sunrise di Gunung Putri [image source]

Gunung Putri terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Gunung dengan ketinggian 1587 meter di atas permukaan laut ini merupakan salah satu gunung yang sangat mudah dijangkau. Hanya memerlukan waktu mendaki sekitar 30 menit melalui jalur perkebunan sayur dan sekitar 1-2 jam melalui jalur hutan pinus untuk dapat sampai ke puncaknya. Jalur pendakiannya pun pun sangat bersahabat, yang dapat dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan motor trail.

Sunrise di Gunung Putri [image source]

Di puncak gunung terdapat sebuah tugu bernama Tugu Gunung Putri yang merupakan penanda bahwa puncak gunung berada di situ. Dari puncak Gunung Putri pendaki bisa menikmati indahnya pemandangan Lembang dari atas serta ditemani semburat jingga matahari terbit. Kabut yang menyelimuti area Gunung Putri di pagi hari menambah keindahan tiada tara bak berada dalam negeri di atas awan. Jika ada waktu lebih, jangan lupa sempatkan diri untuk mampir ke benteng peninggalan Belanda yang ada di atas sana. Bagus buat tempat foto-foto, lho.

3. Gunung Andong

Gunung Andong [image source]

Gunung bertipe perisai ini terletak di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Merupakan salah satu dari sekian gunung yang mengelilingi Magelang, berdampingan dengan Gunung Telomoyo. Bentuknya yang mirip dengan punggung sapi membuatnya diberi nama Gunung Andong. Gunung dengan ketinggian sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut ini memiliki 4 puncak, yaitu Puncak Makam yang terdapat sebuah makam di atasnya, Puncak Jiwa yang biasa digunakan sebagai camping ground, puncak Alap-Alap, dan Puncak Andong yang merupakan puncak tertinggi.

Sunrise di Gunung Andong [image source]

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat sampai di puncak, karena pendaki hanya perlu menempuh waktu sekitar 1-2 jam perjalanan. Karena tergolong cukup mudah untuk didaki, Gunung Andong pun menjadi salah satu pilihan favorit bagi para anak muda. So, jangan kaget kalau sampai di puncak kamu akan menemukan begitu banyak orang dan tak lupa warung yang menjajakan makanan.

4. Gunung Merbabu

Sunrise di Gunung Merbabu [image source]

Gunung Merbabu berasal dari kata meru yang berarti gunung dan babu yang berarti wanita. Secara administratif Gunung Merbabu berada di Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Semarang. Gunung ini memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut. Meski tergolong memiliki ketinggin yang cukup tinggi, namun medannya tidak terlalu berat yang terdiri atas beraneka ragam jalur pendakian mulai dari datar, bergelombang, agak naik, sampai sangat menanjak.

Gunung Merbabu [image source]

Beberapa hal yang harus diwaspadai pendaki saat berkunjung ke gunung ini antara lain udara dingin, kabut tebal, serta hutan yang lebat namun homogen. Berada di hamparan savana Gunung Merbabu yang luas sambil menyaksikan rona jingga matahari terbit serta merasakan hembusan angin segar menusuk kulit tentu akan membuat pagi pertamamu di tahun 2017 tidak akan pernah terlupa.

5. Gunung Gede

Sunrise di Gunung Gede [image source]

Gunung Gede terletak di Bogor, Jawa Barat. Untuk dapat sampai ke puncak gunung dengan ketinggian 2.958 meter ini, pendaki harus menempuh sekitar 7-8 jam perjalanan. Gunung yang tidak terlalu jauh dari Jakarta ini merupakan salah satu tempat favorit untuk mendaki dan berkemah. Setiap pekan banyak pendaki yang datang untuk menikmati keindahan Gunung Gede.

Sunrise di Gunung Gede [image source]

Selain dapat menikmati sunrise di pagi hari, jika tidak berkabut kamu juga bisa melihat Kota Bogor, Cianjur, Sukabumi, bahkan sampai Jakarta dari atas puncak. Lokasi favorit para pendaki saat berkunjung ke Gunung Gede adalah Alun-alun Surya Kencana dan Lembah Mandalawangi atau Lembah Kasih karena bunga edelweis tumbuh dengan subur di sini.

6. Gunung Bromo

Gunung Bromo [image source]

Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata paling terkenal di Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketinggian 2.329 meter ini terletak di 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo memiliki keindahan yang berbeda dari gunung-gunung pada umumnya yaitu memiliki bentuk tubuh yang saling bertaut di antara lembah dan ngarai serta dikelilingi kaldera atau lautan pasir dengan luas sekitar 5.300 hektar.

Sunrise Gunung Bromo [image source]

Selain itu cara menuju ke Gunung Bromo pun berbeda dari gunung-gunung pada umumnya, kamu tidak perlu capek-capek mendaki hingga memakan waktu berjam-jam karena untuk sampai di Gunung Bromo dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda 2. Tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbit adalah di puncak penanjakan, dari kejauhan akan terlihat puncak gunung semeru yang mengeluarkan asap disinari dengan rona jingga matahari terbit, sungguh indah sekali.

7. Gunung Semeru

Gunung Semeru [image source]

Secara administratif Gunung Semeru terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dan gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Pulau Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Untuk dapat sampai ke ‘Puncak Abadi Para Dewa’ ini dibutuhkan setidaknya 4 hari perjalanan mendaki pergi dan pulang. Jalur pendakian di gunung ini memiliki medan yang tergolong sulit terutama bagi mereka yang masih pemula dan belum terbiasa mendaki gunung.

Ranu Kumbolo, Semeru [image source]

Dibutuhkan kesiapan fisik dan mental yang prima serta perbekalan yang memadai agar pendakian berjalan lancar. Buat kamu yang nggak kuat untuk melanjutkan perjalanan sampai ke puncak, menikmati sunrise di Ranu Kumbolo juga sudah sangat istimewa lho. Di sini kamu akan melihat warna keemasan muncul melalui celah-celah pegunungan dari kejauhan dilengkapi dengan pemandangan danau yang indah,

 8. Gunung Kelimutu

Sunrise di Gunung Kelimutu [image source]

Gunung ini terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Nama Kelimutu berasal dari gabungan kata “keli” yang berarti gunung dan “mutu” yang berarti mendidih. Gunung Kelimutu memiliki ketinggian 1639 meter di atas permukaan laut. Yang istimewa dari Gunung Kelimutu adalah, gunung ini memiliki 3 buah danau kawah di puncaknya yang dikenal dengan nama Danau Tiga Warna. Warna danau ini selalu berubah-ubah seiring waktu. Tak perlu khawatir dengan jalur pendakian di gunung ini, karena sudah disediakan trek khusus bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan puncak Gunung Kelimutu. Bahkan berbagai fasilitas seperti gazebo, lahan parkir dan jajaran kios sudah tersedia di sini. Jangan lupa datang pagi-pagi sekali untuk menikmati matahari terbit di balik keindahan kawah Gunung Kelimutu.

9. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci [image source]

Gunung berapi tertinggi di Indonesia ini juga dikenal dengan sebutan Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura. Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut ini teletak di Provinsi Jambi berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat. Dari atas puncak Gunung Kerinci, pendaki bisa melihat panorama indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu.

Sunrise di Gunung Kerinci [image source]

Selain itu di puncak Gunung Kerinci terdapat kawah berisi air berwarna hijau dengan luas 400 x 120 meter. Di sebelah timur terdapat Danau Bento dengan airnya yang jernih dan segar. Kapan lagi bisa menikmati pemandangan matahari terbit dari atas gunung berapi tertinggi di Indonesia ditambah dengan panorama kawah dan danaunya yang cantik pula!

10. Gunung Batur

Sunrise di Gunung Batur [image source]

Terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Pulau Dewata Bali, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 1717 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki kaldera yang sangat luas dan di tengahnya terdapat sebuah danau bernama Danau Batur. Belakangan ini mulai marak wisatawan lokal maupun mancanegara mencoba menaklukan puncak Gunung Batur karena keindahannya. Sudah banyak orang yang mengabadikan momen matahari terbit dari atas puncak Gunung Batur.

Panorama Gunung Batur di Pagi hari [image source]

Selain karena keindahannya yang menggoda, medan menuju ke puncak gunung tergolong tidak terlalu sulit dan thanya memakan waktu sekitar 2 jam saja. Biasanya gunung ini semakin ramai dikunjugi wisatawan pada akhir pekan, so kamu nggak usah takut akan tersesat atau sendirian. Gimana, tertarik untuk menyambut semburat jingga dari ufuk timur di atas puncak Gunung Batur?

Inilah kesepuluh gunung dengan panorama sunrise indahnya yang cocok kamu datangi untuk menyambut tahun 2017. Mana yang menurutmu paling indah?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *