10 Kebun Teh Paling Fotogenik untuk Menikmati Sunrise

Momen matahari terbit merupakan salah satu momen indah yang sering dinanti banyak orang. Saking istimewanya, untuk menikmati momen yang satu ini, banyak orang yang mau meluangkan waktu dan pergi ke tempat yang cukup jauh. Beberapa tempat favorit para pecinta sunrise adalah pantai dan gunung. Dari atas gunung maupun dari tepi laut, panorama sunrise memang terlihat jelas dan sangat menakjubkan.

Tapi, bagaimana jadinya jika kita menikmati sunrise di tempat lain, kebun teh misalnya. Tentu akan sangat menyenangkan bisa menikmati segarnya hawa perkebunan sambil melihat sunrise yang cantik. Berikut ini 10 kebun teh paling fotogenik yang bisa kamu datangi untuk menikmati sunrise.

1. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo [image source]

Kebun Teh Nglinggo berada pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, dan  secara administratif berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Obyek wisata alam yang berada di Perbukitan Menoreh ini menyajikan panorama indah yang menyejukkan mata. Hijaunya perkebunan teh yang terhampar sepanjang mata memandang menjadikannya destinasi yang tepat untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Selain terkenal dengan panoramanya yang indah, kebun teh ini juga telah meluncurkan produk teh yang diberi nama Teh Wangi Suroloyo dan merupakan ikon produk kebun teh di kawasan Samigaluh.

Nglinggo [image source]

Karena sudah sejak lama menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi masyarakat, di Kebun Teh Nglinggo sudah tersedia berbagai fasilitas penunjang, seperti area parkir, warung-warung kecil yang menjual berbagai makanan dan minuman, hingga homestay serta camping ground bagi pengunjung yang ingin bermalam disini. Cukup banyak pengunjung yang memilih bermalam di sini karena Kebun Teh Nglinggo merupakan salah satu spot alternatif untuk menikmati sunrise. Selaim berjalan menyusuri kebun serta menikmati sunrise di atas hamparan kebun teh yang hijau, pengunjung juga bisa menikmati berbagai tempat wisata yang letaknya tak jauh dari Kebun Teh Nglinggo, seperti Bukit Jaran, Hutan Pinus, Gardu pandang, Bukit Widosari, Watu Amben, dan Air Terjun Watu Jonggol.

2. Kebun Teh Rancabali

Rancabali [image source]

Kebun Teh Rancabali terletak di kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat atau sekitar 50 kilometer di sebelah selatan Kota Bandung. Posisinya yang berada di ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut, membuat suhu di kawasan perkebunan ini relatif sejuk yaitu sekitar 20°C. Pemandangan kebun teh yang indah membentang serta udaranya sejuk dan menyegarkan, sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat atau refreshing sejenak dari padatnya aktifitas sehari-hari.

Rancabali [image source]

Selain berjalan-jalan menikmati indahnya pemandangan di sepanjang kebun teh, pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan menarik tentang teh, mulai dari proses penanaman teh hingga proses pemetikan. Saat pagi hari merupakan saat terbaik untuk datang ke perkebunan ini, karena pengunjung bisa merasakan segarnya udara pagi sembari menikmati sunrise yang muncul di antara hamparan tanaman teh. Selain itu, salah satu daya tarik perkebunan teh ini karena letaknya yang cukup strategis, yaitu berada di dekat berbagai objek wisata alam lainnya. Di sisi kanan perkebunan terdapat air terjun kecil yang menarik untuk dikunjungi saat berwisata kemari. Tak lupa objek wisata alam legendaris Situ Patenggang dan Kawah Putih juga terletak tak jauh dari perkebunan.

3. Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning [image source]

Kebun Teh Kemuning membentang di atas lahan dengan luas sekitar 438 hektar. Berada di ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut dan secara administratif terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Lokasinya yang berada tepat di kaki gunung Lawu membuat kebun teh ini menyajikan pemandangan indah khas pegunungan yang berbeda dari biasanya.

Kebun Teh Kemuning [image source]

Selain berjalan-jalan mengelilingi kebun, pengunjung juga dapat bersantai sembari menikmati pemandangan di spot-spot seperti gardu pandang yang disediakan pengelola kebun untuk menunjang rekreasi. Suasana Kebun Teh Kemuning lebih terasa istimewa di pagi hari, karena kamu bisa menikmati sejuk dan segarnya udara pegunungan serta keindahan rona jingga matahari terbit di tepi hamparan perkebunan teh.

4. Kebun Teh Sukawana

Kebun teh Sukawana [image source]

Kebun Teh Sukawana menjadi perkebunan teh yang jaraknya paling dekat dari Kota Bandung, yaitu hanya sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Kebun teh ini berada di kawasan Lembang, tepat di kaki Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu. Karena letaknya yang begitu istimewa, membuat kebun teh ini juga menyajikan panorama yang istimewa.

Kebun teh Sukawana [image source]

Kebun Teh Sukawana menawarkan sensasi keindahan alam serta udara yang segar khas wilayah kaki gunung. Di kebun teh ini pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti tea walk, hiking, camping, off road, dan lain-lain. Nikmati sensasi keindahan yang berbeda di Kebun Teh Sukawana dengan berkunjung di pagi hari saat matahari terbit, pengunjung akan menyaksikan indahnya matahari yang muncul perlahan di antara dua gunung yang saling berjejer.

5. Kebun Teh Kayu Aro

Kayu Aro [image source]

Belum banyak orang yang tau bahwa kebun teh yang terletak di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi ini merupakan kebun teh tertua di Indonesia dan tertinggi kedua di dunia. Berada di kaki Gunung Kerinci, Kebun Teh Kayu Aro yang membentang seluas 2,500 hektar ini tak hanya menyajikan panorama alam yang luar biasa, tapi juga memproduksi salah satu jenis teh terbaik di dunia, yaitu teh hitam ortodox.

Kebun Teh Kayu Aro [image source]

Teh yang diekspor ke berbagai negara ini diolah dengan cara konvesional, sehingga serbuk teh tidak mengandung pewarna buatan dan pengawet. Well, penasaran dengan pemandangan yang ada di kebun teh yang katanya terindah di Indonesia ini? Segeralah mampir ke Jambi!

6. Kebun Teh Gunung Mas

Kebun Teh Gunung Mas [image source]

Kebun teh yang satu ini sepertinya sudah tidak terlalu asing lagi di telinga masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di sekitar Jakarta dan Jawa Barat. Kebun Teh Gunung Mas terletak di Jalan Raya Puncak Km. 87 Cisarua, Bogor, tepat di tepi jalan utama menuju kawasan wisata Puncak, Jawa Barat. Kebun teh ini termasuk salah satu perkebunan teh yang dikelola dengan baik, untuk pariwisata maupun edukasi.

Kebun Teh Gunung Mas [image source]

Selain memiliki pemandangan yang indah, Kebun Teh Gunung Mas menyediakan berbagai fasilitas menarik bagi pengunjung yang datang. Kegiatan menarik seperti tea walk, berkuda, berkunjung sambil menambah pengetahuan di pabrik pengolahan teh, flying fox, camping, berenang, hingga menikmati pemandangan kebun teh sambil bersantai di tea cafe dapat dilakukan disini. Jika ingin menginap bersama keluarga, tersedia bungalow atau kamar penginapan dengan berbagai tipe.

7. Kebun Teh Kaligua

Kebun teh Kaligua [image source]

Kebun Teh Kaligua terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, atau berjarak sekitar 15 kilometer dari Bumiayu. Kebun teh ini menjadi salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi masyarakat. Bukan hanya karena keindahan alamnya, berbagai fasilitas rekreasi yang tersedia di kebun teh ini membuat pengunjung tak bosan-bosan untuk datang kemari. Wahana bermain seperti flying fox, multiline climb, dan jaring laba-laba serta aktifitas berkuda dan bersepeda dapat ditemui di sini.

Kebun teh Kaligua [image source]

Salah satu hal yang membuat kebun teh ini semakin istimewa adalah adanya sebuah kolam renang yang dibangun di tengah perkebunan teh dan dikelilingi perbukitan. Air yang mengisi kolam ini pun terasa begitu segar karena berasal dari sumber mata air abadi yang biasa disebut warga dengan “Tuk Bening”. Jika ingin bermalam, kamu bisa pilih untuk menyatu dengan alam dengan tidur di camping ground atau menginap di wisma yang telah disediakan. Di pagi hari, segeralah bangun dan bergegas menuju gardu pandang Puncak Sakub untuk menikmati panorama indah hamparan kebun teh yang menyatu dengan warna keemasan matahari terbit yang perlahan mengintip di balik perbukitan.

8. Kebun Teh Sidamanik

Kebun Teh Sidamanik [image source]

Kebun teh dengan panorama yang indah tak melulu ada di Pulau Jawa, kok. Kebun Teh Sidamanik contohnya. Terletak di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, kebun teh yang satu ini cukup terkenal di kalangan masyarakat. Tanaman teh berwarna hijau yang terhampar luas bak permadani yang membuat terpesona siapa saja yang melihat.

Kebun Teh Sidamanik [image source]

Dengan luas wilayah perkebunan mencapai 8.373 hektar, kebun teh ini merupakan penghasil teh hitam berkualitas. Selain menikmati pemandangan dengan berkeliling kebun, pengunjung juga bisa bermain air di Air Terjun bah Butong yang letaknya tak jauh dari perkebunan. Dijamin liburanmu akan menjadi semakin menyenangkan.

9. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari [image source]

Bergeser ke Jawa Timur, terdapat sebuah perkebunan teh yang terletak di Lawang, Kabupaten Malang atau berjark sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Kebun Teh Wonosari yang memiliki luas area sekitar 1.144 hektar ini, merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur yang dijadikan tempat wisata. Di kebun teh yang terletak di ketinggian antara 950-1.250 meter di permukaan laut ini, disediakan berbagai fasilitas penunjang rekreasi seperti flying fox, berkuda, wall climb, paint ball, kolam renang, dan fasilitas lainnya.

Kebun Teh Wonosari [image source]

Pengunjung juga bisa menambah pengetahuan dengan berkunjung ke pabrik teh untuk melihat proses pengolahan teh so, nggak hanya pemandangan alam indah yang akan kamu dapat di sini. Jika ingin menginap lebih lama, di Kebun Teh Wonosari tersedia berbagai macam penginapan mulai dari yang kecil hingga yang berukuran besar yang dapat menampung seluruh anggota keluarga. Jangan bangun siang-siang ya, karena akan sangat sayang jika kamu melewatkan indahnya momen pagi hari di Kebun teh Wonosari.

10. Kebun Teh Tambi

Kebun teh Tambi [image source]

Perkebunan teh yang terletak di Sedayu, Sapuran, Kabupaten Wonosobo ini merupakan salah satu agrowisata kebun teh yang berada di jawa Tengah. Kebun Teh Tambi yang terletak di ketinggian 1400 meter di permukaan laut ini rupanya berada di lereng Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, lho. Kamu bisa mampir kemari sebelum atau selepas berkunjung ke objek wisata Dieng, karena jarak keduanya tidak terlalu jauh.

Kebun teh Tambi [image source]

Hawa pegunungan yang sejuk ditambah hijaunya kebun yang terhampar sejauh mata memandang menjadi obat kala jenuh melanda. Jika datang kemari, cobalah untuk berkeliling kebun sambil memperhatikan para pemetik teh yang sedang bekerja. Sensasinya, dijamin beda!

 Well, inilah kesepuluh kebun teh fotogenik yang dapat kamu kunjungi untuk menikmati sunrise di pagi hari. Apakah kebun teh di daerahmu termasuk salah satunya? Next

Written by Atikah W

I love Traveling