Sumatera Barat, Negeri Dongeng Asli Indonesia yang Tiada Duanya

Dongeng mana yang tidak menyebutkan sebuah tempat indah. Istana-istana menjulang tinggi di sana, pegunungan mengelilingi bak dinding raksasa yang gagah perkasa. Ada juga sungai yang mengalirkan air jernih ke berbagai penjuru daerah. Masih ingat di benak saya ketika dulu mendengar cerita tentang cerita-cerita pengantar tidur. Anganku melayang dan membayangkan sebuah negeri yang menawan dan ingin tinggal di sana. Kamu mungkin punya pengalaman yang sama bukan? Nah jangan hanya dijadikan kenangan saja, ayo diwujudkan dengan datang ke Sumatera Barat. Sebuah provinsi yang keindahan alamnya seperti negeri dongeng.

Masyarakatnya memiliki budaya khas yang tetap terjaga hingga saat ini, hampir semuanya ramah-ramah dan akan membuat kamu nyaman dengan segala suguhannya, termasuk dalam hal kuliner enak dan rancak bana. Selain itu, dengan berjalan-jalan di waktu fajar menyingsing atau senja menyapa, kamu akan melihat pemandangan yang benar-benar seperti surga. Biar semakin jelas, lihat foto dan ulasannya di bawah ini.

1. Air Terjun Pincuran Tujuah

Air Terjun Pincuran Tujuah [image Source]
Air Terjun Pincuran Tujuah [image Source]

Arti dari sebutannya adalah pancuran tujuh, mengacu pada tingkatan-tingkatan air terjun yang sebenarnya tidak hanya berjumlah tujuh tapi banyak. Sedangkan di sisi-sisinya nampak alam liar yang masih alami. Bebatuannya menghijau karena ditumbuhi lumut. Jadi hati-hati ya karena medannya cukup licin. Kamu bisa menemukan air terjun ini di wilayah Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Alahan Panjang, Kabupaten Solok. Karena jalur yang harus ditempuh cukup jauh, maka sebaiknya kamu membawa perbekalan yang cukup termasuk mantel karena meski musim kemarau sekalipun sering terjadi hujan.

2. Air Terjun Sarasah

Air Terjun Serasah [image Source]
Air Terjun Serasah [image Source]

Beralih ke Ulu Gadut, yaitu sekitar 17 km dari pusat Kota padang terdapat satu lagi air terjun cantik yang unik. Sebutan populernya adalah Air Terjun Sarasah. Waktu tempuh normal untuk sampai ke sini sekitar setengah jam dari Ulu Gadut. Dari parkiran kamu bisa mengikuti aliran sungai menuju ke atas hingga sampai di pancuran air yang melewati batu-batu berundak mirip dengan tangga, itulah daya tarik dari Air terjun Sarasah

3. Istano Baso Pagaruyung

Istana Pagaruyung [image Source]
Istana Pagaruyung [image Source]

Sumatera Barat adalah negeri orang-orang Minang yang sejak dulu telah bersuku dan beradat. Memiliki nilai-nilai kekeluargaan yang kental. Pada masa lampau ketika Nusantara masih terpecah-pecah, Ranah Minang dikuasai oleh beberapa Kerajaan. Salah satunya adalah Pagaruyung. Hingga saat ini peninggalan-peninggalan sejarahnya masih bisa dilihat. Misalnya saja Istano Baso Pagaruyung di Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar.

4. Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam [image Source]
Air Terjun Lubuk Hitam [image Source]

Juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Tiga Tingkat, menampilkan atraksi alam yang mengagumkan. Gemericik air terdengar jelas, bahkan dari kejauhan sekalipun disauti oleh suara burung-burung yang terbang di atasnya, begitulah Air Terjun Lubuk Hitam menarik para wisatawan khususnya masyarakat Bungus, Teluk Kabung, Kota Padang dan sekitarnya. Jika beruntung, kamu akan melihat pelangi di tepat ini, pasti keren banget tuh.

5. Gunung Talang

Gunung Talang [image Source]
Gunung Talang [image Source]

Pendakian Gunung Talang yang memiliki ketinggian 2597 mdpl akan menjadi kegiatan seru, karena setiap melangkah kamu bisa melihat pemandangan yang indah. Apalagi jika kamu sampai di puncaknya, sapalah lembah-lembah Kabupaten Solok yang ditutupi oleh perkebunan teh dan persawahan. Gunung ini memiliki kawah cantik yang disebut dengan danau Talang.

6. Air Terjun Lingkuik Tinggi

Air Terjun Lingkuik Tinggi [image Source]
Air Terjun Lingkuik Tinggi [image Source]

Di kawasan ini, kamu akan disuguhi lima air terjun keren dengan ketinggian dan karakteristik yang berbeda-beda. Lokasinya berada do Jorong Nyiua, Kenagarian Malalak, Kabupaten Agam. Jika kamu berangkat dari Bukittingi, ada jakar sejauh 40 km yang harus kamu tempuh. Saran kamu, datanglah sebelum siang karena bisanya di atas jam 12 siang kondisi alamnya berkabut bahkan juga basah oleh hujan deras.

7. Danau Tamosu

Danau Tamasau [image Source]
Danau Tamasau [image Source]

Sawahlunto tidak hanya terkenal karena peninggalan-peninggalan sejarahnya saja, tapi juga lingkungan yang eksotis baik yang terbentuk secara alami maupun sisa-sisa aktivitas manusia. Misalnya saja Danau Tomasi, airnya berwarna biru seperti lautan dan dulunya merupakan kawasan pertambangan batubara. Hingga saat ini belum ada campur tangan dari pemerintah untuk mengelola tempat wisata baru itu, namun yang datang setiap harinya terus bertambah karena sudah banyak yang mempromosikannya lewat sosial media

8. Bukik Bulek

Bukik Bulek [image Source]
Bukik Bulek [image Source]

Inilah potret negeri dongeng yang lebih nyata, sebuah perkampungan sederhana yang berdiri di tengah-tengah alam yang luar biasa. Dari kejauhan kamu bisa memandang perairan yang luas dengan latar belakang bukit tinggi ditutupi oleh rimbunnya pepohonan.Masyarakat Minang menyebutnya Bukik Bulek, berada di Taram, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Masih banyak tempat keren lain di Sumatera Barat. Namun, bukankah delapan destinasi di atas sudah bisa membangkitkan semangatmu untuk datang ke Sumatera Barat? Next