Lokasi Kemping Favorit di Wonosobo, Melihat Sunrise Paling Memukau

Kemping di Gunung Prau

Beberapa traveler menyebut Wonosobo sebagai atap dunia atau negeri di atas awan. Bagaimana tidak? Hampir sebagian besar kawasan ini adalah dataran tinggi dengan puncak berupa bukit dan gunung. Tidak pelak, spot pendakian dan juga kamping mulai bermunculan dan menjadi incaran cukup banyak pelancong baik dari dalam maupun luar negeri.

Kalau kamu kebetulan sedang berada di Wonosobo, coba lakukan kamping di spot spektakuler di bawah ini. Selain suasananya yang super sejuk dan menenangkan, pemandangan yang didapatkan juga mampu membuatmu jatuh hati. Baiklah langsung saja, inilah spot kamping spektakuler di Wonosobo.

1. Gunung Prau

Gunung Prau [image source]
Gunung Prau adalah lokasi kamping paling laris di kawasan Wonosobo. Untuk mencapai kawasan ini, kamu harus mendaki cukup jauh dengan medan yang cukup menantang. Jadi, persiapkan fisik dan mental terlebih dahulu sebelum muncak dan akhirnya mendirikan tenda di pundak Gunung Prau yang indah.

Kemping di Gunung Prau
Kemping di Gunung Prau [via]
Yang menyebabkan gunung ini menjadi incaran banyak orang meski medannya cukup sulit adalah dua hal. Pertama adalah indahnya langit malam, kalau cuaca cerah, kamu bisa menikmati magisnya galaksi bima sakti. Kedua adalah sunrise di pagi hari dengan kabut tipis yang akhirnya terbelah dan menghilang.

Nama: Gunung Prau

Alamat: Dieng, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354, Indonesia

2. Puncak Sikunir

Puncak Sikunir [image source]
Puncak Sikunir adalah destinasi paling wahid selain kawah Dieng yang menjadi incaran banyak wisatawan. Daya tarik dari puncak ini adalah adanya golden sunrise atau matahari terbit dengan warna kuning keemasan. Oh ya, golden sunrise di sini, dipercaya terbaik se Asia Tenggara loh.

Puncak Sikunir, the sunrise! [image source]
Akses menuju Puncak Sikunir lebih mudah ketimbang Gunung Prau. Selain itu, lokasi homestay ke puncak juga tidak terlalu jauh. Meski akomodasi cukup banyak, para pelancong lebih banyak memilih mendirikan tenda untuk menikmati alam liar yang sangat menakjubkan di sekitaran Telaga Cebong.

Nama: Puncak Sikunir

Alamat: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia

3. Bukit Sidengkeng

Bukit Sidengkeng [image source]
Akses pendakian ke kawasan bukit Didengkeng dari bawah hingga ke atas cukup mudah. Seorang pemula bisa menyelesaikannya di bawah 15 menit. Mudahnya akses lokasi dan pemandangan yang ditawarkan cukup indah, bukit ini jadi incaran banyak orang yang ingin menghabiskan malam dan berburu sunrise di pagi hari.

Bukit Sidengkeng, camping ground [image source]
Pesona yang ditawarkan oleh bukit Sidengkeng tidak hanya luasnya camping ground dan tentu saja suasana yang segar saja. Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhi indah dua telaga yang menjadi primadona dari Dieng yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang tampak berkilau dari kejauhan.

Nama: Bukit Sidengkeng

Alamat: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354, Indonesia

4. Wanawisata Petak 9

Wanawisata Petak 9, camping ground [image source]
Wanawisata Petak 9 adalah salah satu destinasi wisata baru yang dikembangkan oleh Pemerintah Wonosobo. Di tempat yang tidak terlalu jauh dari Bukit Sidengkeng ini, kamu bisa menikmati sensasi melihat telaga, gunung, persawahan, dan perumahan penduduk dar kejauhan. Di pagi hari, sunrise yang sangat indah juga sudah menunggu untuk disambut.

Wanawisata Petak 9 [image source]
Kawasan ini dikelola dengan baik dan dibuat wanawisata. Untuk camping ground, pihak pengelola sudah menyediakan lahan cukup luas. Tidak hanya itu, kawasan ini juga memiliki ragam fasilitas seperti outbound yang bisa kamu jajal ketika ke sana. Sambil menyelam, minum air; sambil kamping, bermainlah sampai puas.

Nama: Wanawisata Petak 9

Alamat: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354, Indonesia

5. Bukit Pangonan

Bukit Pangonan [image source]
Kalau empat kamping sebelumnya menyajikan pemandangan telaga atau pemandangan gunung yang sangat menakjubkan. Bukit Pangonan menghadirkan pemandangan lain yang unik dan sayang untuk dilewatkan. Saat melakukan dan melakukan kamping di sini, kamu bisa menikmati indahnya padang savana yang membentang sangat luas.

Bukit Pangonan, tempat kamping [image source]
Untuk bisa sampai ke kawasan bukit yang berada di atas Candi Arjuna ini dibutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Dari kawasan basecamp hingga ke puncak dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Setelah sampai di puncak, kamu bisa menikmati leganya pemandangan yang siap untuk dipotret dan diunggah di Instagram.

Nama: Bukit Pangonan

Alamat: Dieng Kulon, Batur, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia

Inilah tempat kamping paling spektakuler di kawasan Wonosobo yang siap kamu datangi. So, kapan nih menyusun itenerary perjalanan ke kawasan kawah Dieng dan sekitarnya? Next