Mantapkan Hati Untuk Solo Traveling, Sudahkah Kamu Mempunyai ‘Modal’ ini?

Sebentar lagi kamu akan ketemu dengan akhir pekan, saat-saat yang ditunggu oleh siapapun yang sudah lelah dengan rutinitas dan pekerjaan. Dan libur akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk bersantai melepas kepenatan. Apakah rencanamu untuk akhir pekan nanti? Jalan-jalan bersama dengan sahabat dan keluarga mungkin akan sangat menyenangkan. Kamu bisa piknik ke taman atau pergi ke luar kota. Sayangnya rencana seperti ini jadi nggak kesampaian karena orang-orang yang diajak pada nggak bisa karena punya kesibukan sendiri-sendiri. Mau ngajak pacar nggak bisa karena kamu jomblo, jadi sabar ya! Kenapa kamu nggak jalan-jalan sendirian saja? Jangan dikira kamu bakalan kesepian ya.

Karena solo traveling itu akan membuatmu merasakan pengalaman dan sensasi yang berbeda. Kamu bisa bebas pergi ke mana saja, membawa apa saja, tanpa diganggu oleh orang lain. Meski begitu, solo traveling itu juga nggak boleh sembarangan dilakukan. Karena nggak ada yang menemanimu, maka perhatian harus lebih ekstra kamu berikan. Terutama untuk barang-barang yang kamu bawa. Berikut ini adalah beberapa modal yang harus kamu miliki sebagai seorang solo traveler.

1. Niat dan Keberanian

Keberanian [image source]
Keberanian [image source]
Kedengarannya memang menarik, dengan menjadi solo traveler kamu bisa lebih bebas menjelajah dan bertualang. Soal makanan juga bisa kemu tentukan sendiri. Dan yang pasti tidurmu tidak akan terganggu dengan orang lain yang kadang tingkahnya bisa bikin ngelus dada. Ada yang mendengkur ada yang nggak bisa diam. Bukannya lebih segar saat bangun, malah jadi sakit karena kurang tidur. Namun hal ini jangan cuma dibiarkan ada dalam kepala saja. Agar kamu mantap, maka niat harus dikukuhkan. Jika niat sudah, kumpulkan keberanian. Ingat, kamu akan sendirian. Jadi kamu harus siap menghadapi resiko-resikonya.

2. Duit

Uang [image source]
Uang [image source]
Setelah niat dan keberanian ada, saatnya untuk melihat ada berapa ditabunganmu. Tentu saja kamu butuh modal berupa uang karena untuk melakukan perjalanan itu nggak cukup hanya dengan modal nekat saja. memang sih ada beberapa orang yang nggak terlalu memikirkan soal biaya. Berangkat bisa cari tumpangan, sedangkan soal tidur bisa menggunakan fasilitas umum. Dengan biaya seminim mungkin , kamu masih tetap bisa jalan-jalan. Namun jangan terlalu mengambil resiko yang membahayakan dirimu sendiri seperti itu. Apalagi jika kamu baru pertama kali melakukan solo traveling. Siapkan uang yang cukup untuk melakukan perjalanan, termasuk untuk makan dan penginapan.

3. Kemampuan membuat Perencanaan

Perencanaan [image source]
Perencanaan [image source]
Jadi kamu sudah berani dan niat banget untuk jalan-jalan sendirian? Duit juga sudah ada kan? Jika iya, jangan main berangkat saja. Agar kamu nggak repot, maka segala sesuatunya harus direncanakan dengan baik. Buatlah rencana keuangan. Atur dengan teliti mulai dari biaya transportasi, akomodasi, hingga makan. Setelah itu, menentukan ke mana kamu akan pergi. Membuat jadwal juga bisa sangat membantu, jadi kamu bisa lebih maksimal mengeksplorasi tempat tujuanmu itu.

3. Punya Selera

Punya Selera [image source]
Punya Selera [image source]
Setiap orang memang punya selera masing-masing, termasuk soal tempat wisata. Akan lebih baik jika kamu memiliki selera yang sesuai. Artinya tempat yang kamu tuju itu sesuai dengan kesukaanmu. Ada sebagian orang yang suka ke gunung tapi nggak hobi ke mall, begitu juga sebaliknya. Pilih juga tempat yang pas untuk melakukan solo traveling. Faktor keamanan tak boleh luput dari perhatianmu. Meski tempatnya keren, tapi jika terkenal sebagai sarang penjahat juga nggak baik kan?

4. Tahu Cara Packing yang Benar

Tahu cara packing [image source]
Tahu cara packing [image source]
Jika semua sarananya sudah kamu siapkan, mulai dari pemesanan tiket transportasi hingga booking penginapan, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengemas barang-barang yang akan kamu bawa selama traveling. Bawa saja secukupnya dan jangan terlalu banyak. Toh kamu hanya pergi beberapa hari saja kan? Seisi kamar nggak perlu kamu masukkan dalam tas, emang kamu pikir tasmu itu kantong Doraemon? Atur sedemikan rupa, agar tasmu memuat banyak barang tanpa ada celahnya.

5. Punya Relasi

Punya relasi [image source]
Punya relasi [image source]
Meski judulnya adalah solo traveling, tapi nggak semua hal harus kamu lakukan sendiri kan? Setiap manusia pasti membutuhkan orang lain. Dalam hal ini, relasi yang luas dan banyak akan sangat membantumu. Apalagi jika kamu ingin berhemat tapi tetap menikmati liburan. Hubungi teman, saudara atau mungkin mantan pacar yang tinggal di dekat tujuanmu. Rayu saja mereka untuk memberikan tumpangan, minimal untuk tidur. Syukur-syukur jika boleh nimbrung makan juga.

6. Nggak Malu Bertanya

Nggak malu bertanya [image source]
Nggak malu bertanya [image source]
Seperti kata pepatah, malu bertanya akan membuat kamu sesat di jalanan. Jadi, jangan bertanya sebelum kamu malu, eh. Maksudnya bukan begitu ya traveler. Jangan sungkan untuk bertanya pada orang lain, nggak cuma mengandalkan Google saja. Apapun yang nggak kamu mengerti, entah itu soal jalanan atau makanan yang akan kamu santap, silakan bertanya. Hal ini akan menghindarkanmu dari masalah seperti kesasar atau mencicipi makanan yang tidak halal.

7. Gadget

Gadget [image source]
Gadget [image source]
Orang zaman dulu nggak ada gadget juga bisa ke mana-mana. Tapi itu dulu, sekarang medannya udah beda banget. Dengan perkembangan teknologi, seharusnya kamu akan terbantu. Jadi jangan ragu untuk menggunakannya. Minimal membawa smartphone yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi untuk mendukung perjalanan.

Itulah beberapa modal yang harus kamu miliki jika ingin menjadi solo traveler. Apakah kamu sudah memiliki semuanya? Next