Khusus Cowok! Ini Nih Hal yang Harus Kamu Perhatikan Soal Solo Traveling

Traveling bersama orang tersayang memang nggak ada duanya. Tapi, ada kala sebuah liburan itu justru lebih asyik ketika dijalani sendiri. Selain kita bebas melakukan apa yang diinginkan, traveling sendiri bisa memberikan kesan serta tantangan khusus. Intinya, solo traveling itu semuanya kita yang putuskan, mau pergi ke mana, tidur di mana, dan makan apa, semuanya dilakukan sesuai dengan kemauan sendiri. Seru, kan?

Seru sih, tapi solo traveling juga butuh persiapan yang matang banget. Berbeda kalau bersama grup, ketika bepergian sendiri kita nggak bisa bergantung kepada siapa pun. Makanya, semua rencana harus oke biar kita nggak susah sendiri nantinya. Berbicara soal persiapan begini, biasanya cewek lebih oke. Makanya, kali ini Travelingyuk bakal kasih guidance soal solo traveling bagi para cowok.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan sebelum solo traveling tersebut? Simak nih ulasannya berikut.

Riset Apa pun Sebelum Melangkahkan Kaki

Yup, riset adalah hal yang penting banget untuk dilakukan sebelum melakukan solo traveling. Alasan kenapa riset penting jelas karena dalam solo traveling kita itu sendiri. Jadi, kalau ada apa-apa ya tanggung sendiri. Makanya sebelum hal-hal yang nggak menyenangkan terjadi, maka lakukan riset.

Lakukan riset sebelum traveling [Image Source]
Lakukan riset sebelum traveling [Image Source]
Riset ini lingkupnya harus luas dan menyeluruh ya. Jangan hanya si obyek wisata atau penginapan saja, tapi juga hal-hal penting lainnya semisal karakteristik masyarakat dan lain-lainnya. Jangan sampai pengalaman solo traveling nggak sesuai harapan gara-gara kita minim informasi.

Packing, Penting Banget yang Ini

Kalau masalah packing, cowok itu memang nggak jago jika dibandingkan cewek. Terutama sih mempersiapkan baju-baju mana yang bakal dipakai. Kalau cowok mah asal pantes ya sudah masuk-masukin saja. Nggak ada yang salah dari sini, tapi harus lebih dibenerin tuh manajemen packing-nya.

Packing dengan benar [Image Source]
Packing dengan benar [Image Source]
Sesuaikan berapa lama kamu bakal pergi dengan jumlah pakaian yang akan dibawa. Usahakan pas alias nggak kurang atau kebanyakan. Kalau peralatan, bawa yang penting saja ya. Sekiranya nggak urgent banget ya tinggalkan di rumah. Misalnya kamera, cukup bawa satu dan lensa beberapa saja. Nggak usah segala tripod, mini studio diboyong semua.

Nggak Masalah untuk Sedikit Ngeksis di Sosmed

Berbeda dengan cewek, kebanyakan cowok itu kadang nggak suka terlalu mengumbar soal apa yang mereka lakukan. Apalagi ketika traveling. Maunya disimpen sendiri saja. Dalam solo traveling, ada baiknya mengubah kebiasaan ini bagi para cowok. Ngeksis akan jadi hal yang bagus malah.

Eksis penting [Image Source]
Eksis penting [Image Source]
Alasan kenapa ngeksis penting adalah untuk tujuan live report darimu untuk keluarga. Kan enak tuh orang rumah bisa tahu di mana saja kita berada hanya dari baca status atau foto kita. Alasan keduanya mungkin biar out of habit saja. Biasanya jaim banget, kali ini ekspresikan diri. Nggak masalah, solo traveling kan tujuannya memang biar bahagia dan melakukan sesuatu yang beda itu membahagiakan.

Naluri, Penting Bagi Para Solo Traveler

Jadi Cowok itu memang harus peka nalurinya, nggak hanya terhadap pacar saja tapi juga perihal solo traveling. Naluri yang oke akan membuat momen bepergian sendiri ini lebih enak dan menenangkan. Naluri ini bisa banyak macamnya, misalnya ketika kita pergi ke suatu tempat dan kemudian ada hal-hal yang nggak beres, kita harus peka tuh sama yang seperti itu.

Naluri adalah hal penting [Image Source]
Naluri adalah hal penting [Image Source]
Dalam berteman juga demikian, cowok kadang gampang banget mendapatkan kenalan di mana pun berada, termasuk ketika melakukan solo traveling ini. Baik terhadap orang baru tentu sangat dianjurkan, tapi waspadalah juga karena kadang sesuatu yang terlihat baik nggak mesti selalu seperti itu. Naluri, hal ini dibutuhkan banget untuk seorang solo traveler, apalagi cowok.

Manajemen Duit, Para Traveler Cowok Harus Kuasai ini

Dibandingkan cewek, cowok nggak lebih jago kalau soal masalah duit. Kalau cewek sih mereka bisa merinci sampai detail banget pengeluaran apa saja, sedangkan cowok nggak seperti itu. Kadang pengeluaran bisa melebihi yang seharusnya. Meskipun cewek gila belanja, tapi mereka tetap tahu hitung-hitung duitnya.

Manajemen duit [Image Source]
Manajemen duit [Image Source]
Dalam solo traveling kita harus mempersiapkan apa pun, termasuk uang. Bukan hanya dengan mempersiapkan ada atau tidaknya, tapi cara mengatur pengeluarannya. Untuk itu, kita bisa bikin tuh daftar rinciannya. Dan jangan lupa kalau sudah dibikin maka patuhilah. Ingat, dalam solo traveling kita sendirian. Kita nggak bakal punya siapa-siapa di samping kanan kiri ketika ada masalah, terutama soal duit ini tadi.

Setiap poin di atas harus dipersiapkan dengan baik ya biar nyaman ketika melakukan solo traveling. Bepergian sendiri itu ibaratnya sama seperti kita pergi ke hutan dan melakukan survival. Makanya kalau persiapan ala kadarnya takutnya bakal bikin susah diri sendiri. Kalau sudah paham dan siap, sekarang tinggal tentukan saja tempat tujuan yang ingin dikunjungi. So, happy solo traveling! Next