Rahasia Sholat di Awal Waktu, Apalagi untuk Kamu yang Sedang Traveling

Sholat Saat Traveling

Liburan tidak bisa dijadikan alasan untuk meninggalkan ibadah, apalagi sholat. Sayangnya, kebanyakan dari kita masih malas-malasan dan menunda-nunda sholat. Apalagi jika berkunjung ke daerah yang jarang ada tempat ibadah. Padahal, ibadah tepat waktu ternyata bisa mendatangkan hikmah yang luar biasa. Wah, penasaran dengan rahasia sholat di awal waktu bukan? Berikut uraian selengkapnya.

1. Sholat Subuh di Hotel

Sholat Subuh
Sholat Subuh [image source]
Terlalu lelah selama di perjalanan, terkadang membuat kita susah untuk bangun pagi. Tidak heran jika waktu sholat subuh selalu terlewatkan. Padahalnya, hikmah dari menyegerakan sholat subuh adalah dapat menghindari sifat malas dan melancarkan rezeki. Tidak hanya itu, kamu juga akan merasakan semangat untuk menjelajah tempat-tempat keren selama perjalanan. Nah, setelah selesai sholat, kamu juga masih memiliki waktu untuk olahraga ringan agar tubuh tetap prima saat traveling.

2. Sholat Dzuhur di Saat Asik-asiknya Traveling

Sholat Dzuhur
Sholat Dzuhur [image source]
Jelajah kota memang paling enak di pagi hari. Selain udaranya yang segar, kamu bisa mampir ke banyak pusat oleh-oleh  dan membeli beberapa barang untuk dibagikan kepada sanak saudara. Sayangnya, terlalu asik jalan-jalan bisa membuatmu lupa menjalankan ibadah sholat dzuhur. Karena itu pula, pasang alarm sebagai pengingat waktu ibadah. Pasalnya, saat tengah hari ini memang tepat untuk relaksasi dan mengurangi rasa lelah. Gerakan-gerakan saat sholat juga dapat mengobati rasa sakit pada persendiaan akibat perjalanan. Baru setelah itu  kamu bisa mengisi perut yang keroncongan.

3. Lepas Lelah di Waktu Ashar Sebelum Menjelajahi Tempat Lain

Sholat Ashar
Sholat Ashar [image source]
Menjelang sore, biasanya traveler memilih untuk pulang ke hotel. Selain istirahat, mereka juga memutuskan untuk berganti pakaian kemudian melanjutkan perjalanan di malam hari. Sayangnya, karena lelah banyak dari mereka yang lupa menjalankan ibadah sholat ashar. Padahal, manfaatnya cukup banyak apalagi untuk tubuh. Dilansir dari Islamidia, ketinggalan sholat ashar dapat menurunkan daya kreativitas. Wah, sudah tahu belum?

4. Jalani Sholat Jamaah Saat Magrib

Sholat Jamaah
Sholat Jamaah [image source]
Destinasi bukan hanya pantai atau gunung saja. Kamu pun juga bisa menjelajah masjid tua di kota yang tengah kamu kunjungi. Selain bisa menambah pengalaman, kamu juga tidak akan ketinggalan sholat. Beruntungnya, kamu juga bisa menjalankan sholat jamaah bersama jamaah lain. Tidak hanya itu, bepergian di saat maghrib memang tidak baik. Bahkan banyak orang Jawa menganggapnya pamali jika keluar rumah ketika matahari tenggelam.

5. Jalankan Sholat Isya Sebelum Lelap Tertidur

Sholat Tepat Waktu
Sholat Tepat Waktu [image source]
Isya menjadi waktu sholat yang paling sering ditinggalkan, apalagi bagi traveler. Alasannya adalah kelelahan karena aktivitas di siang hari. Belum lagi yang tertidur karena mengantuk setelah makan malam. Padahal, banyak sekali manfaat dari sholat Isya. Selain mendapatkan pahala, otot dan sendiri akan terasa segar setelah menjalankan ibadah. Bahkan peredaran darah juga lancar sehingga badan segar kembali. Tentu saja, ketika tidur bakalan nyaman.

Kamu yang traveling ke kota-kota di Indonesia mungkin lebih muda karena terbantu dengan suara adzan dari masjid atau mushola terdekat. Namun, sedikit berbeda jika melakukan liburan ke luar negeri. Karena itupula, pasang alarm dan jangan lupa membawa perlengkapan sholat. Next