Mudik Ke Solo? Mampir Ke Warung Sate Langganan Presiden Jokowi

Sate Kere Yu Rebi Solo

Lebaran sudah di depan mata? Nah, mau mudik ke mana di tahun ini? Kamu yang berniat untuk pulang kampung ke Solo, Travelingyuk memberikan satu rekomendasi tempat makan terenak di kota ini. Konon, kedai sederhana tersebut sering dikunjungi oleh Bapak Joko Widodo semasa menjabat sebagai walikota dan kini tetap di datangi oleh kerabatnya. Wah, penasaran tempat yang menjual kuliner Solo ini kan? Yuk, simak uraian selengkapnya berikut ini!

1. Sate Kere Yu Rebi yang Legendaris

Sate Kere Yu Rebi
Sate Kere Yu Rebi [image source]
Salah satu kuliner lezat yang menjadi favorit Pak Jokowi adalah sate. Bukan hanya buntel, tapi orang nomor satu di Indonesia ini juga jatuh cinta dengan sate kere yang dijual di Warung Yu Rebi. Nah, kamu yang tinggal di kota Solo pasti sudah tidak asing dengan tempat makan ini. Selain menjadi langganan bapak presiden, Warung Yu Rebi yang berada di Jalan Kebangkitan Nasional ini terkenal karena sudah lama berdiri. Yap, kedai di pinggir jalan ini ternyata sudah buka sejak tahun 1986. Hingga sekarang, tempat makan ini tidak hanya ramai tapi juga telah memiliki cabang lain di Galabo Solo.

Sate Kere Khas Solo
Sate Kere Khas Solo [image source]

2. Kelezatan Sate Kere yang Unik

Sate Yu Rebi yang Legendaris
Sate Yu Rebi yang Legendaris [image source]
Dari namanya saja, sudah terlihat berbeda dengan sate biasanya. Bukan dari daging, menu enak tersebut justru menggunakan tempe gembus, yaitu tempe yang terbuat dari ampas sisa pembuatan tahu. Konon, sate ini muncul di kalangan rakyat jelata yang tidak bisa membeli sate daging yang harganya super mahal. Selain menggunakan ampas tempe yang telah direndam dengan beragam bumbu hingga dibacem, beberapa diantaranya juga menggunakan jeroan untuk membuat sate jenis ini. Nah, kamu yang pernah coba pasti ketagihan dengan cita rasa tempe dan jeroan yang disiram dengan sambal kecap lezatnya.

Sate kere Solo
Sate kere Solo [image source]

3. Varian Sate Lengkap di Warung Yu Rebi

Varian Sate di Warung Yu Rebi
Varian Sate di Warung Yu Rebi [image source]
Kuliner enak yang biasa disajikan dengan potongan lontong atau sepiring nasi ini memang nikmat ketika disantap bersama dengan orang tersayang. Saat memesan, kamu pun juga bisa mencampur sate kere dengan sate daging yang juga dijual di kedai ini. Masih di tempat yang sama, kamu juga bisa mencoba sate ginjal, iso, babat, ati, tropedo, kikil bahkan sop buntut yang rasanya tidak kalah juara. Ya, semua menu di sini memang rentan akan kolesterol. Nah, untuk kamu yang takut kesehatan tubuhmu terganggu, ada baiknya untuk hanya memesan sate kere. Jangan khawatir, rasanya lebih enak kok!

Sate Kere Terenak di Solo
Sate Kere Terenak di Solo [image source]

4. Liburan Singkat di Sekitar Warung Sate Yu Rebi

Taman Sriwedari
Taman Sriwedari [image source]
Saat mudik memang banyak sekali tempat yang wajib dikunjungi. Apalagi kalau bukan rumah sanak saudara untuk bersilaturahmi. Nah, setelah puas berkeliling, ada baiknya untuk meluangkan waktu sejenak dengan berlibur ke objek wisata ternama di Solo. Tidak jauh dari Warung Yu Rebi, ada destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Tempat tersebut adalah Taman Sriwedari yang berada dalam satu kompleks dengan warung legendaris tersebut. Taman Sriwedari ini sendiri merupakan objek wisata bersejarah di Semarang. Di sini pula kamu bisa melihat pertunjukan kesenian wayang yang terdapat di Gedung Wayang Orang Sriwedari. Tertarik untuk ke sini bukan?

Pertunjukan di Taman Sriwedari
Pertunjukan di Taman Sriwedari [image source]

5. Bermalam di Hotel dengan Suasana Khas Solo Jaman Dulu

Kamar Rumah Batu Villa & Spa
Kamar Rumah Batu Villa & Spa [image source]
Puas liburan singkat dengan keliling kota, jangan lupa untuk memesan akomodasi yang berada di pusat kota. Nah, salah satu yang bisa kamu coba untuk menghabiskan malam lebaran dengan hotel yang kental dengan nuansa Jawa adalah Rumah Batu Villa & Spa. Hotel berbintang yang terletak di Jalan Ovensari Raya no. 8, Baiki, Solo Baru ini sendiri menawarkan suasana yang kental dengan unsur budaya jawa. Di tiap sudutnya banyak ditemui ornamen unik yang sangat cocok untuk kamu yang hobi OOTD-an. Untuk biaya sewanya sendiri mulai dari Rp580.000,- per malam.

Rumah Batu Villa & Spa
Rumah Batu Villa & Spa [image source]
Nama : Sate Kere “Yu Rebi”
Alamat: Jalan Kebangkitan Nasional Kios 1-2 Sriwedari, Laweyan, Sriwedari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah
Jam buka: 09.00–20.00
Telepon: (0271) 739839
Harga : mulai dari Rp10.000,- per porsi

Sudah punya rencana untuk mudik ke Solo bukan? Nah, kini tinggal giliran kamu untuk menyiapkan segala keperluan selama pulang kamu. Dan ingat, hati-hati di jalan ya! Next