Rumah Tembakau Jember, Indahnya Langsung Bikin Baper

Advertisement

Panorama Papuma yang langsung menghadap samudra masih menjadi pesona dari objek wisata Jember. Tetangga Banyuwangi dan Lumajang ini tidak boleh diremehkan begitu saja karena masih ada destinasi lain yang bisa didatangi. Bahkan untuk tempat seperti rumah tembakau saja bisa jadi objek wisata yang Instagram-able. Tidak percaya? Berikut ulasannya.

Kalau kamu melewati beberapa persawahan di Jember mungkin akan melihat sebuah bangunan khas yang mencolok. Bentuknya besar dan memanjang. Semakin mirip dengan rumah adat karena menggunakan atap dari daun tebu kering.

Rumah tembakau [image source]

Tiang-tiangnya sederhana terbuat dari bambu, tapi dari jauh sudah terlihat kokoh dan serasi di tengah-tengah hijaunya sawah. Jika bukan musimnya, maka rumah tembakau seperti ini akan sepi.

Rumah tembakau [image source]

Sebenarnya fungsi utamanya adalah untuk mengeringkan tembakau setelah dipetik. Itulah mengapa ukurannya besar dan bagian dalamnya begitu luas agar proses pengeringannya berjalan cepat.

Rumah tembakau [image source]

Menurut beberapa catatan, cara tersebut telah ada sejak zaman penjajahan Belandan atau sekitar 1850-an. Kita seua tahu bahwa tembakau pada saat itu adalah komoditi yang bernilai tinggi. Tidak heran jika ada banyak fasilitas dibangun untuk meningkatkan produksinya.

Rumah tembakau [image source]

Dalam setahun, biasanya rumah tembakau hanya digunakan dua kali. Selebihnya jika tidak dipakai membuat pupuk kandang ya menjadi tempat wisata. Seperti yang terjadi di Jember ini.

Rumah tembakau [image source]

Berdirilah di sudut yang tepat dan tampilkan pose terbaikmu di depan kamera. Latar belakang Rumah Tembakau harus terlihat jelas. Dijamin foto-fotomu di tempat yang sederhana akan nampak istimewa.

Rumah tembakau [image source]

Keberadaan rumah tembakau ada di beberapa areal persawahan Jember. Namun yang sering didatangi wisatawan ada di Mumbulsari. Selain itu  Ajung dan Kalisat juga punya. Jika kamu lewat kecamatan-kecamatan ini, silakan mampir dan membuktikan sendiri keindahannya.

Rumah tembakau [image source]

Di Mumbulsari ada wisata Gunung Mandigu yang memberikan kesegaran dari alam. Dari stasiun Jember jaraknya sekitar satu jam perjalanan dengan mobil atau sepeda motor.

Mandigu [image source]

Atau bisa langsung ke Papuma dengan menempuh perjalanan sejauh 38 km. Jauh memang, namun jika yang kamu buru adalah ombak Papuma dan indahnya bebatuannya, maka efek lelah yang ditembulkan tidak akan jadi masalah.

Pantai Papuma [image source]

Kalau mau kulineran tinggal naik lagi ke Kawasan Gunung Gumitir. Ada Restoran dengan pemandangan bukit serta perkebunan. Menunya sudah jelas memuaskan bahkan ada fasilitas outbond untuk seru-seruan. Dari daerah Mumbulsari, kamu cukup berkendara selama 1,5 jam.

Salah satu sudut cafe gumitir [image source]
Lokasi : Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember

Melihat tempat unik sesederhana apapun tetap akan menimbulkan kesan tersendiri. Kalau sedang berhadapan dengan rumah tembakau Jember secara langsung? Kira-kira apa yang akan kamu rasakan?

Advertisement
Tags
Explore Jember Wisata Jember
Share