Tips Sederhana agar Rumah Selalu Aman saat Ditinggal Traveling

Begitu mendapatkan jatah cuti untuk liburan, apa yang akan kamu pikirkan? Ok, coba kami tebak. Pasti kamu memikirkan destinasi terbaik mana yang akan dijelajahi. Kuliner mana yang akan diicip hingga puas. Dan akomodasi serta transportasi mana yang akan dipakai agar lebih hemat dan tidak membuat anggaran jadi jebol. Benar? Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, apa yang kamu pikirkan lagi? Tidak ada?

Well, sebenarnya ada satu hal penting yang harus kamu pikirkan sebelum merencanakan liburan ke mana pun itu. Hal penting itu adalah rumah atau kalau yang belum berkeluarga atau masih kuliah bisa saja kontrakan atau kos-kosan. Saat kamu traveling, tempat-tempat itu praktis tidak berpenghuni sehingga risiko kemalingan atau mungkin terjadi kecelakaan seperti kebakaran bisa saja terjadi.

Agar kamu lebih woles dalam melakukan perjalanan wisata, lakukan beberapa hal di bawah ini untuk rumahmu. Kalau kamu bisa melakukanya, perjalanan wisatamu bisa berjalan dengan lancar tanpa harus kepikiran rumah. Monggo disimak selengkapnya!

1. Punya Kamera Keamanan yang Tersinkronasi ke Ponsel

Kamera CCTV [image source]
Kamera CCTV [image source]
Kalau kamu benar-benar ingin terbebas dari rasa khawatir yang sangat menyiksa saat liburan pasang kamera keamanan. Pilihan kamera yang bisa memberikan keadaan paling terkini dari ruangan di rumah. Dengan memantau rumah dari kejauhan, kamu bisa lebih woles saat menjelajahi tempat-tempat baru sembari nguliner sampai perut rasanya ingin pecah.

2. Titip Kunci Kepada Saudara atau Sahabat

Kunci rumah [image source]
Kunci rumah [image source]
Jangan sekali-kali menaruh kunci atau menyimpan kunci di tempat-tempat tidak terlihat di sekitar rumah. Meski pencuri tidak mengetahuinya, kemungkinan mereka mendapatkan kunci itu juga masih ada. Lebih baik berikan kunci kepada saudara atau teman. Mintalah kepada mereka untuk mengecek rumah paling tidak 1-2 hari sekali saat kamu melakukan perjalanan yang cukup panjang. Dengan menitipkan kunci kepada saudara atau teman, kemungkinan pencuri melakukan aksinya sangatlah minim.

3. Masukkan Benda Berharga di Tempat yang Aman

brankas [image source]
brankas [image source]
Memiliki benda berharga yang cukup banyak dan enggak mungkin dibawa traveling? Masukkan ke tempat yang aman. Kalau kamu memiliki brankas atau tempat rahasia yang tidak diketahui siapa-siapa, masukkan semuanya di sana. Dengan memasukkan benda berharga di sana, kamu tidak perlu khawatir kalau-kalau ada maling yang masuk ke rumah. Mereka akan susah mengambilnya.

4. Matikan Semua Listrik dan Saluran Gas

Kompor gas [image source]
Kompor gas [image source]
Tidak bisa dielakkan lagi kalau salah satu penyebab habisnya rumah akibat kebakaran adalah adanya hubungan arus pendek. Kalau kamu mau traveling usahakan matikan semua lampu. Bila perlu matikan dari sekeringnya. Selanjutnya, putus jalur gas ke kompor. Sebelum pergi pastikam dapur steril dari gas sehingga kemungkinan terjadi kebakaran sangatlah kecil.

5. Jangan Heboh di Sosial Media

media sosial [image source]
media sosial [image source]
Banyak kasus pencurian dilakukan oleh orang yang dikenal atau mengenal kamu hingga tahu rumahnya juga. Kalau kamu mau traveling dalam waktu yang lama, tidak perlu terlalu sering update status. Jangan beritahu banyak hal yang mengindikasikan rumah kamu sedang sepi. Kalau ada orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja membobol rumah. Kalau mau memamerkan foto, lakukan setelah traveling selesai dengan tagar late post.

6. Menyewa Jasa Keamanan

Menyewa jasa keamanan [image source]
Menyewa jasa keamanan [image source]
Kalau rasa khawatiemu terhadap rumah yang ditinggalkan sangat besar, sewalah jasa keamanan. Kamu bisa menyewa seseorang untuk menjaga rumah untuk beberapa hari atau meminta saudara tinggal di sana sementara waktu. Dengan adanya seseorang yang menjaga rumah, katakan bye pada kekhawatiran.

Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat rumahmu selalu menjadi aman. Semoga bisa dipraktikkan ketika kamu melakukan traveling di hari yang lain. Next