8 Rumah Pohon Terbaik Untuk Selfie Bareng Sahabat

Rumah pohon mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Melihatnya pun mungkin sudah sering, meski hanya lewat tv ataupun film tarzan. Sebenarnya rumah pohon sudah banyak bermunculan di sekitar kita. Ada yang dijadikan tempat wisata, ada pula yang sekalogus dijadikan penginapan.

Lalu, pernahkah kamu membayangkan berada di atas rumah pohon, bahkan tidur dii dalamnya? Bagaimana sih rasanya? Jika penasaran dan ingin berkunjung ke rumah pohon bersama sahabat atau keluarga, berikut ini daftarnya!

1. Rumah Pohon Curug Ciherang

Rumah Pohon Curug Ciherang [image source]

Kota Bogor atau yang sering dikenal dengan sebutan Kota Hujan memang menyimpan berbagai destinasi wisata alam yang indah. Salah satu wisata alam yang terdapat di Bogor dan menjadi tujuan wisata masyarakat terutama saat hari libur tiba adalah Curug Ciherang. Curug ini terletak di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Di kawasan curug yang memiliki jatuhan air dengan ketinggian sekitar 30 meter ini terdapat satu fasilitas menarik yang menjadi favorit wisatawan kala berkunjung kemari, yaitu rumah pohon. Untuk dapat sampai ke rumah pohon tersebut, pengunjung memang memerlukan tenaga ekstra, karena jalannya cukup menanjak meski sudah dibuatkan trek khusus agar pengunjung bisa lebih nyaman berjalan kaki.

Rumah Pohon Curug Ciherang [image source]

Rumah Pohon Curug Ciherang dibangun di atas pohon besar yang terletak di tebing dengan jurang yang cukup dalam di sebelahnya. Namun, tak perlu khawatir, rumah pohon ini dijamin aman untuk dinaiki pengunjung. Sebuah jembatan kayu membentang untuk menghubungkan antara jalur pengunjung berjalan dengan rumah pohon. Rumah pohon ini menadi spot favorit pengunjung, karena dari atas pengunjung dapat menikmati keindahan alam di kawasan curug serta deretan gunung yang menjulang di sekitarnya..

2. Rumah Pohon Tombo Bandar

Rumah Pohon Tombo Bandar [image source]

Rumah Pohon Tombo Bandar yang terletak di Desa Tombo, Kecamatan Bandar ini, merupakan salah satu objek wisata Kabupaten Batang yang kini sedang naik daun. Tidaklah sulit untuk dapat mencapai objek wisata satu ini, karena aksesnya mudah, dengan jalan yang sudah diaspal serta hampir tidak ada tanjakan yang curam. Dari pusat Kota Batang, pengunjung cukup menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer untuk dapat menikmati keindahan objek wisata Rumah Pohon Tombo Bandar.

Rumah Pohon Tombo Bandar [image source]

Rumah pohon ini dibangun di atas sebuah pohon beringin berukuran sangat besar yang tumbuh di bibir tebing di atas jurang. Tak perlu khawatir untuk naik ke atasnya, karena bangunan rumah pohon ini dijamin kokoh dan aman. Pemandangan yang disuguhkan dari atas rumah pohon ini begitu eksotis, karena pengunjung bisa melihat panorama khas pegunungan, hutan pinus yang hijau dan lebat, serta perbukitan yang indah. Untuk dapat menikmati sensasi naik di atas rumah pohon, kamu nggak perlu merogoh kantong dalam-dalam karena harga tiket masuknya tak sampai Rp 10.000,-

3. Omah Kayu Malang

Omah Kayu Malang [image source]

Masyarakat yang tinggal di sekitar Kota Malang pasti sudah tidak asing lagi dengan objek wisata yang satu ini. Rumah kayu atau Omah Kayu terletak di daerah Songgokerto Kota Wisata Batu atau tepat di sebelah salah satu objek wisata hits di Kota Batu, yaitu bukit paralayang. Lokasinya yang berada di tepi bukit dengan ketinggian sekutar 1.340 meter di atas permukaan laut, membuat Omah Kayu menyajikan pemandangan yang sangat fantastis baik saat pagi ataupun malam hari. Di pagi hari pengunjung bisa menikmati panorama matahari terbit sedangkan di malam hari, pengunjung bisa menikmati pemandangan kelap kelip lampu di kota Batu dan kota Malang dari atas ketinggian. Selain pemandangan eksotis, di kawasan Omah Kayu pengunjung bisa menikmati udara yang bersih dan segar.

Omah Kayu Malang [image source]

Oh ya, Omah Kayu bukan hanya sekedar tempat wisata, lho. Jika kamu ingin bermalam, tersedia 6 unit rumah pohon yang masing-masing unit dapat menampung hinggga 3 orang. Di dalamnya tersedua sebuah ranjang serta peralatan makan. Fasilitas kamar mandi tersedia di luar kamar yang dilengkapi dengan air panas. Sebuah balkon yang dapat dijadikan tempat bersantai sambil melihat pemandangan pun tersedia di depan setiap unit kamar. So, pengen tau gimana rasanya tidur di atas rumah pohon yang berada di bukit yang tinggi? Langsung aja datang kesini.

4. Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi [image source]

Bagaimana ya rasanya tidur di tengah hutan, menyatu dengan alam, tanpa listrik ataupun kasur yang empuk? Kamu bisa mencoba pengalaman baru itu di Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi. Rumah pohon yang terletak di Kampung Leuwiliang, Desa Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kabupaten Bandung ini berada di Kawasan Konservasi Masigit atau Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi. Karena lokasinya yang berada di kawasan konservasi, membuat rumah pohon ini dikelilingi dengan hutan yang masih asri dan pesona alam yang mengagumkan.

Halaman Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi [image source]

Fasilitas yang disediakan hanyalah beberapa unit rumah pohon tanpa listrik dan tempat tidur, sehingga pengunjung yang ingin menginap diharuskan untuk membawa sleeping bag dan alat penerangan sendiri. Meski berada di tengah hutan, aktivitas yang dapat dilakukan di sini cukup beragam lho, mulai dari kayak, kano, bersepeda, hingga berjalan-jalan mengelilingi kawasan konservasi. Tak jauh dari area rumah pohon juga terdapat penangkaran rusa dimana pengunjung bisa bermain dan memberi mereka makanan. Oh ya, jika berkunjung kemari jangan lupa jadilah donator dengan membeli bibit pohon untuk ditanam kembali agar kita tidak hanya menikmati keindahannya saja, tapi juga ikut turun tangan untuk melestarikan alam.

5. Rumah Pohon Taman Safari Indonesia

Rumah Pohon Taman Safari Indonesia [image source]

Rumah Pohon Taman Safari Indonesia terletak di Jalan Raya Puncak no. 61, Cibeureum, Cisarua, Bogor. Berada di kaki Gunung Gede Pangrango, rumah pohon ini berlatar hutan tropis yang menawan. Rumah Pohon Taman Safari Indonesia tergolong baru, karena baru dibuka pada Desember 2015 lalu. Ditopang oleh pohon dan akar yang mencuat, rumah pohon ini berkapasitas hingga 4 orang dan memiliki 2 kamar dengan fasilitas lengkap serta interior serba kayu untuk menghidupkan kesan natural.

Rumah Pohon Taman Safari Indonesia [image source]

Di depan kamar terdapat sebuah teras yang dapat digunakan untuk bersantai bersama. Tak lupa tempat parkir mobil yang cukup luas serta taman yang cantik di bawah rumah pohon. Tak jauh dari rumah pohon ini juga tedapat air terjun Curug Jaksa, sehingga kamu akan selalu mendengar suara gemericik air saat berada di rumah pohon ini. Istimewanya, setiap pengunjung yang menginap di rumah pohon ini akan mendapatkan tiket masuk taman safari dengan harga khusus. So, tunggu apa lagi? Buruan kesini!

6. Rumah Pohon Leo

Rumah Pohon Leo [image source]

Jika takut berwisata ke rumah pohon betulan karena khawatir akan keamanannya, kamu bisa berkunjung ke Rumah Pohon Leo yang berada di Jalan Raya Cileungsi KM 03, Taman Buah Mekarsari, Bogor. Meski terlihat seperti sebuah rumah pohon, namun sebenarnya rumah ini berada di atas batang pohon buatan dari bahan batu bata layaknya bangunan pada umumnya. Lokasinya yang sangat strategis, yaitu di Taman Buah Mekarsari membuat rumah pohon ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Rumah Pohon Leo [image source]

Rumah pohon ini dilengkapi dengan fasilitas kamar yang sangat nyaman, mulai dari tempat tidur berukuran besar yang empuk, pendingin ruangan, hingga sebuah kulkas kecil. Di depan rumah terdapat sebuah teras dimana pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Selain itu di sekeliling rumah terdapat hutan lindung dengan pepohonan yang rindang, membuat udaranya terasa segar. Beberapa aktivitas menyenangkan bisa kamu lakukan di sini, seperti mengelilingi danau buatan dengan perahu, bergabung dengan kelompok tur untuk menjelajah sekitar, atau menikmati barbekyu bersama keluarga. Seru banget kan!

7. Treehouse Villa

Treehouse Villa [image source]

Tak perlu pergi jauh-jauh keluar kota untuk dapat merasakan sensasi menginap di rumah pohon, karena di Lembang, Bandung terdapat Treehouse Villa dengan sajian keindahan alamnya yang mempesona. Treehouse Villa memiliki kawasan seluar 10 ribu meter persegi dengan pemandangan serta fasilitas yang menawan.

Treehouse Villa [image source]

Area kamar yang terbuat dari bambu dan jerami menghidupkan kesan natural dan unik. Setiap unit kamar terhubung dengan jembatan yang terbuat dari bambu pula. Sebuah kolam renang semakin melengkapi kenyamanan berlibur di Treehouse Villa. Pengunjung bisa berendam sambil menikmati suasana mengagumkan yang ada di sekitar Treehouse Villa.

8. Magical Treehouse, Ubud

Magical Treehouse, Ubud [image source]

Magical Treehouse Ubud merupakan salah satu rumah pohon yang populer di masyarakat. Setiap hari ada saja tamu yang datang kemari untuk menikmati suasana mengagumkan yang ada di rumah pohon ini. Magical Treehouse terletak di Jalan Raya Pengosekan, Ubud, Pulau Dewata Bali. Dari atas rumah pohon, pengunjung bisa menikmati pemandangan istimewa sepanjang mata memandang, yaitu persawahan Ubud yang indah. Meski merupakan sebuah rumah pohon dengan konsep natural, namun fasilitas serta pelayanan yang tersedia di Magical Treehouse Ubud tak kalah dengan hotel-hotel berbintang.

Magical Treehouse, Ubud [image source]

Bangunan kayunya begitu kokoh, di dalamnya terdapat kamar tidur yang nyaman dilengkapi kamar mandi dengan bathup kayu yang cantik. Di lantai atas terdapat bale tempat bersantai dan bermalas-malasan sambil nonton tv. Jika ingin berenang, di sini juga terdapat kolam di tengah hutan serta bathup luar ruangan dan air terjun pribadi bagi yang suka bermain air. Ingin memanjakan tubuh? Jangan takut, tak jauh dari rumah pohon ini juga terdapat layanan spa dengan harga terjangkau.

Inilah delapan rumah pohon dengan suasana yang fotogenik dan cocok untuk dijadikan destinasi liburanmu bersama sahabat maupun keluarga. Apa kamu punya referensi rumah pohon fotogenik lainnya? Tambahkan di kolom komentar ya!

 

Written by Atikah W

I love Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *