Bingung Mau Traveling ke Mana? Yuk, Riset dengan 4 Cara Ini!

Masalah yang kerap menimpa seseorang yang akan melakukan perjalanan wisata bukan masalah dana dan waktu saja. Lebih rumit dari itu, banyak dari traveler yang akhirnya memilih tidak ke mana-mana lantaran bingung mau ke mana. Mereka tidak tahu akan menghabiskan liburan di kota apa dan akan menjelajahi destinasi yang mana. Akhirnya, daripada enggak traveling, mereka memilih mengunjungi tempat yang itu-itu saja.

Agar liburan berhargamu bisa dimanfaatkan dengan baik. Mari sama-sama melakukan riset tempat wisata jauh-jauh hari. Dengan melakukan riset mendalam, kamu bisa mempersiapkan banyak hal sehingga saat hari-H tiba, semuanya tinggal berjalan sesuai dengan rencana. Mari simak 5 cara riset tepat wisatanya di bawah ini.

1. Buku Panduan Wisata

Sebelum melakukan perjalanan wisata, tentukan terlebih dahulu kamu akan menjelajahi kota apa. Kalau kamu ingin menjelajahi Lombok, belilah panduan yang ada hubungannya dengan lombok. Carilah beberapa objek wisata yang sekiranya sangat bagus dan bisa dikunjungi kapan saja atau saat kamu mendapatkan libur atau cuti.

Buku panduan wisata [image source]
Buku panduan wisata [image source]
Hal yang sama seperti di atas juga berlaku kalau kamu melakukan perjalanan wisata ke luar negeri. Risetlah tempat wisata yang saling berdekatan atau bisa dikunjungi dengan tanpa membuang waktu. Perhatikan segala hal yang ditulis oleh buku panduan secara lengkap sebelum kamu memutuskan untuk melakukan riset lebih lanjut lagi.

2. Komunitas Wisata Lokal

Kalau kamu sudah mendapatkan tujuan tertentu yang akan dijelajahi, coba cari tahu informasi tempat itu lebih detail. Biasanya setiap kota memiliki komunitas traveling yang bisa dimintai keterangan tentang tempat-tempat yang ada dan sedang ngehits di sana. Biasanya apa yang baru belum tampil di buku panduan atau pun internet.

KOmunitas traveling [image source]
KOmunitas traveling [image source]
Setelah mendapatkan komunitas traveling yang ada di lokasi tersebut, coba tanyakan rekondasi tempat wisata. Bila kamu ingin lebih detail lagi tanyakan kuliner nikmatnya, oleh-oleh atau hal-hal lain agar kamu bisa membuat perencanaan yang lebih matang.

3. Mengunjungi Web Review

Kalau kamu benar-benar blank harus melakukan perjalanan ke mana, coba iseng mengunjungi web yang kerap melakukan review. Lihatlah tempat wisata apa yang masih bagus dan memiliki rating yang tinggi. Bacalah setiap detail yang ada karena apa yang ditulis oleh perview suka beda dengan apa yang dipromosikan oleh dinas pariwisata.

Tripadvisor [image source]
Tripadvisor [image source]
Pelajarilah segala hal yang ada mulai dari perilaku penduduk sekitar. Harga-harga akomodasi dan makanan, dan akses termudah yang bisa dilakukan untuk ke sana. Membaca review orang lain yang beraneka ragam akan membuat mudah menentukan keputusan dan juga mempersiapkan perjalanan wisata dengan baik.

4. Menyesuaikan dengan Musim yang Ada

Cara terakhir ini bisa kamu terapkan jika ingin bepergian ke luar negeri. Kalau kamu ingin ke negara tertentu, lakukan riset mengenai musimnya. Biasanya musim akan memengaruhi tempat wisata yang ada. Misal saat musim semi, kawasan Jepang akan dipenuhi dengan sakura. Atau saat musim panas, kawasan pantai-pantai tropis seperti Thailand dibanjiri turis-turis Eropa.

Musim di Jepang [image source]
Musim di Jepang [image source]
Dengan menyesuaikan musim, kamu bisa lebih mudah mempersiapkan diri untuk traveling. Jangan sampai kamu ke negara subtropik  saat musim salju tapi tidak bawa jaket. Atau saat negara di Eropa sedang musim panas, kamu malah memakai sweter tebal. Hal-hal seperti ini tidak akan nyambung dan membuat perjalanan wisatamu menjadi tidak berarti.

Inilah beberapa cara riset yang bisa kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan wisata. Semoga bisa memberi inspirasi agar perjalanan wisata yang kamu idam-idamkan bisa berjalan dengan sangat baik. Next