Jangan Mau Ketinggalan! Intip Keindahan Rio de Janeiro di Sini

Beberapa waktu terakhir ini, Brasil menjadi pusat perhatian dunia karena Olimpiade 2016 yang diselenggarakan di kota Rio de Janeiro. Sekarang memang mungkin sudah terlambat untuk memperoleh tiket pertandingan-pertandingan Olimpiade yang sudah dibuka beberapa hari lalu. Kalaupun ada, mungkin Anda harus membayar harga yang cukup mahal. Namun tenang saja, Anda masih bisa kok merencanakan perjalanan ke Rio de Janeiro untuk merasakan euforia Olimpiade 2016 sambil menikmati berbagai objek wisata menarik.

Ya, ada banyak sekali objek wisata unggulan di Rio de Janeiro. Kota yang akrab disebut Rio ini memiliki arti river of January, yang merupakan kota paling multikultural ke dua di Brasil dan masuk ke dalam 6 kota paling populer di benua Amerika. Rio sendiri menjadi kota tertiga paling padat penduduk di Brasil. Sebagian besar dari kota ini sengaja didesain sebagai World Heritage Site, dengan nama “Rio de Janeiro: Carioca Landscapes between the Mountain and the Sea”, oleh UNESCO pada 1 Juli 2012 lalu.

Saat ini, Rio de Janeiro menjadi tempat diselenggarakannya Olimpiade 2016 dan Paralympics 2016, menjadi kota di Amerika Utara dan kota berbahasa Portugis pertama yang mendapatkan kesempatan tersebut. Olimpiade tersebut diselenggarakan di The Maracana Stadium yang juga menjadi tempat diselenggarakannya final FIFA World Cups 1950 dan 2014, FIFA Confederations Cup 2013, dan XV Pan American Games.

Dari segi iklim, Rio tak jauh berbeda dari Indonesia yang beriklim tropis. Di bulan Desember hingga Maret, ada musim hujan yang akan membasahi kota Rio hampir setiap hari. Di area perkotaan, temperature kota Rio mencapai 40 derajat celcius pada musim panas. Sedangkan di musim hujan, temperatur terendahnya mencapai 27 derajat celcius. Melihat kondisi ini, tampaknya Anda tak akan kesulitan untuk beradaptasi saat berlibur ke Rio.

Nah, lalu apa saja objek wisata terbaik Rio yang bisa Anda kunjungi? Yuk, simak informasinya berikut ini:

1. Pão de Açúcar

Dalam bahasa Inggris, Pão de Açúcar memiliki arti sugarloaf mountain alias gunung yang menyerupai roti tawar bertabur gula. Gunung ini merupakan salah satu lokasi wisata paling ikonik di kota Rio de Janeiro. Di lokasi ini, Anda bisa menikmati pemandangan dengan menaiki cable car hingga ke puncak gunung.

#paodeacucar #riodejaneiro #cristo #cristoredentor #corcovado #costafavolosa

A photo posted by Leguth Edson (@leguthedson) on

Jangan lupa menyiapkan kamera saat berkunjung ke Pão de Açúcar karena Anda akan menyesal kalau tidak merekam panoramanya yang super indah. Cable car yang ada di Pão de Açúcar sudah dibuka sejak tahun 1912. Dan karena pemandangannya yang luar biasa, tempat ini pernah dijadikan lokasi syuting salah satu sekuel James Bond berjudul Moonraker pada tahun 1979.

2. Christ the Redeemer

 

Selain Pão de Açúcar, Christ the Redeemer juga menjadi salah satu landmark paling ikonik dari kota Rio de Janeiro. Dengan tinggi hingga 125 kaki, patung Yesus ini terletak tepat di atas Corcovado Mountain dan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Di lokasi ini, mengabadikan gambar menggunakan drone adalah pilihan terbaik karena Anda bisa mendapatkan view dari patung dan juga kota yang terletak di bawahnya. Saat senja, jangan lewatkan pemandangan magis ketika cahaya matahari keemasan bersinar tepat di belakang patung Yesus.

3. Niterói Contemporary Art Museum

Pecinta wisata sejarah tak boleh melewatkan berwisata ke Niterói Contemporary Art Museum. Dari luar saja, bangunan museum ini tampak sangat menarik dan futuristik sehingga cocok dijadikan latar untuk berfoto. Dengan gedung berbentuk UFO yang didesain oleh seorang arsitek bernama Oscar Niemeyer, objek wisata ini tak pernah sepi pengunjung sepanjang tahun.

Museum ini terletak tepat di Guanabara Bay, Niteroi, dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit dengan menggunakan taksi dari pusat kota Rio de Janeiro. Kalau Anda ingin memperoleh pengalaman yang lebih menakjubkan, Anda bisa menaiki feri untuk menyeberang ke Guanabara Bay. Bentuk bangunan yang unik dengan koleksinya yang menarik menjadikan Niterói Contemporary Art Museum layak masuk daftar teratas tempat wisata di Rio yang harus Anda kunjungi.

4. Confeitaria Colombo

Belum lengkap ya, liburan tanpa memanjakan lidah dengan aneka makanan enak yang tak bisa didapatkan di negara asal? Nah, tempat ini menjadi tujuan terbaik untuk para pecinta kuliner. Di Confeitaria Colombo, Anda bisa menikmati kelezatan berbagai jenis pastry dan cake seperti pastel de nata dan juga custard tart.

Toko yang terletak di Rio historic district ini sudah berdiri sejak tahun 1894 dan menjadi salah satu ikon kuliner kota Rio de Janeiro. Arsitekturnya yang mengusung gaya art deco dengan langit-langit kaca membuat Anda tak akan bisa melupakan pengalaman bersantap di Confeitaria Colombo.

5. Ipanema Beach

Untuk Anda yang ingin lebih dekat dengan alam kota Rio de Janeiro, berkunjung ke Ipanema Beach adalah langkah terbaik. Salah satu pantai paling terkenal di dunia ini menjanjikan pesona pemandangan yang memanjakan mata terutama di saat senja. Banyak wisatawan Barat yang senang menghabiskan waktu untuk berjemur di Ipanema Beach.

'Nostalgia' Ipanema has that magical atmosphere that draws you in especially during sunset. Not to mention the wild street parties every night & an immersive modern Brazilian culture of dancing samba and drinking(lots of it!). Every night during Carnival Season the streets are blocked to host epic beach parties. For the aftermath, a cup of expresso or hot chocolate is such an awesome treat while witnessing a sunrise that does not disappoint. #travellife #travelawesome #rio2016 #rio #riodejaneiro #ipanema #ipanemabeach #travel #travelbug #travelblogger #brazilian #brazil #samba #ipanemabeach #rioolympics #rioolympics2016 #brasileira #foreveronvacation #beautifuldestinations #awesomeness #travelawesome #brasil #travels #photooftheday #olympics #leblon #beachlife #artistfound

A photo posted by Mardie Else (@mardieelse) on

Dengan latar belakang pemadangan gunung di kejauhan, pantai satu ini menyuguhkan panorama yang sungguh tak bisa Anda lupakan. Jangan sampai melewatkan untuk mengabadikannya melalui lensa kamera Anda, ya!

Tak sabar segera merasakan euforia Olimpiade Rio 2016 sambil menikmati segudang keindahan kota satu ini?

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *