Rekomendasi Masjid Keren Untuk Tarawih di Bulan Ramadan di Ibukota Jakarta

Adalah hal yang lumrah saat bulan Ramadan dimanfaatkan banyak traveler muslim untuk beribadah salat tarawih di masjid yang berbeda-beda. Selain ingin merasakan suasana yang berbeda tentu dengan salat di masjid yang tak sama juga memberikan nilai spiritual yang berbeda pula.

Jakarta yang dikenal sebagai kota besar dan dihuni oleh kelompok masyarakat yang heterogen tidak kehilangan sisi religiusnya. Di dalam kota ini berdiri banyak masjid-masjid dengan sejarah panjang serta arsitektur yang indah. Saat bulan Ramadan masjid-masjid ini menjadi jujugan untuk beribadah sehingga selalu penuh oleh para jamaah. Inilah masjid-masjid keren rekomendasi beribadah di bulan puasa di ibukota Jakarta.

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal bukan hanya menjadi masjid yang paling besar di Jakarta namun juga Indonesia bahkan terbesar di Asia Tenggara. Masjid lima lantai yang pembangunannya diprakarsai oleh Presiden pertama negeri ini, Ir. Soekarno ini mampu menampung hingga 200 ribu jamaah. Masjid ini akan sangat ramai saat bulan Ramadan hingga salat Idul Fitri.

Masjid Istiqlal, via instagram
Masjid Istiqlal, via instagram

Masjid Istiqlal terletak di timur laut lapangan Medan Merdeka dan mengusung konsep arsitektur modern. Masjid ini punya kubah yang sangat besar berwarna putih dengan ukuran diameter 45 meter. Saat bulan puasa masjid Istiqlal akan dipenuhi jamaah sejak menjelang waktu berbuka. Pihak panitia setiap harinya menyiapkan tak kurang dari 3 ribu nasi boks untuk para jamaah. Kalau traveler mau mendapatkan shaf terdepan maka sebaiknya datang lebih awal atau langsung saja berada di masjid sejak buka puasa. Kalau tidak sudah bisa dipastikan bakalan mendapat shaf paling belakang di masjid yang sangat terkenal dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia ini.

2. Masjid Agung Al Azhar

Masjid Agung Al Azhar adalah masjid berikutnya yang paling nyaman untuk digunakan beribadah salat tarawih. Tak hanya itu masjid yang terletak di bilangan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru ini juga menjadi destinasi asyik untuk ngabuburit di bulan Ramadan pasalnya di pelataran masjid selalu digelar bazaar yang menjual takjil, makanan, buku hingga baju.

Masjid Agung Al Azhar, via instagram
Masjid Agung Al Azhar, via instagram

Masjid Agung Al Azhar ini sebelumnya bernama Masjid Agung Kebayoran Baru yang mana letaknya berada di dalam kompleks Universitas Al Azhar. Arsitektur Timur Tengah sangat kental mewarnai bangunan masjid tersebut. Bangunannya sendiri menempati lahan seluas 43.756 m2 yang mampu menampung ribuan jamaah. Inilah masjid selain Istiqlal yang begitu keren dan nyaman untuk beribadah di bulan Ramadan. Apalagi buat traveler yang mau belajar ilmu agama bisa ikut pengajian yang diadakan di Aula Buya Hamka setiap sore.

3. Masjid Raya Jakarta Islamic Centre

Masjid berikutnya yang patut untuk dijadikan tujuan safari Ramadan adalah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre. Masjid nan megah ini dibangun di atas lahan bekas lokalisasi terbesar di Jakarta bernama Kramat Tunggak. Pembangunannya dilakukan pada tahun 2001 dengan mengusung desain arsitektur Betawi. Masjid ini dibekali dengan menara setinggi 114 meter yang menjadi representasi dari jumlah surat dalam Al-Qur’an.

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre, via instagram
Masjid Raya Jakarta Islamic Centre, via instagram

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre adalah manifestasi dari sifat-sifat keperkasaan, kemegahan, kelembutan dan keindahan. Di samping fungsi utamanya sebagai rumah ibadah, masjid ini juga dijadikan sebagai pusat kajian ilmu agama Islam yang dilengkapi dengan sarana pendidikan, bisnis, hingga wisma. Nah buat traveler muslim yang mau bersafari Ramadan di masjid ini langsung saja datang ke daerah Tanjung Priok, di sanalah masjid ini berada.

4. Masjid Agung Sunda Kelapa

Beralih ke Jakarta Pusat tepatnya di kawasan Menteng ada masjid kuno bernama Masjid Agung Sunda Kelapa yang telah ada sejak tahun 70-an. Masjid ini menjadi salah satu tujuan berbuka dan salat tarawih warga Jakarta karena suasananya yang nyaman serta penceramahnya yang bagus-bagus. Sama seperti masjid lainnya dalam daftar di atas, untuk memperoleh tempat di dalam traveler harus datang lebih awal karena pada bulan Ramadan seperti sekarang masjid ini akan ramai dikunjungi para jamaah dari berbagai daerah.

Masjid Agung Sunda Kelapa, via instagram
Masjid Agung Sunda Kelapa, via instagram

Yang unik dari Masjid Agung Sunda Kelapa adalah arsitekturnya dimana masjid ini tidak memiliki kubah dan terkesan sangat sederhana namun tetap nyaman. Gapura masjid ini sangat ikonik dengan ukiran kaligrafi berwarna emas yang indah. Secara keseluruhan masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak 4.424 orang. Satu lagi yang membuat masjid ini menjadi jujugan jamaah yaitu adanya bazaar di halaman yang menjual baju, buku, pakaian muslim hingga makanan untuk berbuka. Jadi datang saja ke Masjid Agung Sunda Kelapa sore hari sambil ngabuburit.

5. Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman

Nampaknya traveler harus memasukkan masjid satu ini dalam daftar tujuan safari Ramadan. Adalah Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman yang terletak di kelurahan Menteng Dalam, kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Jika masih asing dengan nama masjid ini mungkin traveler akan lebih familiar dengan nama alias dari masjid ini yaitu Masjid Perahu.

Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman, via instagram
Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman, via instagram

Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman memiliki nama lain sebagai Masjid Perahu lantaran terdapat bangunan menyerupai perahu di samping bangunan utama masjid yang terinspirasi dari kisah Nabi Nuh ketika ingin mengajak umatnya beribadah. Bangunan berbentuk perahu tersebut bukan hanya sebagai hiasan namun berfungsi sebagai tempat wudhu dan juga toilet. Masjid ini juga menyimpan sebuah Al-Qur’an kuno berukuran raksasa 2×1,5 meter dan ketebalan 30 cm berisi ukiran kaligrafi Al-Qur’an.

6. Masjid At-Tin

Umumnya di bulan Ramadan seperti sekarang panitia Masjid At-Tin di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur selalu mengadakan bazaar dan juga kegiatan Islami seperti tadarus dan dongeng islami. Tak heran jika sore hingga menjelang waktu berbuka masjid ini selalu ramai dikunjungi jamaah dari berbagai wilayah.

Masjid At-Tin, via instagram
Masjid At-Tin, via instagram

Saat bazaar dibuka, pelataran Masjid At-Tin akan penuh sesak oleh pengunjung. Biasanya sebagian besar dari mereka akan tetap berada di masjid ini hingga waktu berbuka dan melakukan buka bersama di masjid. Panitia masjid sendiri juga menyediakan takjil gratis untuk para jamaah serta nasi bungkus yang dibagikan setelah salat magrib.

7. Masjid Baiturrahman

Kalau mau beribadah di masjid yang anti mainstream datang saja ke Masjid Baiturrahman, sebuah masjid unik dan nyentrik yang terletak di kompleks MPR/DPR Senayan, Jakarta. Masjid ini sangat mencolok dengan desain arsitekturnya yang unik menyerupai bunga tanjung. Ukurannya tidak terlalu besar namun cukup mencolok di jajaran bangunan parlemen Indonesia.

Masjid Baiturrahman [image source]
Masjid Baiturrahman [image source]
Jika dilihat dari atas bangunan masjid ini membentuk pola geometris dengan garis-garis tebal berujung lancip. Kubahnya sendiri berbentuk persegi delapan dengan garis- garis lancip sebagai pembentuk sudutnya. Nah coba saja datang ke masjid ini mulai sore biar bisa mendapatkan gambarnya yang jelas.

Itulah masjid-masjid keren di Jakarta yang bisa jadi rekomendasi traveler untuk beribadah salah tarawih ataupun ibadah salat lainnya. Semoga kebiasaan salat di masjid bukan hanya dilakukan pada bulan Ramadan namun berlanjut pada bulan-bulan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *