Selain Ranu Kumbolo, Spot Fotogenik di Lereng Bromo Tengger Semeru Ini Juga Wajib Didatangi

Advertisement

Ranu Kumbolo, salah satu spot paling menarik perhatian banyak traveler ketika berbicara Gunung Semeru dan Bromo. Danau cantik yang berada di atas gunung ini memang menawarkan sejuta keindahan. Bukan hanya airnya yang jernih, pemandangan di sekitar Ranu Kumbolo ini juga cantik bak serasa di surga. Sudah pernah ke sana belum?

Bukan hanya Ranu Kumbolo saja yang menjadi spot cantik fotogenik di lereng Bromo Tengger Semeru, tapi beberapa lokasi berikut ini juga wajib kamu kunjungi. Mengapa? karena selain memiliki pemandangan indah, spot cantik di lereng Bromo Tengger Semeru ini masih belum banyak dikunjungi orang. Nah, penasaran dengan spot fotogenik di lereng Bromo Tengger Semeru ini kan? Yuk, intip rangkuman selengkapnya berikut ini!

1. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura Probolinggo
Air Terjun Madakaripura Probolinggo [image source]
Sudah pernah dengan nama air terjun satu ini? Terletak di Desa Negorejo, Kecamatan Lumbang, air terjun yang lebih mudah ditempuh dengan rute Probolinggo-Gunung Bromo ini menjadi destinasi wisata alam yang cukup menarik perhatian traveler. Tak seperti air terjun lainnya, Madakaripura memiliki bentuk super unik yaitu berbentuk ceruk dengan dikelilingi oleh bukit-bukit. Jika cuaca sedang cerah, matahari akan masuk ke kawasan air terjun tertinggi di pulau Jawa ini. Bila beruntung, pemandangan cantik sebuah pelangi akan muda ditemui. Berkunjung ke air terjun ini, pastinya tak akan menyesal.

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura [image source]

2. Puncak B29, Negeri di Atas Awannya Lumajang

Puncak B29 Argosari
Puncak B29 Argosari [image source]
Jika Probolinggo yang juga masih berada di kawasan lereng Bromo Tengger Semeru memiliki air terjun Madakaripura, Lumajang rupanya juga tak mau kalah. Bukan air terjun, spot cantik yang bisa dijadikan latar untuk foto di Lumajang ini adalah Puncak B29. Lokasi wisata ini terbilang baru dan masih sepi pengunjung. Puncak B29 sendiri merupakan gunung dengan ketinggian 2900 meter dia tas permukaan laut. Tempat cantik yang juga dikenal dengan nama Puncak Argosari ini merupakan puncak paling tinggi di kawasan Gunung Bromo. Tak heran, jika di puncak ini memiliki pemandangan luar biasa yaitu perkebunan Argosari, pasir Bromo hingga keindahan Tosari Pasuruan dan Sukapura Probolinggo.

Puncak B29
Puncak B29 [image source]

3. Ranu Pane

Ranu Pane Semeru
Ranu Pane Semeru [image source]
Bukan hanya Ranu Kumbolo, ada satu lagi danau cantik yang berada di kawasan lereng Gunung Semeru. Danau cantik yang terbentuk alami ini bernama Ranu Pane yang terletak di desa Ranu Pane. Seiring bertambahnya jumlah pendaki, Ranu Pane tergolong cukup ramai pengunjung. Banyak sekali traveler yang kecanduan foto cantik di danau yang dulunya memiliki luas berkisar satu hektar ini. Kini, danau cantik ini diperkirakan hanya memiliki luas 0,75 hektar akibat laju sedimentasi yang cepat.

Ranu Pane
Ranu Pane [image source]

4. Ranu Regulo

Ranu Regulo
Ranu Regulo [image source]
Ranu Kumbolo memang cantik, tapi ada satu lagi ranu yang menjadi anak dari Ranu Kumbolo. Ialah Ranu Regulo yang juga berada di lereng Gunung Semeru. Tak seperti Ranu Kumbolo, danau alami satu ini lebih dekat dengan perkampungan. Lokasinya terletak di desa Ranu Pane dan membutuhkan waktu 20 menit untuk berjalan ke danau satu ini. Di danau ini juga bisa digunakan sebagai lokasi camping. Tentu saja, pemandangannya sangat bisa digunakan sebagai spot foto cantikmu.

Ranu Regulo Semeru
Ranu Regulo Semeru [image source]

5. Coban Pelangi, Tumpang

Coban Pelangi
Coban Pelangi [image source]
Sebelum naik ke Ranu Kumbolo atau Ranu Regulo, ada baiknya juga menikmati keindahan air terjun cantik yang berada di kawasan kabupaten Malang. Ialah Coban Pelangi, salah satu air terjun yang berada di kawasan Ngadas, Poncokusumo. Air Terjun satu ini sangat mudah ditempuh dengan berjalan kaki selama dua puluh menit. Dengan pemandangan penuh dengan warna hijau, kamu dapat merasakan percikan air terjun ketika sampai di tujuan. Sama halnya dengan air terjun Madakaripura, ketika cuaca cerah bakalan muncul pelangi yang tak akan hilang dari pandangan.

Coban Pelangi Malang
Coban Pelangi Malang [image source]

6. Golden Sunrise Penanjakan Bromo

Penanjakan Gunung Bromo
Penanjakan Gunung Bromo [image source]
Yang menjadi spot fotogenik paling terkenal dan idola banyak traveler, tentu saja adalah Penanjakan Bromo. Bukit yang digunakan oleh para traveler berburu foto sunrise ini ternyata bukan hanya satu, melainkan ada dua, loh. Memiliki jarak yang cukup dekat, ternyata dua penanjakan ini berada di kabupaten yang berbeda. Penanjakan 1 terletak di Wonokitri Pasuruan sementara Penanjakan 2 berada di desa Seruni, Sukapura, Probolinggo. Di dua penanjakan ini menjadi tempat paling asik menyaksikan keindahan Gunung Bromo, Batok dan juga Semeru. Sudah pernah melihat golden sunrise di Penanjakan Bromo kan?

Penanjakan Bromo
Penanjakan Bromo [image source]

7. Bukit Widodaren, Pesona Bromo dengan Mata Airnya

Widodaren Bromo
Widodaren Bromo [image source]
Bukit yang terletak dekat dengan Gunung Bromo dan Semeru ini sebenarnya bukanlah sebuah gundukan saja. Menurut beberapa sumber, bukit cantik ini merupakan sebuah gunung yang memiliki ketinggian 2.614 meter di atas permukaan laut. Gunung Widodaren ini sendiri merupakan bagian dari kaldera Tengger. Pemandangan Gunung Widodaren sendiri terletak tepat di belakang Gunung Bromo dan sebelah Gunung Kursi. Selain pemandangan alamnya, di gunung ini terdapat goa yang memiliki mata air di dalamnya.

Widodaren
Widodaren [image source]

8. Pasir Berbisik

Pasir Berbisik
Pasir Berbisik [image source]
Ke Bromo bukan hanya golden sunrise ataupun kawahnya saja yang menarik. Namun, lautan pasir yang terdapat di sekeliling tempat ini juga menjadi spot menarik untuk foto. Dengan menggunakan Gunung Batok atau pun bukit penanjakan sebagai latar, hamparan pasir yang disebut sebagai pasir berbisik ini menjadi spot paling menarik. Tak sedikit di antara penduduk sekitar menggunakan spot cantik ini sebagai tempat foto prewedding.

Pasir Berbisik Bromo
Pasir Berbisik Bromo [image source]

9. Padang Savana atau Bukit Teletubies

Padang Savana Bromo
Padang Savana Bromo [image source]
Baluran bisa saja memiliki padang rumput cantik yang mirip banget dengan Savana di Afrika. Namun, lereng Bromo Tengger Semeru juga tak mau kalah, loh. Di destinasi wisata cantik satu ini ternyata memiliki padang rumput cantik yang dikenal dengan nama Padang Savana atau Bukit Teletubies. Disebut Bukit Teletubies lantaran padang rumput di sini memiliki bukit-bukit kecil yang mirip dengan film anak Teletubies. Spot cantik satu ini bukan hanya digunakan untuk area foto tapi juga pengamatan.

Padang Savana
Padang Savana [image source]
Nah, lereng Bromo Tengger Semeru tak selama hanya Ranu Kumbolo atau pun kawah Gunung Bromo. Tapi, di lereng pegunungan yang terletak di empat kabupaten ini memiliki spot fotogenik yang pastinya membuatmu betah berlama-lama.

Advertisement
Tags
Air Terjun bromo Gunung Indonesia Jawa Timur Malang
Share