Rafting Paling Menantang Adrenalin di Jawa Tengah

Indonesia adalah negara tropis. Pegunungan dengan hutan dan lembah begitu luas membuat negeri ini nampak seperti zamrud di belahan khatulistiwa. Dari gunung-gunung tersebut mengalir sungai dari hulu hingga sampai ke muara membawa kehidupan bagai urat nadi dalam tubuh. Alirannya melewati lembah dan celah perbukitan dengan keindahan di sisi-sisinya. Kamu bisa banget menelusuri keindahan dengan mengandalkan sungai-sungai tersebut. Tentu kamu tidak akan terjun begitu saja, karena hal tersebut terlalu berbahaya. Coba saja untuk melakukan rafting atau olahraga arung jeram.

Dengan menaiki perahu, kamu bisa menjelajahi sungai mengikuti arus air dengan medan yang menantang. Ada banyak lokasi yang menyediakan fasilitas arung jeram. Salah satunya adalah Jawa Tengah. Nggak heran sih, karena provinsi yang ada di antara Jawa Timur dan Jawa Barat itu juga dialiri oleh banyak sungai besar dengan arus deras. Selain untuk melihat pemandangan kamu juga akan mendapatkan manfaat kesehatan baik untuk fisik maupun mental. Langsung saja, berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Sungai Serayu

Sungai Serayu atau disebut juga dengan Ci Serayu terletak di Jawa Tengah dan melintasi lima kabupaten. Bentangannya mencapai 181 km dan melewati Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, hingga sampai di wilayah Kabupaten Cilacap. Arus serta medan dianggap aman, namun tak sepanjang aliran sungai itu cocok untuk rafting.

Sungai Serayu
Sungai Serayu

Kamu bisa mencoba rafting dengan fasilitas yang disediakan oleh Arung Jeram Serayu yang kantornya terletak di Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Informasi seputar harga dan lain sebagainya bisa kamu dapatkan dengan membuka website resminya yaitu www.arungjeramserayu.com. Situs tersebut juga menyediakan layanan berupa penginapan dan fasilitas camping di pinggir sungai, seru sekali kan?

2. Sungai Progo Atas

Sungai Progo juga membentang cukup panjang dan melintasi Magelang di Jawa Tengah. Kamu juga bisa mencoba serunya terbawa arus sungai yang deras. Apalagi saat ini sudah mendekati waktunya musim hujan, aliran sungai akan semakin deras dan pastinya akan makin menantang. Kamu yang menyukai olahraga air, nggak boleh melewatkan pengalaman rafting di Sungai Progo Atas. Jalur sungai yang akan kamu lewati panjangnya mencapai 15 km dan sepanjang itu kamu bisa melihat keindahan alam dengan view keren.

Sungai Progo Atas
Sungai Progo Atas

Grade jeram di sungai ini bisa mencapai III dan dalam kondisi tertentu bisa naik menjadi IV. Salah satu penyedia layanan fasilitas dan peralatan arung jeram lengkap dengan pemandunya adalah Citra Elo. Selama 10 tahun terakhir telah memiliki pengalaman dalam menyediakan kegiatan rafting yang seru dan aman untuk wisatawan. Kantor Citra Elo ada di  Jalan Raya Mendut, Magelang.

3. Sungai Progo Bawah

Jika ada Progo atas, bukan hal yang aneh jika ada Sungai Progo Bawah. Biar lengkap, jangan cuma mencoba rafting di hulunya saja, coba juga arus di bawah yang lebih menantang dan deras. Kamu akan merasakan keseruan, apalagi jika datang bersama sahabat-sahabatmu. Berteriak bersama, bahu membahu mendayung mengikuti aliran sungai. Dengan medan yang menantang seperti itu, maka Sungai Progo Bawah mendapat predikat sebagai tempat arung jeram grade V sampai V+.

Sungai Progo Bawah
Sungai Progo Bawah

Karena masih satu lokasi, maka kamu bisa mengandalkan Citra Elo yaitu pihak yang menyediakan fasilitas dan peralatan untuk rafting. Jarak yang ditempuh saat rafting di sungai ini lebih panjang daripada Sungai Progo Bawah yang jaraknya mencapai 25 km.  Meski ada jeram-jeram yang berbahaya, dengan dampingan pemandu handal dari Citra Elo, kamu akan melaluinya dengan aman. Cari tahu informasi selengkapnya dengan mengakses website resmi Citra Elo yaitu arungjerammagelang.co.id.

4. Sungai Klawing

Sungai Klawing pernah tenar sebagai lokasi mencari batu mulia. Selain itu, ikan-ikan juga hidup di sepanjang aliran sungai. Hulunya berada di Gunung Selamet dan mengalir dengan deras melewati Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah hingga bersatu dengan Sungai Serayu di Kabupaten Banyumas. Salah satu layanan wisata yang menyediakan fasilitas olahraga rafting di Sungai Klawing adalah Owabong Purbalingga. Jalur rafting dimulai dari Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari dan diakhiri di Desa Onje, Kecamatan Mrebet Purbalingga. Jaraknya masih tergolong pendek yaitu hanya 7 km saja.

Sungai Klawing
Sungai Klawing

Jadi, kamu hanya perlu menghabiskan waktu kurang lebih selama satu setengah jam untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Peralatannya lengkap dan pemandunya juga berpengalaman, jadi kamu nggak perlu khawatir soal keamanannya. Tingkat arung jeram di Sungai Klawing juga tidak terlalu berat karena berada di grade 2 hingga 3. Pemesanan tiket bisa kamu lakukan dengan menghubungi nomor telepon yang tertera di situs resmi Owabong yaitu www.owabong.co.id.

5. Sungai Rompang

Sungai yang satu ini juga nggak kalah menantang. Kamu bisa datang ke Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang untuk mencoba wahana rafting dengan jeram dan arus yang liar. Tentu akan lebih baik jika kamu dipandu dengan pihak yang sudah memiliki pengalaman. Kamu bisa memilih PS Rafting, layanan wisata tersebut menyediakan beragam fasilitas. Tidak hanya rafting saja, tapi juga ada outbond dan camping.

Sungai Rompang
Sungai Rompang

Setelah seru-seruan mengarungi sungai Rompang, kamu bisa beristirahat dan menikmati hidangan yang telah disediakan. Setelah itu, kamu bisa mencoba wahana lain seperti flying fox, jembatan crocodile, spider net, hingga arus bola. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati hijaunya kebun teh. Cari tahu lebih banyak tentang PS rafting dengan mengunjungi website resminya yaitu psraftingpemalang.com.

Nah sudah itulah beberapa sungai yang bisa kamu arungi untuk rafting di Jawa Tengah. Selain keindahan, kamu juga bisa puas dengan tantangan.

  Next