Qatar Airways Hapus Penerbangan ke Arab Saudi, Calon Jama’ah Umroh Harus Tahu Ini

Advertisement

Di Bulan Ramadan seperti sekarang ini, banyak muslim memilih merayakannya dengan beribadah umroh. Puasa dan shalat tarawih berjama’ah bersama dengan saudara seagama lainnya yang datang dari seluruh dunia akan membuat bulan ini semakin berkesan. Travel agen dan juga maskapai ke Mekkah dan Madinah, seperti Saudi Airlines dan Qatar Airways pun sangat sibuk melayani penumpang.

Namun, ada kabar buruk bagi jama’ah umroh maupun yang masih berencana untuk pergi ke Arab Saudi dalam waktu dekat ini. Melalui website resminya, Qatar Airways mengumumunkan akan menghapus sementara penerbangannya ke Arab Saudi dan beberapa negara lainnya hingga waktu yang belum ditentukan.

Qatar Airways
Qatar Airways [image source]
Dilansir dari nasionalkontan.co.id, jama’ah Umroh yang akan pulang ke Indonesia sempat kebingungan. Pihak Qatar menawarkan untuk mengganti penuh atau dialihkan ke maskapai lainnya. “Untuk data penumpang ke depannya, kita mintakan per hari, Qatar juga menawarkan dua opsi apakah ‘full refund’ (dikembalikan seluruhnya) atau dialihkan ke maskapai lain,” jelas Maria, Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan.

Penerbangan Qatar
Penerbangan Qatar [image source]
Hal ini terjadi dikarenakan putusnya hubungan diplomatis Qatar dengan 7 negara Timur Tengah, di antaranya Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan diikuti oleh sekutunya. Sebaliknya, maskapai penerbangan UEA Etihad Airways, Emirates dan Flydubai mengatakan mereka akan menghentikan semua penerbangan ke dan dari ibu kota Qatar dan diberlakukan mulai hari ini.

Mekkah
Mekkah [image source]
Dilansir dari BBC, tiga negara Teluk (Bahrain, UEA, Saudi) memberikan waktu dua pekan bagi semua warga negara Qatar, termasuk para diplomat yang berada di negara-negara itu untuk meninggalkan wilayah mereka. Ini bukanlah hal yang tiba-tiba terjadi. Ketegangan yang ada sudah sejak bertahun-tahun silam dan semakin memanas beberapa pekan terakhir. Ini mungkin hanyalah permulaannya saja. Larangan terbang tersebut menyusul pemutusan diplomatik oleh Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dengan Qatar karena diduga mendukung kegiatan terorisme.

Bagi warga Indonesia yang punya rencana untuk umroh dalam waktu dekat, bisa menghubungi agen travel untuk mencari tahu tentang maskapai yang digunakan. Masih banyak penerbangan selain Qatar yang bisa mengantar, seperti Saudi Airlines, juga Garuda Indonesia.

Advertisement
Tags
Luar negeri PEsawat Qatar Transpotasi
Share