Tidak Hanya Bali, Gunung Kidul Juga Punya Banyak Pura yang Menarik Untuk Dikunjungi

Advertisement

Bergeser sedikit dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya menuju ke arah Gunung Kidul kamu akan menemukan banyak pura. Beberapa di antaranya akan mengingatkanmu dengan suasana di Bali. Jika kamu berkunjung ke tempat yang dijuluki Pulau Dewata itu, akan menjumpai deretan pura dengan keunikan masing-masing. Meski berfungsi sebagai tempat sakral atau untuk ibadah umat Hindu, namun sebagian pura dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Para pengunjung diperbolehkan masuk untuk menyaksikan bagaimana berbagai ritual dijalankan atau sekadar memotret keindahan bangunan. Namun, tetap saja ada aturan yang harus diperhatikan.

Bangunan Pura di Yogyakarta dan Bali tentu memiliki kemiripan. Kamu bisa datang ke daerah Gunung Kidul. Kota wisata tersebut ternyata juga menyimpan banyak sekali pura. Biar kamu nggak penasaran, berikut ini kami berikan beberapa ulasan seputar pura-pura yang ada di Gunung Kidul lengkap dengan foto-fotonya.

1. Pura Giri Natha

Pura Giri Natha [image source]
Pura Giri Natha [image source]
Pura Giri Natha adalah salah satu bangunan yang cukup besar sebagai tempat ibadah umat Hindu di Jogja. Letaknya cukup mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Jogja dengan Wonosari, dekat dengan landasan pacu TNI AU Lanud Gading. Tepatnya berada di  Desa Gading, Kecamatan Playen Gunung Kidul. Jika lewat di sana, kamu akan mudah mengenalinya sebagai pura karena bangunannya yang begitu khas. Dalam momen-momen tertentu pura ini akan ramai didatangi oleh umat Hindu di sekitar pura maupun di wilayah Jogja yang lain. Jika kamu berangkat dari pusat Kota Jogja, membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam. Di dalamnya sudah tersedia fasilitas yang lengkap setelah renovasi 2 tahun yang lalu.

2. Pura Santi Loka

Upacara di dalam pura [image source]
Upacara di dalam pura [image source]
Pura yang berikutnya adalah Santi Loka. Nuansa khas Hindu akan kamu rasakan saat masuk ke dalamnya. Tempat ini ada di wilayah Kecamatan Playen, Tepatnya berada di Desa Banaran, Gunung Kidul. Setelah puas keliling di Pura Giri Natha, kamu bisa lanjut ke sini. Karena lokasinya tidak begitu jauh. Kamu cukup melakukan perjalanan selama 15 menit saja. Di sebelah selatan Pura Giri Natha, terdapat perempatan, dari sana kamu bisa belok kanan. Ikuti petunjuk arahnya sampai menemukan Pasar Banaran. Tak jauh lagi sudah ada Pura Santi Loka. Jarak antara pasar dan pura hanya sekitar 1 km. Kamu akan menemukan pelataran yang cukup luas setelah memasuki gerbangnya.

3. Pura Eka Bhakti

Ritual di dalam pura [image source]
Ritual di dalam pura [image source]
Pura ini cukup bersejarah dan legendaris karena sudah ada sejak zaman penjajahan dulu. Tepatnya didirikan pada tahun 1984 di sebidang tanah yang terletak di  Dusun Pucung, Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Jumlah umat Hindu yang beribadah di sini tidak begitu banyak, sekitar 55 kepala keluarga dan jumlah itu terus mengalami peningkatan hingga saat ini. Ritual Odalan Pura Eka Bhakti diadakan setiap Purnama Keempat. Untuk sampai di sini, kamu harus menempuh jarak sejauh 57 km dari Kota Jogja. Lama perjalanannya sendiri bisa mencapai satu setengah jam.

4. Pura Derpo Kusumo

Kegiatan remaja di Pura Darmo Kusumo [image source]
Kegiatan remaja di Pura Darmo Kusumo [image source]
Jika kamu menuju Dusun Ngepoh, Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, maka akan menemukan sebuah bangunan Pura yang cukup mentereng. Pura tersebut bernama Derpo Kusumo, dibangun tahun 90-an. Kebanyakan umat hindu yang datang ke sini berasal dari dua dukuh yaitu Ngepoh Sari dan Jambu Sari. Setiap hari minggu ada kegiatan untuk remaja umat Hindu di sekitar pura, acara itu bertajuk pesraman. Jalur menuju ke sini masih terbilang sulit. Memang ada sebagian yang sudah dibeton, namun beberapa bagian masih terjal dan berbatu.

5. Pura Pantai Ngobaran

Pura pantai ngobaran [image source]
Pura pantai ngobaran [image source]
Jika kamu ke Gunung Kidul, mungkin menjadikan Pura Ngobaran sebagai salah satu destinasi wisata. Di sana terdapat pura yang digunakan sebagai tempat ibadah oleh umat Hindu. Dari Pura ini juga kamu bisa menikmati keindahan laut dari ketinggian. Karena bangunannya berdiri di atas tebing.  Untuk sampai di sini kamu harus menuju Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Berangkat dari Kota Jogja akan membuat kamu menghabiskan waktu selama 2 Jam di perjalanan hingga sampai di Pantai Ngobaran karena jaraknya mencapai 65 km.

6. Pura Bhakti Widhi

Pura Bhakti [image source]
Pura Bhakti [image source]
Pura Bhakti Widhi telah ada sejak tahun 1985. Dan hingga saat ini terus difungsikan sebagai tempat ibadah oleh umat Hindu. Letaknya tepat berada di Dusun Bendo, Desa Beji, Kecamatan Ngawen, Gunung Kidul. Masuk dari gerbang pura, kamu akan disuguhi dengan halaman yang luas dengan bangunan utama yang menjulang tinggi. Di pura yang berjarak sekitar 65 km dari Kota Jogja ini rutin diadakan acara-cara terutama yang digagas oleh para pemuda dalam wadah Gerakan Muda-mudi Hindu Dharma (GMHD).

Itulah beberapa Pura yang ada di Gunung Kidul, sebuah nuansa Jogja dengan sentuhan Bali yang begitu kental. Namun tetap memiliki ciri khas.

Advertisement
Tags
Gunung Kidul Indonesia Jawa Tengah pura Yogyakarta
Share